Tips Cara Memilih Bengkel Mobil yang Tepat untuk Mobil

Menjamurnya kehadiran bengkel mobil yang ada pada jaman sekarang, bisa membuat bingung kita sebagai customer untuk memilihnya.

Memilih bengkel mobil merupakan aktivitas yang perlu kita kerjakan untuk kebaikan mobil yang paling kita sayangi. Jangan pernah akibat kelalaian kita dalam memilih bengkel, mobil kesayangan kita menjadi taruhannya.

Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih bengkel untuk mobil kita. Kita bisa menyesuaikan dengan keadaan keuangan dan service yang ditawarkan disana. Inilah beberapa tips cara memilih bengkel mobil yang tepat untuk mobil kesayangan kita, diantaranya sebagai berikut :

 

Suku Cadang

Dari suku cadang yang digunakan, bengkel resmi mempunyai dukungan penuh dari agen pemegang merk mobil.

Bengkel resmi pasti menyediakan dan menjual hampir semua suku cadang mobil. Karena itu, anda tidak harus repot-repot membeli suku cadang di toko apabila anda servis di bengkel resmi.

Sebaliknya, sangat jarang ada bengkel umum yang jual suku cadang. Waktu mobil membutuhkan pergantian suku cadang, anda harus beli dari tempat lain.

Atau anda dapat meminta bantuan bengkel umum untuk membelikan suku cadang tersebut dengan ketentuan dengan biaya tambahan.

 

Ruang tunggu

Semuanya bengkel resmi diperlengkapi dengan ruang tunggu yang bersih dan nyaman. Minimal ruang tunggu itu dilengkapi dengan kursi, meja, AC dan televisi, dan toilet. Kadang-kadang beberapa bengkel resmi juga menyiapkan koneksi internet Wi-Fi gratis. Agar anda semakin nyaman, beberapa bengkel resmi juga menyiapkan minuman seperti air mineral, teh dan kopi dan makanan ringan gratis.

 

Dari Service Reservasi

Apabila anda sedang servis mobil dalam jangka waktu yang lama. Dan anda harus mengantri panjang, anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan bengkel resmi yang menyiapkan fasilitas reservasi.

Anda cukup menelepon ke bengkel, minimal satu hari sebelum hari-H, dan pesan jam khusus untuk servis. Kemudian, anda datiag pada jam yang disepakati dan mobil sesegera mungkin diservis tanpa harus mengantri.

 

Sebaliknya, apabila bengkel umum tidak menyiapkan fasilitas reservasi, kecuali bengkel itu sangat professional. Hal ini mengakibatkan anda harus hadir lebih awal yaitu lebih pagi, jika ingin diservis terlebih dahulu.

 

Sistem Kerja

Servis dibengkel resmi ditangani dengan perlengkapan standar, berkualitas tinggi, dan berteknologi tinggi. Karena itu, “diagnose “, dan perawatan pada mobil dapat ditangani lewat cara akurat dan maksimal. Proses servis di bengkel resmi juga dipandu dengan SOP (standard operating procedure) yang tentu dan dijaga QC (Quality Control) yang ketat.

 

Di sisi yang lain, perlengkapan teknis di bengkel umum jarang yang mempunyai peraltan standard karena mereka tidak bisa beli perlengkapan khusus untuk masing-masing tipe dan merk mobil. Karena itu, apabila teknisi tidak terampil, melakukan perbaikan di bengkel umum bisa mengakibatkan timbulnya kerusakan baru dikarenakan kesalahan penggunaan alat.

 

Teknisi

Bengkel resmi diperlengkapi oleh teknisi professional yang terlatih dan bersertifikat. Pelatihan ditangani langsung oleh APM dan mencakup semuanya tipe yang mengedar resmi di pasar lokal, termasuk mobil-mobil terbaru. Saat APM merelease satu mobil baru, jadi saat itu juga beberapa teknisi bengkel resmi sudah siap untuk menservis mobil tersebut.

 

Tidak jarang ada teknisi bengkel umum yang pernah mempunyai pelatihan resmi dari APM. Beberapa teknisi itu bahkan kadang-kadang pekerja paruh waktu atau amatir. Karena itu, mereka bekerja berdasarkan pada pengalaman dan pengetahuan umum otomotif. Mengakibatkan peluang human error menjadi bertambah karena mereka selalu menggunakan trial and error saat menservis mobil.

Teknisi bengkel resmi juga mempunyai pengetahuan yang lebih mendalam tentang seluk beluk mobil karena mereka hanya mengerjakan satu merk. Sebaliknya, teknisi bengkel umum tidak fokus mengerjakan satu merk saja karena mereka hanya mempunyai pengetahuan garis besarnya saja.

 

Biaya

Apabila dilihat dari sisi biaya, terutama dari bengkel resmi, anda harus membayar biaya service atau suku cadang sama seperti ketentuan. Dan biasanya pembiayaan itu dalam satu tipe paket. Untuk proses di luar paket, anda dikenai tagihan biaya regular. Tetapi apabila di usaha bengkel mobil umum, anda dapat menawar supaya tidak dikenai harga tinggi. Dengan biaya bengkel yang rendah dana yang lain bisa dialokasikan untuk menghemat bbm mobil.

 

 

Catatan Servis

Apabila anda menservis mobil di bengkel resmi, maka bengkel resmi mencatat kondisi kesehatan mobil anda. Karena itu bengkel resmi dapat mengingatkan anda bila waktu pergantian suku cadang atau perawatan khusus waktu anda kerjakan kunjungan setelah itu.

 

Untuk beberapa merk, database catatan kesehatan mobil anda, bahkan sudah online dan bisa di buka di semuanya bengkel yang tergabung dalam jaringan. Jadi anda tidak repot menjelaskan kondisi mobil waktu harus servis di bengkel resmi non-langganan, misalnya waktu anda harus servis di luar kota.

Selain itu, bengkel umum sangat jarang mencatat kondisi mobil untuk bikin database catatan kesehatan. Karena itu, anda harus ikhlas mencatat sendiri semuanya sejarah servis, rusaknya perbaikan dan perawatan mobil.

 

Service Darurat

Apabila di kota-kota besar, beberapa besar bengkel resmi sudah menyiapkan service darurat 24 jam tujuh hari sepekan. Jadi apabila mobil anda mendadak mogok atau rusak di jalan. Anda cukup menelepon bengkel resmi dan meminta bantuan pasti akan tersedia. Bengkel umum juga menyiapkan service itu, tetapi bedanya yakni biasanya bengkel umum tidak menyiapkan dukungan suku cadang.

 

Home Service

Beberapa bengkel resmi, terutama sebagai afiliasi APM, sudah menawarkan fasilitas home service atau servis mobil di rumah. Tetapi anda harus kerjakan reservasi minimal dua hari kerja sebelum tanggal servis supaya bisa mendapatkan service ini.

Tidak mau kalah dengan bengkel resmi, sekarang ini sudah wajar kalau bengkel umum juga sudah menyiapkan fasilitas home service ini.

 

Promosi

Bengkel resmi sangat sering melakukan promosi dalam penawaran potongan harga, pelayanan service atau penjualan suku cadang. Sebaliknya apabila bengkel umum jarang menawarkan potongan harga dan promosi.

 

Demikian tadi penjelasan artikel tentang tips cara memilih bengkel mobil yang tepat untuk mobil. Semoga bisa menginspirasi anda.

 

Salam berkendara aman…

Leave a Reply

Your email address will not be published.