Tips Mengemudi Mobil di Jalan Tol Secara Benar dan Aman

Untuk anda yang baru saja bisa mengemudikan mobil, wajar saja bila masih merasa agak gugup saat berkendara di jalan raya.

Perasaan gugup ini umumnya akan membuat anda menjadi lebih hati-hati waktu menjalankan mobil. Tidak ada yang salah dengan hal itu.

Tetapi hal semacam ini akan menjadi permasalahan saat anda akan melewati jalan bebas hambatan atau jalan tol. Karena di jalan tol, biasanya mobil akan melaju dengan relatif cepat.

Namun bukan berarti anda akan menjadi sosok pengemudi yang membahayakan di jalan tol.

Yang perlu diperhatikan hanya berupaya untuk mengemudi dengan benar, menaati ketentuan dan menghormati pemakai jalan lain.

Melalui artikel ini yang membahas tentang tips mengemudi mobil di jalan tol secara benar dan aman.

Kami yakin akan membuat anda semakin memahami bagaimana cara terbaik mengemudi mobil di jalan tol.

Sebelum itu, kami jelaskan apa itu pengertian jalan tol?

 

Pengertian Jalan Tol

Jalan tol (di Indonesia dimaksud sebagai jalan bebas hambatan) yaitu satu jalan yang dikhususkan untuk kendaraan yang beroda lebih dari dua (mobil, bus, truk).

Jalan ini mempunyai tujuan untuk mempersingkat jarak dan saat tempuh dari satu tempat ke tempat lain.

Untuk menikmatinya, beberapa pemakai jalan tol mesti membayar sesuai sama tarif yang berlaku. Penetapan tarif didasarkan pada kelompok kendaraan.

Bangunan atau sarana dimana tol disatukan bisa dimaksud pintu tol, tempat tinggal tol, plaza tol atau di Indonesia lebih di kenal sebagai gerbang tol.

Bangunan ini umumnya diketemukan di dekat pintu keluar, diawal atau akhir jembatan (contoh : Jembatan Suramadu), dan saat Anda masuk suatu jalan layang.

Di Indonesia, jalan tol sering dikira persamaan kata untuk jalan bebas hambatan, walau hal semacam ini sesungguhnya salah.

Didunia pad umumnya, tidak semuanya jalan bebas hambatan memperlukan bayaran.

Jalan bebas hambatan seperti ini diberi nama freeway atau expressway (free berarti ” gratis “, dibedakan dari berjalan-jalan bebas hambatan yang memperlukan bayaran yang diberi nama tollway atau tollroad (kata toll berarti ” cost “).

 

Tips Mengemudi Mobil di Jalan Tol Secara Benar dan Aman

Nah, jika kamu masih ragu bagaimana teknisnya jika mengendarai mobil di jalan tol.

Baik, simak baik-baik ya tips mengemudi mobil di jalan tol secara benar dan aman. Diantaranya sebagai berikut :

 

#1. Sediakan Karcis dan uang untuk bayar Tol

Saat akan melalui jalan tol, maka kita mesti mengambil karcis di gerbang masuk jalan tol.

Dalam hal membayar, dapat di gerbang masuk atau di gerbang keluar.

Karenanya, maka dari itu dianjurkan supaya anda telah mempersiapkan duit untuk melakukan pembayaran.

Di beberapa gerbang tol, juga telah ada sarana pemakaian kartu e-toll/e-money. Sediakan saat anda akan mengawali perjalanan.

Dengan cara tersebut, maka anda tidak perlu berlama-lama di gerbang tol untuk mencari duit di kantong atau dompet anda.

Bila tidak segera disediakan uang, maka anda akan memperoleh ‘tekanan’ dari pengemudi lain yang mengantri di belakang anda.

Dampaknya, hal semacam ini akan memberi gugup waktu anda melaju di jalan tol

Diluar itu, taruh kartu atau karcis jalan tol dengan baik ditempat yang gampang terjangkau. Sehingga tidak hilang atau susah di ambil waktu akan keluar gerbang tol.

Dan jangan sampai buang sampah karcis parkir ke jalanan!

 

#2. Ambillah Jalur Yang Sesuai

Hal yang perlu diperhatikan waktu mengemudi di jalan tol yaitu dengan tahu jalur yang pas.

Biasanya papan rambu jalan tol akan menyarankan anda melaju di lajur kiri dan lajur kanan untuk mendahului.

Sedangkan untuk jalan tol 3 jalur atau lebih, melajulah di jalur tengah. Karena jalur kiri biasanya ditujukan untuk truk dan kendaraan berat lain.

Jangan sampai melaju di lajur kanan, pada saat anda berjalan dengan kecepatan yang rendah.

Hal semacam ini akan mengganggu kendaraan di belakang anda yang tengah melaju dengan kecepatan tinggi dan ingin mendahului anda.

 

#3. Cermati Rambu

Jalan bebas hambatan bukanlah berarti jalanan tanpa ada ketentuan. Di jalan tol ada juga rambu yang perlu anda patuhi.

Umumnya yaitu kecepatan minimal dan kecepatan maksimum, larangan mendahului di lajur kiri, larangan berhenti di jalan tol dan larangan melaju di bahu jalan tol.

Banyak pengemudi yang tidak mematuhi ketentuan itu. sehingga jangan heran bila melihat mobil yang melaju kencang melebihi batas kecepatan atau melalui bahu jalan tol.

Tetapi bukanlah berarti hal semacam itu dapat dibenarkan dan bisa ditiru. Hal itu begitu membahayakan untuk dianya dan pemakai jalan tol yang lain.

 

#4. Jagalah Jarak Aman

Jalan tol bukanlah berarti anda dapat melaju mulus tanpa ada masalah. Mungkin mendadak ada kemacetan, perbaikan jalan atau hal tidak dikehendaki di depan kita.

Oleh karena itu, jagalah jarak aman dengan kendaraan di depan. Sehingga apabila terjadi suatu hal, atau kendaraan di depan kita lakukan pengereman mendadak.

Kita tidak akan  pernah untuk memperlambat atau hentikan laju kendaraan.

 

#5. Janganlah Berpindah Jalur dengan Sembarangan

Berpindah jalur di jalan tol itu tidak sama dengan waktu di jalanan perkotaan.

Pada intinya memang sama, kita mesti memberi signal dengan menyalakan lampu sein dan meyakinkan lajur kanan untuk mendahului tengah dalam keadaan aman.

Tetapi perlu di perhatikan juga kalau waktu di jalan tol, nyaris semuanya kendaraan melaju dengan kecepatan yang relatif tinggi.

Maka jika anda ingin berpindah jalur, yakinkan semua telah betul-betul aman.

Caranya yaitu dengan lihat kaca spion untuk meyakinkan tidak ada kendaraan di jalur yang akan diambil.

Walau tampak masihlah jauh, kendaraan itu mungkin tengah melaju dengan begitu kencang dan mendadak ternyata sudah ada di jarak yang begitu dekat.

 

Oleh karena itu, pakai lampu sein sebagai aba-aba kalau anda akan berpindah jalur. Bila kendaraan di belakang melindungi jaraknya, berarti anda telah aman untuk mulai berpindah jalur.

 

Demikian tadi artikel tentang Tips Mengemudi Mobil di Jalan Tol Secara Benar dan Aman. Semoga bisa menginspirasi anda semuanya.

 

Salam berkendara aman…

Leave a Reply

Your email address will not be published.