Tips Cara Mengatasi Kopling Motor Yang Keras Dan Berat

Dalam mengendarai sepeda motor yang menggunakan tuas kopling manual, sudah pasti akan memberi sensasi yang tidak sama dibanding dengan motor yang tanpa ada kopling manual.

Tetapi berdasarkan pada keluhan dari banyak pemakai motor kopling, mereka merasa sedikit kurang nyaman ketika mengendarai sepeda motor kesayangannya akibat kopling motornya yang bermasalah yaitu terlalu keras atau terasa berat.

Oleh sebab itu, dalam kesempatan ini kami akan menyampaikan artikel pada kalian semuanya tentang penyebab kopling motor keras atau berat dan cara mengatasinya.

 

Read More

Berbagai Penyebab Kopling Keras Atau Berat

 

Mengenai faktor penyebab kopling menjadi keras atau berat, ada beberapa faktor penyebab, diantaranya :

 

#1. Beban motor yang sangat berat

Salah satu penyebab kopling motor menjadi keras yaitu beban motor yang sangat berat. Penyebab yang pertama jika kopling motor anda keras yaitu beban yang ditanggung oleh motor sangat berat. Penyebab kopling motor yang keras ini sering terjadi jika dalam sehari-harinya motor dipakai membawa beban yang berat. Untuk membuat supaya tidak terjadi slip kopling atau kopling yang keras, bisa melalui cara memindahkan penekanan plat kopling pada cluth cover dibuat menjadi lebih keras, dengan begitu kopling tidak lagi selip atau merasa keras.

#2. Jarak tekan yang panjang

Penyebabnya kopling motor keras yang yang lain yaitu jarak tekan yang panjang. Langkah untuk dapat menyingkirkan penyebabnya mengapa kopling motor jadi keras ini dapat dilakukan melalui cara melakukan perbaikan setelan kopling agar jangan sangat stut atau panjang.

 

#3. Cluth Cover sudah tidak berfungsi

Penyebabnya kopling motor keras yang lain yaitu cluth cover yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Sinyal awal terjadinya rusaknya pada cluth cover yaitu munculnya nada kasar ketika memindah transmisi, jika tidak segera diperbaiki bisa jadi setiap perpindahan kopling akan terjadi selip dan akan bertambah semakin keras.

Diluar itu, setelan kopling di handle dan bak mesin kurang pas dan bisa juga jadi penyebab kopling motor keras.

Nada keras pada perpindahan transmisi mungkin saja dikarenakan setelan kopling pada handle dan bak mesin yang kurang baik. Untuk perbaikannya segera dibawa ke bengkel terdekat.

 

#4. Kabel Kopling Berkarat

Keadaan kabel kopling yang mengalami kerusakan, seperti berkarat, kotor karena debu atau air. Untuk menangani penyebab ini rutin-rutinlah anda untuk mengecek dan sesekali ganti kabel kopling.

Bahan kabel kopling yang sangat kaku dapat juga menadi penyebab mengapa kopling motor menjadi keras. Bahan pembuat kabel kopling pada motor terkadang terasa kaku sampai hal ini bisa membuat perpindahan kopling jadi terasa berat. Bila memungkinkan, ubahlah secara berkala dan jangan lupa untuk mengecek keadaannya sesering mungkin.

 

#5. Kampas Kopling terlalu Tipis

Semakin lama keadaan kampas kopling akan bertambah aus dan tipis. Apabila tak secepatnya memndapatkan perbaikan akan menjadi penyebab kopling motor menjadi keras. Disamping itu, bila keadaan oli terlalu kental bisa juga menjadi penyebab permasalahan pada kopling motor. Penentuan oli mesin sebaiknya diperhatikan dengan detail. Hal itu merupakan sebagain permasalahan pada kopling motor yang menjadi perhatian utama.

 

Tips Singkat Cara Mengatasi Kopling Motor Yang Keras Dan Berat

 

Untuk mengatasi penyebab kopling yang berat diperlukan pemahaman yang baik agar kita bisa melakukan perbaikan di saat situasi yang darurat dan mendesak. Baik, berikut ini tips singkat cara mengatasi kopling motor yang keras dan berat, diantaranya sebagai berikut :

  1. Kopling keras tanpa ada pernah lakukan gantian pada komponennya, langkah untuk memperbaikinya adalah dengan melumasi kabel kopling atau mungkin dengan lakukan pergantian kabel kopling, lumasi tuas kopling juga.
  2. Kopling keras akibat gantian pada komponen kopling per kopling dsb, langkah memperbaikinya adalah dengan langkah sama dengan di atas ditambah dengan lakukan gantian pada tuas kopling bawah (yang di blok mesin) dengan memanjangkan tuas itu. Dapat dipotong serta sambung kembali dengan memberi sedikit agar panjang, dapat dengan juga tempelkan atau tambahin plat di baut ke tuas tadi, yang tentu agar lebih panjang.

Ada pula tips yang lain yang membuat kopling motor anda tidak terasa berat yaitu dengan memberikan satu alat kecil yang diberi nama dengan tul. Alat ini harga nya cukup terjangkau. Nanti stut tuas kopling terdapat di gir boks kanan. Dengan setut ini tuas asli jadi bertambah panjang, sehingga bebannya menjadi lebih enteng.

Bila telah dingin, kendurkan kopling di bak mesin kanan dengan memakai kunci pas ukuran 14. Lalu lepaskan penahan kopling, selipkan pengeteng kopling ke tuas kopling, lalu tekan plat penjepit peringan dengan memakai tang.

Kemudian baru gunakan bautnya dan rapatkan dengan kunci pas dan ring 8, selipkan lagi penahan kawat kopling, lalu setel lagi kopling. Bila kalian telah lakukan beberapa cara diatas bisa dipastikan kopling motor kalian bisa menjadi lebih ringan.

Demikian artikel tentang Tips Singkat Cara Mengatasi Kopling Motor Yang Keras Dan Berat. Semoga dengan artikel tersebut ada penjelasan yang bisa bermanfaat untuk anda semuanya. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

Related posts