Tips Merawat dan Membersihkan Kaca Spion Mobil saat Musim Penghujan

Baik pada sepeda motor maupun mobil, manfaat kaca spion begitu vital. Beberapa orang mungkin saja menyelepekan kehadiran kaca spion pada kendaraan.

Tetapi untuk Anda yang sadar akan pentingnya kehadiran kaca spion, seharusnya mendapatkan perawatan dan pembersihkan dengan cara berkala supaya manfaatnya dapat maksimal.

Khusus untuk iklim tropis seperti di Indonesia, hujan dan panas datang silih berganti.

Kadang-kadang kurangnya perawatan pada kaca spion akan membuatnya cepat buram dan tidak dapat memberi manfaat yang optimal waktu dipakai untuk melihat kondisi kendaraan di belakang.

Selain itu, debu yang melekat yang di lap begitu saja tanpa ada perhitungan kadang-kadang dapat membuat kaca spion tergores.

Efeknya, waktu dipakai untuk melihat kondisi kendaraan di belakang saat malam hari, pancaran lampu tampak pecah dan tidak terang.

 

Pengertian Kaca Spion

Kaca spion yaitu cermin yang dipakai di mobil atau sepeda motor maupun kendaraan yang lain untuk melihat kondisi atau jalan raya yang ada di belakang kendaraan.

Atau ketika memundurkan kendaraan, maupun untuk melihat kebelakang ketika akan membelok/geser lajur jalan raya.

Dianjurkan sepanjang mengemudi untuk melihat kaca spion tiap-tiap 5 hingga 8 detik.

Kaca spion adalah satu diantara piranti utama yang ada didalam satu kendaraan bermotor.

Walau kecil dan sering kali diremehkan banyaknya kelompok pengendara kendaraan bermotor, tetapi nyatanya si kecil ini miliki sangat banyak manfaatnya dalam berkendara.

Kaca spion pada intinya telah diketemukan mulai sejak pertama kalinya kendaraan bermotor diketemukan.

Sampai sekarang ini, kaca spion adalah hal harus yang dipunyai oleh satu kendaraan bermotor.

Untuk kendaraan beroda dua, kaca spion sejumlah dua buah yakni di kiri dan kanan, sedang roda 4 atau lebih beragam, ada yang mempunyai 2 buah kaca spion, sampai kian lebih 4 kaca spion.

 

Manfaat dari Kaca Spion

Kaca spion sendiri pastinya mempunyai banyak manfaat yang begitu utama untuk kendaraan bermotor. Di bawah ini yaitu manfaat kaca spion pada kendaraan bermotor, sebagai berikut :

 

Menghindar Terjadinya Tabrakan Waktu Akan pindah Jalur

Waktu akan lakukan geser jalur, jadi anda sebagai seseorang pengemudi harus melihat spion.

Dengan melihat spion, jadi hal semacam ini akan meminimalkan terjadinya kecelakaan dan tabrakan akibat beralih jalur.

 

Membantu bermanuver saat akan parkir

Banyak peristiwa pengemudi yang alami tabrakan atau senggolan ketka parkir tanpa ada memakai spion. Karenanya, kaca spion begitu utama fungsnya untuk maneuver ketika memarkir kendaraan.

 

Melihat Keadaan Lalu Lintas di Belakang

Kadang-kadang, mengetahui keadaan jalan raya di belakang kendaraan kita juga sangat penting.

Dengan memelihat keadaan jalan raya di belakang, kita dapat tahu apakah posisi kendaraan yang kita kemudikan menghambat kendaraan yang lain atau tidak.

 

Membantu saat Memundurkan Kendaraan

Jangan sampai memundurkan kendaraan tanpa ada memakai pertolongan dari kaca spion.

Karenanya ada kaca spion, jadi anda bisa terbantu untuk lakukan maneuver mundur, terlebih pada mobil atau kendaraan roda 4 dan lebih.

 

Sebagai Dasar Posisi Kendaraan

Kadang-kadang pada kendaraan roda 4, kita sering mengalami kesusahan untuk meyakinkan apakah kendaraan kita sangat mepet atau tidak.

Supaya dapat mengetahui apakah kendaraan kita sangat mepet atau tidak, maka anda dapat melihat sisi segi kendaraan anda dengan memakai kaca spion. Anda dapat melihat apakah kendaraan anda sangat mepet atau tidak.

Sebagai Aksesori yang Menambah penampilan Kendaraan

Sekarang ini manfaat dari kaca spion kian lebih sebatas alat bantu untuk melihat keadaan jalan raya dan semacamnya.

Kaca spion juga sekarang ini seringkali digunakan sebagai aksesories pemansi penampilan kendaraan anda.

Beredar banyak jenis kaca spion yang begitu menarik dan pastinya bisa mendongkrak tampilan kendaraan anda.

 

Oleh karenanya, untuk melindungi supaya spion dapat tetaplah berperan dengan cara maksimal, butuh dikerjakan perawatan dan pembersihkan dengan teratur, terutama pada musim hujan. Dan tersebut disini banyak hal yang dapat Anda kerjakan :

 

Tips Merawat dan Membersihkan Kaca Spion Mobil saat Musim Penghujan

Hujan akan membuat banyak lumpur di jalan. Cipratan lumpur bisa saja mengenai kaca spion walau tidak begitu sering. Bila spion kendaraan anda terkena lumpur.

Jangan dibiarkan menjadi kering. Bila terlanjur menjadi kering karena lupa tidak dibuat bersih akan semakin susah untuk dibersihkan.

Untuk menyingkirkan lumpur yang terlanjur menjadi kering, lakukan cara khusus dan hati-hati selain dengan cara menggosok-gosok.

Cukup hanya mencipratkan air sabun ke spion yang terkena. Didiamkan beberapa waktu, lalu gosok perlahan-lahan sehingga lumpur hilang dan bersih.

Air hujan dapat mengakibatkan karat pada motor gerak spion. Karat jadikan spion susah digerakkan dan ditata. Langkah bersihkan karat yaitu dengan melepas spion (elektrik mobil), lantas bersihkan rongga gerak spion dengan memakai kuas kecil.

Bila masih susah, anda dapat mengamplas dengan menggosoknya dengan cara perlahan-lahan. Bila sudah dirasa bersih, gunakan kembali spion mobil anda.

Bercak air memang sering nampak pada kaca spion di kendaraan yang terkena hujan. Langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan yaitu dengan kombinasi vinegar dan air.

Ukurannya perbandingan 2 : 1. Sebab Vinegar adalah zat asam yang aman untuk kaca spion.

Seringkali kita membiarkan kendaraan sesudah terkena air hujan. Jangan pernah lama kita biarkan karena walau kendaraan hanya terkena sedikit air hujan (gerimis) bila dilewatkan dapat menyebabkan fatal.

Minimum bila kendaraan terkena air gerimis, dapat pakai kain kanebo untuk mengelap. Umumnya untuk kain ini telah disediakan dikendaraan.

Bila cuaca telah terlihat akan turun hujan sesegera mungkin parkir kendaraan ditempat yang aman dari percikan air hujan.

Demikian tadi penjelasan artikel tentang

Leave a Reply

Your email address will not be published.