Tips Cara Merawat dan Membersihkan Jas Hujan Yang Benar

Musin hujan sudah di depan mata, membuat beberapa pengendara sepeda motor mulai membekali diri dengan baju spesial yang dapat membuat perlindungan mereka dari guyuran air hujlovan.

Pada musim penghujan begini, jas hujan yaitu elemen utama yang perlu dibawa sebelumnya keluar tempat tinggal. Seperti pribahasa sedia jas hujan sebelumnya hujan.

Untuk pengendara khusunya sepeda motor, tentu memiliki jas hujan. Lantas bagaiamana langkahnya agar jas hujan Anda tetaplah awet serta tidak gampang sobek.

Syukur-syukur jas hujannya dapat digunakan hingga musim hujan selanjutnya dan sebagainya. Inilah tips cara merawat dan membersihkan jas hujan yang benar.

Sesudah memakai jas hujan, bersihkan permukaan jas hujan yang kotor dengan air bersih. Umumnya pada celana sisi bawah sering terkena cipratan air hujan.

Bila tidak ada air bersih, maka dapat pakai kanebo untuk membersihkannya.

 

Manfaat Jas Hujan

Di bawah ini manfaat dari jas hujan untuk kita semuanya, diantaranya sebagai berikut :

 

Tidak terhambat adanya hujan

Jas hujan sangat jelas berguna untuk para pemotor. Kemudian hujan dapat datang tanpa disangka, itulah manfaat paling utama jas hujan untuk pemotor.

 

Supaya Tidak Terkena Flu

Argumen kesehatan mungkin saja merupakan alasan paling utama jas hujan jadi satu diantara kelengkapan dalam bermotor. Jika anda menyewa motor, bertanyalah kepada pihak persewaan apakah tersedia jas hujan di motor tersebut.

 

Hindari Barang Bawaan Basah

Sebagian perusahaan sewa motor Kebayoran sediakan jas hujan kelelawar (bentuk lebar, bukan bodi fit). Ini yaitu jenis jas hujan yang cocok untuk Anda yang menginginkan bermotor sembari membonceng bawaan. Jenis yang lebar sangat mungkin perlindungan pada barang bawaan supaya tidak basah karena air hujan.

Sangat mungkin Melaju Walau Hujan Lebat

Jas hujan terang memberi perlindungan diri waktu hujan supaya tidak basah kuyup, dengan memakai jas hujan sudah pasti tidak butuh untuk berteduh walau hujan turun. Hal semacam ini pasti satu keuntungan supaya perjalanan Anda tidak terganggu.

 

Terbebas Dari Hujan Saat Tidak Sempat Berteduh

Seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan, manfaat jas hujan penting juga untuk berjaga-jaga apabila mendadak turun hujan.

Waktu mendung datang kita dapat selekasnya memakai jas hujan, ini pasti hal yang baik supaya baju dan barang bawaan tidak basah walau tidak sempat berteduh.

 

Jas hujan umumnya di buat dengan dua bahan utama, yakni plastik dan karet. Keduanya mempunyai kelebihan masing-masing.

Jas hujan plastik, beratnya lebih enteng serta gampang disimpan di bagasi jok motor. Sedang jas hujan karet dapat membuat perlindungan pengendara dari air hujan, dengan tambah baik dan tidak gampang robek.

Keduanya harus juga dirawat supaya mutunya tetap terjaga, sehingga Anda tidak perlu ribet waktu setiap saat perlu menggunakannya.

Nah, bagaimana tips cara merawat dan membersihkan jas hujan yang benar? Inilah, beberapa tips panduan yang ditulis dari website ototrend.co.id, diantaranya sebagai berikut :

  1. Bersihkan terlebih dulu jas hujan saat tiba di tempat tujuan. Air yang masih melekat dapat membuat jas hujan tampak kotor dan kusam. Air yang melekat juga tidak semua bersih, beberapa telah tercampur kotoran seperti lumpur serta debu yang terlontar dari ban belakang motor.
  2. Membersihkan jas hujan memiliki bahan karet cukup hanya dilap memakai kanebo yang telah dibasahi air bersih, karena pori-pori karet begitu kecil hingga tidak gampang menyerap air. Untuk jas hujan plastik, basuh terlebih dulu dengan air bersih sebelumnya dilap.
  3. Bila kotoran sulit dihilangkan, cobalah pakai sabun bersihkan piring, atau sabun mandi. Apabila anda menginginkan membersihkan dengan deterjen, pakai yang memiliki bahan cair karena teksturnya lebih halus.

Langkahnya cukup hanya menggosok-gosok jas hujan dengan sabut halus untuk membersihkan piring, atau sikat gigi yang tidak terpakai.

Janganlah menggosok-gosok sangat keras karena dapat mengakibatkan kerusakan serat plastiknya.

  1. Setelah dicuci, keringkan memakai lap bersih, atau kanebo serta lalu gantung jas hujan ditempat yang banyak anginnya. Janganlah menjemur dibawah sinar matahari langsung karena dapat membuat jas hujan menjadi getas.
  2. Setelah kering, lipat serta taruh kembali jas hujan ditempat yang kering. Apabila bakal disimpan dibawah jok, yakinkan tidak ada noda air didalam bagasi jok. Janganlah sekali-kali melipat jas hujan yang masihlah basah, karena dapat membuatnya lengket serta sulit untuk dipakai.
  3. Apabila jas hujan Anda kotor karena jamur, cobalah rendam jas hujan di air hangat yang telah di beri perasan jeruk lemon. Karakter asam jeruk dapat merontokkan jamur serta aman untuk bahan plastik ataupun karet. Anda dapat juga beli ekstrak jeruk lemon di toko bahan makanan. Di toko bahan makanan, ekstrak ini umum dimaksud dengan sitrun, atau nama ilmiahnya citric acid.

 

Demikian tadi penjelasan artikel tentang tips cara merawat dan membersihkan jas hujan yang benar. Semoga anda bisa mengambil manfaat dari artikel kami ini. Jangan lupa untuk memberikan komentar positif di bawah artikal ini ya. Terima kasih

 

Salam berkendara aman…

Check Also

Aplikasi Penghasil Uang Uang Di Laptop, Lumayan Untuk Tambahan Uang Jajan !

Laptop adalah perangkat yang sudah dimiliki oleh sebagian besar orang. Khususnya bagi kalangan pekerja kantoran, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *