Tips Hemat Bahan Bakar Minyak Saat Melakukan Perjalanan Jauh

Melakukan perjalanan jarak yang jauh dengan memakai mobil pribadi sudah pasti kita harus mempunyai rencana yang tepat termasuk juga salah satunya ialah tentang penggunaan jumlah BBM kendaraan.

Dapat menghemat penggunaan bahan bakar ini selain membuat kita lebih hemat dalam soal biaya, juga membuat perjalanan kita akan lancar jaya dan tidak perlu sering bolak balik melakukan pengisian karena borosnya penggunaan bahan bakar.

Sangat banyak penyebab mengapa bahan bakar mobil dapat menjadi boros dari mulai keadaan mesin sampai langkah memakai mobil yg tidak pas.

Tetapi yang seringkali terjadi yaitu karena memanglah langkah dari si pengemudi dalam mengendarai mobil yang kurang tepat yang menjadikan mobil lebih boros.

Berikut ini tips hemat bahan bakar minyak saat melakukan perjalanan jauh yang bisa anda terapkan saat melakukan perjalanan jauh dengan mobil kesayangan anda. Berikut ini diantaranya :

 

 

Melakukan survei jalur tujuan dan alternatif

Umumnya pada hari khusus seperti hari libur, banyak sekali jalanan yang terjadi kemacetan panjang. Saat mobil anda telah terjebak macet, tidak ada jalan lagi memutar balik dan anda mesti pasrah melaluinya.

Bila macet itu pendek mungkin tidak apa apa, tetapi apabila hingga berkilo-kilo jauhnya pasti hal semacam ini cuma akan membuat boros penggunaan bahan bakar yang semestinya habis untuk menempuh 1/2 perjalanan terlebih habis di kemacetan yang tidak berujung.

Oleh karenanya baiknya anda lakukan survey kecil kecilan baik ajukan pertanyaan segera pada orang yang pernah menuju kota yang akan kalian menuju tentang jalur mana saja yang alami kemacetan dan mencari jalur alternatif supaya kelak anda tidak terjebak macet.

Dengan mengetahui tempat jalanan yang macet dan tahu jalur alternatif mana yang baiknya ditempuh, selain membuat pemakaian bahan bakar menjadi irit juga anda tidak takut tersesat karena asal mengambil jalur.

 

Jangan memanaskan mobil dalam waktu lama

Memanglah setiap kendaraan butuh dikerjakan pemanasan sesaat sebelumnya digunakan, tujuan paling utama dari memanaskan mesin ini tidak lain dan tidak bukan yaitu untuk penghematan bahan bakar.

Mengapa demikian? mesin akan bekerja dengan optimal saat suhu mesin sudah meraih suhu kerja yakni pada 80 sampai 95 derajat celcius.

Tetapi dalam prakteknya seringkali orang memanaskan mobilnya sangat lama, yang semestinya cukup memakai saat sepanjang 5 sampai 10 menit, tetapi mereka memanaskan mobil sepanjang lebih kurang 1/2 jam.

Bukahkan hal semacam ini membuat bensin terbuang sia-sia, bukan?

Mengecek tekanan ban Sebelumnya perjalanan

Tekanan ban yang kurang dapat juga membuat tingkat mengkonsumsi bahan bakar menjadi lebih boros karena mesin mesti bekerja ekstra keras untuk memutar roda yang keadaannya kurang angin.

Mengecek tekanan angin tidak memerlukan waktu yang lama, mungkin saja tidak kurang 5 menit dapat anda kerjakan baik sendiri atau memohon tolong tukang tambal ban yang bisanya bersedia untuk mengecek tekanan ban.

Yakinkan anda memakai tekanan ban yang sesuai sama, sangat kempis akan membuat mengkonsumsi bahan bakar lebih boros.

Tekanan ban yang tinggi akan membuat mobil terasa keras saat dikendarai dan membuat ban aus di bagian tengah.

 

Janganlah memakai AC mobil terlalu kencang

Untuk yang satu ini memang tidak bisa disangkal lagi kalau ada banyak orang yang tidak paham tentang dampak yang diakibatkan bila memakai AC mobil yang sangat kencang/full.

Saat AC dinyalakan dalam model full, maka pulley cranksaft akan memerlukan tenaga yang begitu besar manfaat memutar poros kompressos AC.

Nah dampaknya yaitu ruangan mesin memerlukan kemampuan bahan bakar yang semakin banyak agar bisa lakukan hal semacam itu dan terjadi pemborosan bahan bakar mesin.

Oleh karena itu, bijak-bijaklah dalam memakai AC mobil, cukup setel di angka 1 atau 2 saja saat memakainya dan matikan apabila suhu di dalam kabin telah mulai dingin/stabil.

Anda dapat menyalakan kembali AC bila suhu di dalam kabin mulai sedikit menghangat, demikian selanjutnya.

 

Jauhi kebut-kebutan di jalan

Ada mitos yang mengatakan kalau saat kita meningkatkan kendaraan dalam kecepatan tinggi akan membuat penggunaan bahan bakar lebih irit, walau sebenarnya mitos itu tidak benar sekalipun.

Pemakaian bahan bakar berbanding lurus dengan kecepatan laju mobil yang artinya makin cepat laju mobil, maka semakin deras juga bahan bakar yang di injeksikan dalam ruangan bakar untuk lalu dibakar dan membuahkan tenaga.

Berkendaralah dengan cara halus dan tidak kebut-kebutan, selain menghemat penggunaan bahan bakar pasti langkah tersebut yaitu langkah aman untuk terlepas dari yang namanya kecelakaan.

Janganlah anda pakar dalam mengemudi lalu menjadi sok dan pamer, ingat sepandai pandainya tupai melompat tentu ia akan jatuh juga.

Oh iya berkendara dengan sewajarnya, tidak ngebut akan membuat anda dan keluarga jadi lebih enjoy dan bisa nikmati situasi panorama di luar sana yang demikian indah.

 

Demikian tadi artikel tentang tips hemat bahan bakar minyak saat melakukan perjalanan jauh. Semoga bisa menginspirasi anda dalam menghemat bbm pada saat perjalanan jauh.

 

Salam berkendara aman…

Check Also

Aplikasi Penghasil Uang Uang Di Laptop, Lumayan Untuk Tambahan Uang Jajan !

Laptop adalah perangkat yang sudah dimiliki oleh sebagian besar orang. Khususnya bagi kalangan pekerja kantoran, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *