Tips Praktis Merawat Power Window Pada Mobil Yang Benar

Power window mobil adalah salah satu diantara komponen dan fitur yang cukup bermanfaat dan sangat membantu. Dengan fitur ini, pengemudi bisa mengatur semua kaca jendela dari satu titik saja.

Diluar itu, power window juga memudahkan penumpang untuk mengatur kaca jendela dengan menghimpit tombol saja, tanpa ada mesti memutar tuas seperti pengatur kaca konvensional.

 

Cuma saja beberapa orang yang masihlah berasumsi remeh sehingga bagian itu tidak sering sekali dibuat bersih.

Walau sebenarnya langkah merawatnya juga tambah lebih gampang dan tidak membutuhkan bahan spesial.

Satu diantara bagian dari power window yang memiliki peran paling utama yakni karet bantalan atau jalur rel kaca.

Sebagai fitur yang mempunyai sistem mekanis, power window dapat juga mengalami masalah bahkan juga kerusakan.

Kaca yang tersendat waktu naik turun, tidak ingin bergerak sampai kaca jadi lecet yaitu sinyal kalau sistem power window yang anda pakai sudah ada masalah.

Bila tanda itu muncul beberapa kali, maka pilihan untuk pergi ke bengkel spesialis power window mungkin saja menjadi salah satu solusi.

Tetapi sebelumnya itu, sebaiknya kita mengetahui tips praktis merawat power window pada mobil yang benar di bawah ini. Disimak ya…

 

Kelebihan power window

Kelebihan dari power window, kita tidak perlu susah payah menaik turunkan kaca dengan putaran kaca manual yang memang sedikit repot.

Namun ada pula kekurangan dari power window ini, karena adalah piranti elektrik jadi begitu riskan dengan kerusakan.

Bila power window tidak bisa dipakai, hal ini bisa mengakibatkan tiba-tiba power windows mengalami macet yang walaupun sebenarnya kaca pintu mobil belum tertutup rapat

 

Dengan cara konstruksi, power window berbeda jauh dengan yang dipakai pada jendela konvensional atau mekanis dengan tuas/engkol.

Cuma saja power window telah memakai motor yang bergerak waktu dialiri listrik, dan akan menggerakkan gerigi penggerak regulator dan membuat kaca jendela bergerak naik turun.

Bila waktu anda menghimpit tombol power window dan tidak mendengar ada nada motor yang bergerak, bermakna peluang komponen motor power window anda telah rusak.

Selain motor, pada power window juga ada regulator yang tersambung dengan motor dan berperan sebagai frame untuk memegang kaca jendela.

Dalam penggunaan yang lama, regulator umumnya akan alami penipisan di bagian gerigi sehingga tidak bisa bergerak dengan baik waktu dinamo melakukan putaran.

Bila regulator memakai kabel, jadi kerusakan umum berlangsung karena kabel regulator putus sehingga kaca jendela tidak bisa bergerak naik dan turun.

 

Bagian terpenting dari manfaat dari power window yaitu jalur kaca atau dimaksud rel kaca. Umumnya, jalur kaca ini mempunyai material berbentuk beludru atau karet.

Walau tampak simpel, tetapi jalur rel kaca ini mesti senantiasa dirawat dan dalam keadaan bersih.

Kerusakan atau kotoran jalur ini bisa menyebabkan power window rusak dengan cara sistemik seperti kerusakan motor atau regulator.

 

Penyebab power window macet

Lantas kerusakaan apa sajakah yang bisa mengakibatkan power window mobil kita menjadi macet? Langsung saja kita ulas bersama-sama.

Sikring (Fuse), karena power window adalah piranti elektrik pada perlengkapan power window yang pastinya memakai sekring agar tidak berlangsung kerusakan fatal waktu ada korsleting listrik mobil.

Bila sekring power window putus, maka bisa mengakibatkan semuanya piranti power window tidak bisa bekerja.

Jadi kerusakaan berlangsung pada semuanya power window di masing masing pintu mobil, baik depan atau belakang, samping kanan maupun samping kiri.

Saklar Power Window, kerusakan pada saklar power window sering berlangsung akibat korsleting menyebabkan saklar terbakar.

Dapat pula saklar rusak karena plastik di bagian dalam saklar telah aus, sehingga saklar power window tidak bisa bekerja dengan optimal.

Bila saklar power window rusak, maka kaca pintu tidak bisa dinaikan cuma pada pintu yang saklar power windownya rusak.

Jadi tidak menyeluruh pada semuanya pintu mobil yang ada saklar power widownya.

 

Motor Power Window, sering dimaksud juga Dinamo Power Window ada di bagian dalam pintu mobil atau di balik door trim mobil.

Manfaatnya untuk menggerakan regulator kaca sehingga bisa bergerak naik dan turun.

Kerusakaan yang sering berlangsung pada komponen ini yaitu terbakarnya kumparan tembaga dinamo power window akibat korsleting.

Tetapi ada pula masalah, power window macet karena gigi pemutar pada motor power window telah aus.

 

Regulator Kaca Pintu, komponen ini berperan untuk menggerakan kaca naik dan turun dibantu oleh dinamo/motoran power window.

Kerusakan yang sering berlangsung pada komponen ini akibat gerigi geriginya telah aus, sehingga tidak bisa bekerja optimal.

Namun dapat pula karena sebab dudukan kaca yang ada pada regulator kaca lepas. Mengakibatkan saat regulator bekerja naik dan turun, kaca tidak tidak bergerak sekalipun.

Regulator kaca juga ada pada mobil dengan penggerak kaca pintu manual.

 

Tips Praktis Merawat Power Window Pada Mobil Yang Benar

 

Di bawah ini merupakan tips praktis merawat power window pada mobil yang benar yang bisa anda terapkan untuk mobil kesayangan anda, diantaranya sebagai berikut :

 

Perawatan paling simpel yang pertama yaitu melindungi kebersihan beludru atau karet rel kaca mobil anda.

Ada debu pada rel akan membuat power window macet, kaca jalan kurang mulus, tersendat bahkan juga bisa membuat kaca jendela jadi tergores.

Disamping itu, spesial pada rel yang memakai karet, yakinkan keadaan karet baik, lentur dan tidak getas.

Karet yang getas dapat juga membuat kaca tersendat dan mengakibatkan kerusakan komponen yang lain.

 

Bila anda terasa rel beludru atau karet anda telah kotor, coba bersihkan lewat cara memoleskan shampo pada sekitaran beludru atau karet penjepit kaca.

Lalu gerakkan kaca naik turun sampai shampo rata dengan sendirinya. Janganlah memakai minyak, terlebih oli, untuk membuat jalan kaca jadi lancar.

Hal semacam ini akan membuat karet cepat getas dan debu semakin gampang melekat pada rel jalur kaca.

 

Demikian tadi penjelasan artikel tentang tips praktis merawat power window pada mobil yang benar. Semoga bisa menginspirasi anda semuanya.

 

Salam berkendara aman…

 

Check Also

Aplikasi Penghasil Uang Uang Di Laptop, Lumayan Untuk Tambahan Uang Jajan !

Laptop adalah perangkat yang sudah dimiliki oleh sebagian besar orang. Khususnya bagi kalangan pekerja kantoran, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *