Tips Membeli Dan Memilih Mobil Diesel Bekas Yang Benar

Pasar mobil bekas di Indonesia memang termasuk cukup tinggi peminatnya. Tidak terkecuali mobil bekas dengan jenis mesin diesel.

Mobil dengan bahan bakar solar ini yang berminat masih termasuk tinggi mengingat mobil diesel memang populer irit bahan bakar, tangguh dan mudah untuk dirawat.

Bila anda menginginkan mencari mobil bekas dengan mesin diesel, di bawah ini tips memmembeli dan memilih mobil diesel bekas yang benar yang bisa anda cermati.

 

Kelebihan mobil bermesin diesel

Mobil pribadi seperti sedan dan SUV di negara-negara Eropa sangat banyak memakai mesin diesel. Tidak sama dengan di Indonesia, dimana mesin bensin menguasai mobil pribadi.

Walau sekarang ini ada sebagian jenis mobil pribadi dengan mesin diesel, namun semakin banyak mobil niaga, bus, truk dan mesin industri yang memakai mesin diesel.

Di bawah ini kelebihan mesin diesel dibanding dengan mesin bensin.

Mesin diesel lebih efisien

Satu diantara keuntungan yang paling penting dari mesin diesel dibanding dengan mesin bensin yaitu kalau mesin diesel memang lebih efektif.

Mesin yang dapat mengkonversi sekitaran 45-50 % dari daya bahan bakar untuk listrik.

Sebagian besar mesin bensin cuma dapat mengkonversi sekitaran 30 % dari daya bensin untuk menyalakan mobil.

Mesin diesel lebih terpercaya

Sepanjang 50 tahun terakhir, mesin diesel sudah menunjukkan semakin dapat dihandalkan dibanding mesin bensin.

Satu diantara argumen paling besar untuk ini yaitu kenyataan kalau mesin diesel tidak membutuhkan sistem pengapian tegangan tinggi.

Dan mereka juga tidak pancarkan RF (frekwensi radio) yang bisa mengakibatkan permasalahan dengan sistem elektronik kendaraan.

 

Mesin diesel memakai pengapian otomatis

Satu keuntungan besar dari mengendarai mobil atau truk di dukung oleh mesin diesel yaitu kalau bahan bakar diesel automatis menyala.

Keuntungan ini memberi manfaat besar karena dengan tidak membutuhkan busi atau kawat.

Biaya pemeliharaan keseluruhannya mobil menurun dibanding dengan mobil dan truk bensin.

Biaya bahan bakar lebih rendah

Walau pengemudi mobil mungkin saja tidak mengerti dengan harga per liter bahan bakar diesel non-subsidi yang lebih tinggi dari pada premium, pertamax dan pertamax plus.

Biaya bahan bakar keseluruhannya untuk bahan bakar diesel lebih rendah pada 30 hingga 50 % dari mesin bensin. Diesel tetaplah alternatif yang lebih murah untuk customer.

 

Bahan bakar solar lebih aman

Diesel pada intinya lebih susah untuk terbakar dan umumnya akan tidak meledak apabila terserang sumber panas yang tinggi.

Selanjutnya, karena bahan bakar diesel tidak melepas uap seperti bahan bakar bensin, peluang uap bahan bakar menyebabkan dan mengakibatkan kebakaran kendaraan semakin lebih rendah.

 

Mesin diesel menghasilkan Karbon monoksida lebih rendah

Mesin diesel membuahkan karbon monoksida lebih sedikit dari yang mesin bensin.

Keuntungan ini dapat menunjukkan bermanfaat dalam penyusunan non-otomotif mulai sejak generator diesel bisa dipakai dalam lingkungan di mana gas buang mesin bensin bakal menyebabkan fatal (di tambang, kapal selam, dan lain-lain).

 

Mesin diesel membuahkan torsi maksimum pada rpm rendah

Dibanding dengan mesin bensin, mesin diesel mempunyai keuntungan membuahkan torsi lebih rendah dari yang mesin bensin.

