Tips Cara Merawat Helm Supaya Tetap Awet dan Tahan Lama

Salah satu alat pelindung diri saat di jalan raya yaitu helm. Helm merupakan alat keselamatan berkendara yang fungsinya menjaga kepala agar selalu aman dari bahaya benturan kecelakaan pada benda-benda keras.

Helm merupakan perlengkapan perlindungan yang wajib dipakai saat kita melakukan perjalanan baik dekat maupun jauh.

Seperti yang kita ketahui bersama, kalau sekarang ini kedisiplinan dalam memakai helm saat mengendarai motor diatur oleh undang-undang jalan raya dan yang bertugas mengawasinya yaitu polisi lalu lintas di jalan raya. Apabila pengendara  tidak mematuhi UU yang berlaku, maka akan mendapatkan sanksi dan dijerat dengan pasal-pasal yang sudah ditetapkan.

Sebagai salah satu alat keselamatan di jalan raya, kita mesti menjaga helm yang kita punyai akan tetap terjaga dan dapat memberi rasa aman saat digunakan untuk berkendara. Disamping itu, keadaan helm yang baik akan menambah kepercayaan diri kita saat berkendara karena kita akan terlihat keren dan cool hehee…

Banyak orang jaman sekarang yang meremehkan perawatan helmnya. Banyak argumen yang diungkapkan seperti bisa membeli helm lagi karena saking murahnya dan lain sebagainya. Walau sebenarnya helm itu adalah pelindung kepala, sudah semestinyalah kita merawatnya dengan baik. Nah, oleh karena itu artikel ini saya berusaha untuk sharing info tentang tips menjaga helm supaya tetap awet dan tahan lama. Mudah-mudahan info ini dapat berguna untuk kita semuanya dan bisa membantu kita dalam menjaga helm dengan mudah.

Selain itu, untuk menghindari sanksi yang tidak diinginkan, anda harus menggunakan helm yang berstandar SNI. Hal ini dikarenakan, banyak varian helm di pasaran dengan berbagai harga. Untuk itu, lebih baik membeli helm yang agak mahal dan pastikan ada label SNI di helm tersebut.

Sebenarnya kami yakin setiap orang tentu menginginkan helm kesayangannya dirawat dengan baik. Hanya saja permasalahannya yaitu kita tidak tahu cara menjaga helm yang baik sehingga terkadang kita sembarangan saja dalam menjaga helm dan menganggap kalau perawatan yang telah kita kerjakan selama sudah cukup baik.

Minimnya informasi tentang cara menjaga helm yang diterima bukannya tanpa ada alasan. Hal semacam ini dikarenakan untuk memperoleh langkah perawatan helm yang baik perlu pengalaman dan feeling yang baik. Sampai tidak kebanyakan orang tahu cara menjaga helm yang baik agar tetap awet. Oleh karenanya, orang menjadi tak acuh alias meremehkan perawatan helmnya.

Tips Cara Merawat Helm Supaya Tetap Awet  dan Tahan Lama

Nah sahabat sekalian, bila anda tertarik untuk melakukan perawatan pada helm, anda telah menemukan artikel yang tepat. Artikel ini berisikan tips cara menjaga helm yang nantinya akan berguna bagi anda, diantaranya :

 

Tips #1. Melindungi Kebersihan Helm

Salah satu bentuk perawatan pada helm yaitu dengan melindungi kebersihannya. Sebelum atau setelah memakai helm, kita harus memastikan kebersihan helm seperti membersihkan debu yang melekat pada kaca helm apalagi saat musim hujan. Bersihkan juga debu-debu yang melekat di bagian luar helm. Saat mau menggunakan helm, pastikan juga keadaan rambut kita dalam kondisi kering, karena jika keadaan rambut kita dalam kondisi basah akan berpotensi mengakibatkan helm kita menjadi bau.

 

Tips #2. Menjaga helm tetap kering

Saat kita memakai helm dalam keadaan hujan umumnya helm kita akan menjadi basah. Ditambah lagi saat memarkir kendaraan dan helm dibiarkan tidak terlindungi saat terjadi hujan jadi helm, besar kemungkinan helm menjadi basah. Supaya helm kita tidak menjadi bau dan untuk melindungi ketahanannya maka helm harus segera kita keringkan. Caranya dengan melepas busa helm dan cukup di angin-anginkan. Atau bila kita mempunyai hair dryer, kita juga dapat gunakan agar helm semakin cepat keringnya.

 

Tips #3. Tempat penyimpanan helm

Dalam menyimpan helm, kita tidak boleh sembarangan. Ada banyak hal yang perlu kita cermati, salah satunya janganlah menaruh helm ditempat yang lembab karena akan mengakibatkan tumbuhnya jamur serta mengembangnya bakteri yang jahat. Disamping itu juga jangan menaruh helmudah luntur atau rusak. Oleh karena itu, taruhlah helm ditempat yang kering serta tidak terkena langsung cahaya matahari.

 

Tips #4. Berikan Pewangi Pada Helm

Untuk melindungi supaya helm kita tetap nyaman dipakai maka berilah pengharum pada helm. Sekarang ini telah tersedia banyak pengharum khusus untuk helm. Selalu pakai pengharum ini karena juga berguna untuk menghilangkan tumbuhnya jamur serta menghindarkan perkembangbiakan bakteri jahat pada helm.

 

Tips #5. Bersihkan Helm secara teratur

Membersihkan helm secara teratur merupakan bentuk perawatan helm yang paling mudah. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk menghindar munculnya bau pada helm dan menyingkirkan bakteri jahat yang ada pada helm. Untuk membersihkan helm kita dapat memakai layanan pencucian helm atau membersihkan sendiri helm yang kita punyai. Jika anda memilih untuk tidak merepotkan diri, lebih baik cuci atau bersihkan helm memakai layanan pencucian helm dengan biaya yang tidak mahal.

 

Nah sahabat sekalian, demikian artikel tentang tips cara merawat helm supaya tetap awet  dan tahan lama. Mudah-mudahan info ini dapat berguna untuk kita semuanya serta dapat membantu melindungi keawetan helm kita.

 

Salam berkendara aman…

Leave a Reply

Your email address will not be published.