Tips Dan Trik Membeli Mobil Bekas Yang Berkualitas

Membeli sebuah kendaraan baru baik itu motor atau mobil merupakan impian yang indah bagi setiap orang. Memang dengan memiliki kendaraan bermotor, kita akan sangat terbantu dan bisa meningkatkan derajat sosial di masyarakat.

 

Namun, semua keinginan kita sesuaikan dengan dana yang kita miliki. Jika hanya ingin memiliki sebuah motor atau mobil, cukuplah jika kita memilih kendaraan yang bekas saja. Motor atau mobil bekas memungkinkan kita untuk memiliki kendaraan bermotor dengan harga yang terjangkau.

 

Oleh karena itu, mari kita simak artikel tips dan trik membeli mobil bekas yang berkualitas, dibawah ini.

 

Kelebihan Membeli Mobil Bekas

 

Berikut kelebihan mobil bekas yang perlu anda ketahui, diantaranya :

  1. Pertimbangan harga

Harga mobil bekas memang termasuk ramah di kantong. Bila anda cermat, anda dapat temukan mobil bekas dengan harga dibawah Rp100 juta dengan kualitas bagus. Selain harus mengecek kondisi mesin, yang harus diperhitungkan juga yaitu melihat jarak yang telah ditempuh oleh mobil. Pastikan anda juga dapat melakukan test drive sebelum terjadi deal dengan si penjual.

 

  1. Depresiasi rendah

Harga mobil bekas umumnya lebih stabil dibanding mobil baru. Jika terjadi penurunan, harganya tidak terpaut jauh dari harga beli. Cobalah cek harga mobil keluaran 1992. Meskipun telah berumur 22 tahun, harganya masih tetap tinggi lho sekitaran Rp 56juta sampai Rp 58juta untuk tipe sedan khusus.

 

  1. komponen Tambahan

Beberapa orang yang jual mobil bekas dengan cara ‘apa adanya’ karena kepepet perlu dana. Seperti si pemilik mobil suka ngutak-ngatik soundsystem atau modifikasi body kit. Terkadang beberapa fitur tersebut tidak dilepas lagi oleh pemilik mobil untuk menarik calon konsumen.

Jika anda sedang beruntung dan pandai nego, beberapa fitur tambahan ini dapat anda peroleh tanpa adanya biaya tambahan. Lumayan kan anda tidak perlu keluar uang lagi untuk memodifikasi mobil agar terlihat unik.

Kekurangan Membeli Mobil Bekas

 

Berikut kekurangan mobil bekas yang perlu anda ketahui, diantaranya :

  1. Riwayat mobil kurang jelas

Dalam membeli mobil bekas itu tidak bisa serta merta memilih kucing dalam karung. Satu satunya yang harus dicek yaitu riwayat mobil. Apakah mobil itu pernah terlibat dalam kecelakaan, turun mesin, mogok akibat banjir, dan sebagainya. Sebagian dealer mobil bekas biasanya akan memberikan informasi ini. Namun, bila ketemu dengan penjual yang tidak anda kenal, pastikan dulu anda mengajak rekan, anggota keluarga atau tetangga yang memahami seluk beluk kondisi mobil agar tidak mudah ditipu.

 

  1. Biaya tambahan untuk perawatan

Jika anda sudah memutuskan untuk membeli mobil bekas itu berarti anda harus rajin dalam merawatnya agar mesin tetap terjaga kualitasnya.

Terlebih lagi buat mobil yang telah berumur sekitar lebih dari 5 tahun. Tentu anda tidak ingin mobil mendadak mogok dalam kemacetan?

Perawatan ekstra in berarti biaya yang perlu dikeluarkan juga lebih. Seperti contoh bila frekuensi servis mobil baru yang disarankan yaitu tiga bulan sekali.

Anda mesti membagikan dana dan waktu buat servis mobil bekas minimum dua bulan sekali.

Terlepas dari semua petimbangan tesebut, membeli mobil bekas memang bukan perkara gengsi, entah anda ingin mobil bekas atau baru tetaplah diuntungkan asal disiapkan dengan teliti dan matang.

 

Tips Dan Trik Membeli Mobil Bekas Yang Berkualitas

Jika anda tertarik membeli motor atau mobil bekas? Ini ada beberapa tips yang dapat anda jadikan referensi sebelum mengambil keputusan untuk membeli kenderaan bekas, diantaranya :

 

  1. Harga Mobil Bekas di pasar

Sebelum anda mencari mobil bekas yang bakal anda beli, sebaiknya lakukan pemeriksaan harga pasaran sebuah mobil terlebih dulu baik dari koran, majalah atau mungkin saja dapat pula dari internet.

 

 

  1. Nomer Rangka Mesin Motor.

Periksan juga nomer rangka dan mesin mobil, lalu cocokkan dengan nomer rangka dan nomer mesin yang tercantum pada STNK ataupun BPKB.

 

  1. Keadaan Fisik.

Periksan keadaan body, spion, baut, dashboard dan lain sebagainya, apakah tampak banyak goresan, keadaan retak maupun pecah. Upayakan juga semua komponen dan aksesoris yang berada pada mobil yaitu spareparts yang original.

 

  1. Keadaan Oli.

Upayakan anda membuka dan mengukur oli yang ada didalam mesin. Pastikan ukuran oli sedikit berlebih sebab oli yang berlebih akan membuat bunyi mesin menjadi lebih halus sehingga bisa menyembunyikan bunyi asli mobil yang mungkin saja berbunyi kasar atau berisik.

 

  1. Speedometer.

Pastikan tidak ada retak atau ada bekas pembongkaran. Lihatlah berapakah km yang sudah ditempuh oleh mobil tersebut. Bila sudah diatas 100.000 km maka bisa dipastikan akan sangat banyak komponen mesin yang akan segera anda ganti. Biasanya akan memerlukan biaya yang lebih banyak lagi.

 

  1. Hidupkan Mesin Motor

Cobalah hidupkan mesin mobil, apakah dapat mencapai level stationer atau langsam? Karena pada keadaan mesin yang tidak punya masalah bisa langsam pada putaran lebih kurang 1500 rpm. Dan pastikan juga kalau tidak ada bunyi-bunyian yang kasar di dalam mesin.

 

  1. Perpindahan Gigi, Kopling ataupun Perseneling

Mulai jalankan kendaraan tersebut dan cermati posisi perpindahan gigi apakah merasa susah atau mudah. Jika merasa susah itu mengisyaratkan kampas kopling mobil tersebut harus segera diganti. Satu lagi yang butuh diperhatikan juga yaitu, bila terdengar bunyi mendesir ketika mobil berjalan, itu besar kemungkinan gigi primer dari mobil itu akan segera habis dan harus diganti dengan yang baru.

 

 

 

  1. Rangka atau Sasis Mobil

Cermati kelurusan roda depan dan belakang. Pastikan kalau rangka atau sasis mobil itu tidak ada kebengkokkan.

Jalankan dulu mobil sejauh 40 km/jam dengan menekan rem sedikit mendadak untuk meyakinkan mobil tersebut mudah untuk dikendalikan.

Hal semacam ini bermanfaat untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir.

 

  1. Kebocoran Oli

Usahakan anda bisa mencoba menjalankan mobil lebih lama dan setelah dijalankan lebih kurang sekitaran 1 Km, cermati apakah kelihatan ada oli yang bocor lewat sela-sela mesin? Atau ada air radiator bocor untuk motor yang memakai radiator.

 

  1. Keadaan Kelistrikan.

Periksa dengan cermat sistem kelistrikan dan lampu-lampu seperti lampu depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau elektrik stater mobil. Jika semuanya berfungsi maka itu berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan keadaan aki.

 

Demikian artikel tentang Tips Dan Trik Membeli Mobil Bekas Yang Berkualitas. Semoga bisa berguna bagi anda dan jangan lupa mencocokkan harga yang di tawarkan oleh penjual dengan keadaan motor yang akan dijual. Terima kasih

 

Salam berkendara aman…

Leave a Reply

Your email address will not be published.