Mesin diesel juga melakukannya pada RPM rendah yang menolong untuk meningkatkan ekonomi bahan bakar keseluruhannya untuk mobil atau truk.

 

Tips Membeli Dan Memilih Mobil Diesel Bekas Yang Benar

Nah, setelah kita mengetahui kelebihan mobil bermesin diesel, maka kita tidak ragu lagi dengan kehandalan mesin diesel ini.

Oleh karena itu, berikut ini ada tips memmembeli dan memilih mobil diesel bekas yang benar agar anda tidak salah memmembeli mobil bermesin diesel. Berikut diantaranya :

 

Pastikan Filter Dalam Keadaan Baik

Dalam mesin diesel ada filter solar, filter oli dan filter udara. Waktu anda mengecek mesin mobil diesel yang menginginkan anda membeli, cek keadaan dan kerja dari filter-filter ini.

Filter dalam keadaan baik dan bekerja dengan prima adalah tanda-tanda bila mesin mobil itu dirawat, dan bisa menolong anda memprediksi keadaan komponen mesin yang lain dalam mobil itu.

Cek Keadaan Oli Mesin

Waktu anda mengecek mesin, cek juga keadaan oli mesin. Bila keadaan oli mesin kurang dari batas minimal, atau jauh dari titik normal, bermakna mesin mobil kurang dirawat.

Demikian halnya bila nyatanya oli mesin sangat kental. Umumnya hal semacam ini dilakukan untuk mengelabui mesin mobil yang telah terdengar kasar.

 

Mudah Dinyalakan/Distarter

Tidak sama dengan mobil dengan mesin bensin, mobil diesel tidak memakai busi seperti umumnya. Mesin pada mobil diesel memakai busi pijar untuk menghidupkan mesinnya.

Oleh karenanya, coba untuk lihat mobil diesel bekas incaran anda itu waktu pagi hari waktu mesin mobil masihlah dingin.

Lalu minta yang memiliki untuk menyalakan mesin mobil itu. Bila mobil bisa dengan mudah menyala, itu berarti sistem busi pijar mesin mobil masih dalam keadaan baik.

 

Cek Kompresi Mesin

Waktu memerika mobil diesel bekas, pastikan mobil mempunyai kompresi dalam keadaan baik. Langkah memeriksanya yaitu dengan menyalakan mesin mobil.

Setelah itu, buka tutup lobang tempat masuk oli mesin dan injak pedal gas mobil. Bila waktu anda mencapai gas anda rasakan hembusan udara yang kuat dari lubang oli mesin itu, bermakna kompresi mesin itu telah alami penurunan.

Dan anda bisa memperhitungkan lagi untuk membeli mobil diesel bekas itu.

 

Cek Injektor Mesin

Untuk mengecek kemampuan injektor mesin, maka anda bisa lihat dari asap yang keluar dari knalpot.

Mesin diesel dikatakan wajar bila keluarkan asap hitam waktu diajak berakselerasi. Tetapi asap yang keluar tidaklah sangat pekat.

Demikian halnya waktu dalam keadaan stasioner, asap yang keluar akan tidak sangat hitam.

Bila anda terasa asap mesin yang keluar sangat hitam atau pekat, anda bisa saja memperhitungkan lagi untuk memboyong mobil itu.

 

Bila anda terasa sangsi dengan kekuatan dalam menilainya keadaan mobil itu, janganlah sangsi mengajak orang yang tahu mesin mobil diesel.

Lebih dianjurkan bila anda mempunyai teknisi mesin diesel yang terpercaya untuk diajak melihat mesin mobil incaran anda itu.

Check Also

Aplikasi Penghasil Uang Uang Di Laptop, Lumayan Untuk Tambahan Uang Jajan !

Laptop adalah perangkat yang sudah dimiliki oleh sebagian besar orang. Khususnya bagi kalangan pekerja kantoran, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *