Tips Praktis Membeli Dan Memilih Mobil Yang Irit Bahan Bakar

Apa sebenarnya yang menmenjadi pertimbangan anda waktu membeli dan memilih mobil?

Salah satunya pasti pada bagian hemat tidaknya pemakaian bahan bakarnya, bukan? Terlebih lagi dengan adanya isu melambungnya harga BBM.

 

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa setiap mengetahuin harga BBM akan mengalami kenaikan.

Oleh karena itu, kita harus melakukan penghematan ekstra agar penggunaan bahan bakar mobil ini tidak menguras isi kantong kita.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang tips praktis membeli dan memilih mobil yang irit bahan bakar. Disimak baik-baik dibawah ini ya…

 

Kelebihan dan Kekurangan Mobil yang Memiliki Bahan Bakar Bensin

Di bawah ini kami infokan tentang kelebihan dan kekurangan mobil yang memiliki bahan bakar bensin yang harus anda ketahui dengan baik.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan itu kita dapat berencana untuk langkah antisipasinya agar biaya bahan bakar mobil kita menjadi hemat. Salah satunya seperti berikut :

Kelebihan Mobil Bensin

  1. Akselerasi mesin tambah lebih responsif dan tingkat polusi lebih rendah
  2. Nada waktu mesin dihidupkan sampai berakselerasi terdengar lebih halus.
  3. Spesifikasi tehnis mesin gampang dipahami hingga bisa dengan gampang mengetahui tanda-tanda di komponen mesin bila berlangsung rusaknya.
  4. Pilihan mobil memiliki bahan bakar bensin relatif banyak.

 

Kekurangan Mobil Bensin

Di bawah ini kekurangan mobil yang memiliki bahan bakar bensin. Salah satunya :

  1. Umumnya torsi optimal dapat didapat pada tinggkat putaran mesin tinggi.
  2. Mesin bensin lebih rawan pada air atau banjir, karena banyak komponen kelistrikan, busi, dan ECU.
  3. Karakter bahan bakar bensin lebih gampang terbakar, ini menjadi beresiko bila ada kebocoran pada selang bensi dan tangki bahan bakar.
  4. Untuk sebagian jenis mobil spesifik mengharuskan memakai bahan bakar beroktan tinggi diatas 91. Bila menggunakan dibawah 91, akan alami tanda-tanda knocking dari mesin yang beresiko menurunnya

 

Akibat kenaikan harga bahan bakar untuk mobil, di mana harga BBM jenis premium juga ada banyak dipakai sebagai salah satu bahan bakar untuk mobil.

Sebaiknya juga buat Anda yang menginginkan beli mobil butuh memperhitungkan masalah keiritan bahan bakarnya.

Berikut ini ada tips praktis membeli dan memilih mobil yang irit bahan bakar. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Mobil Baru Atau Lama

Perubahan teknologi otomotif yang semakin maju, juga memberikan dampak positif pada mengkonsumsi bahan bakar yang semakin jauh lebih irit.

Biasanya, untuk mobil keluaran baru juga cenderung lebih hemat dalam mengkonsumsi BBM bila dibanding dengan mobil-mobil yang keluaran lama.

Aspek terpentingnya, umumnya terdapat pada teknologi yang terbaru dan canggih.

Pabrikan mobil yang ignin mengeluarkan mobil baru pasti juga akan berpikirk agar mobil-mobil mereka dapat lebih hemat BBM dan lebih bisa memikat customer.

 

  1. Ukuran Mobil Dan Mesin Mobil

Semakin besar ukuran mobil, maka akan semakin besar juga kemampuan mesinnya sehingga juga memengaruhi sedikit banyak pemakaian bahan bakarnya.

Apabila Anda tidak terlalu banyak memerlukan banyak ruangan, fitur, atau kemampuan untuk penumpang yang semakin banyak dari mobil Anda.

Anda dapat pilih mobil yang ukurannya kecil.

Hal semacam ini dapat menghemat pengeluaran untuk bahan bakar dalam jangka waktu yang panjang.

 

  1. Transmisi Manual Atau Otomatis

Mobil dengan transmisi manual umumnya semakin lebih irit dalam pemakaian bahan bakar di banding yang otomatis.

Bila dipakai dengan cara benar, mobil yang bertransmisi manual dapat lebih irit BBM sampai 5-10 % bila dibanding dengan mobil yang bertransmisi otomatis.

 

Beberapa customer lebih suka pada mobil bertransmisi otomatis, Anda dapat simak fakta berikut ini:

  1. Mobil dengan transmisi automatis 4 percepatan nyatanya lebih irit mengkonsumsi BBM nya 3% – 5 persen dari pada yang 3 percepatan.
  2. Mobil dengan transmisi automatis 5 percepatan juga lebih hemat pemakaian BBM 3 persen dari mobil yang 4 percepatan.

 

Dapat diambil kesimpulan, semakin banyak gigi pada transmisi otomatis bermakna juga semakin lebih hemat BBM.

 

  1. Penggerak Dua Roda, Empat Roda Atau Semuanya Roda

Bila Anda yang masih bingung pada perbedaan pada 4WD dan AWD, simak informasi yang di bawah ini :

  1. 4WD (penggerak empat roda) : Mobil ini memakai ke empat rodanya sebagai penggerak cuma saat pengemudi menginginkannya lewat cara menggerakkan tuas dekat tongkat persneling, contoh mobil ini ada pada mobil-mobil bertipe jip.
  2. AWD (penggerak semuanya roda) : Penggerak ke empat roda diperintah oleh ECU (Electronic Control Unit) sesuaikan medan yang dilewati, dan tidak perlu dipindahkan lewat cara manual, misalnya ada pada mobil sport seperti mobil Mitsubishi Lancer Evo.

 

Bila Anda ingin membeli dan memilih mobil yang lebih hemat bahan bakar, Anda dapat memilih mobil dengan penggerak dua roda.

4WD dan AWD memiliki sisi penggerak penambahan yang memerlukan daya penambahan dari mesin untuk beroperasi.

Sehingga untuk kendaraan jenis ini semakin lebih boros penggunaan BBM nya sampai 10 persen bila dibanding mobil dengan penggerak dua roda.

 

  1. Fitur Interior Dan Eksterior

Mobil yang memiliki banyak fitur maka akan cenderung lebih boros pengeluan bahan bakarnya, karena memberi beban pada mobil.

Mobil yang mempunyai fitut seperti alarm, AC, ada rack atap, mempunyai konsol tengah, ada piranti hiburan seperti audio dan tv, atau yang lain akan mempengaruhi pada konsumsi bahan bakar mobil.

Disamping itu, cermati juga di bagian segi eksterior seperti velg, knalpotnya, body kit, wing, atau spoiler belakang, rack atas, tanduk atau pelindung tabrakan, dan yang lain.

Fitur-fitur itu bukan hanya akan bikin kendaraan Anda menjadi lebih berat, tetapi akan menguras kemampuan ekstra mesin yang berarti mobil Anda akan menjadi lebih boros penggunaan bahan bakarnya.

 

Demikian tadi artikel tentang tips praktis membeli dan memilih mobil yang irit bahan bakar. Semoga bisa menginspirasi anda dalam membeli mobil baru.

 

Salam berkendara aman…

Leave a Reply

Your email address will not be published.