Tips Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Kotor Dan Berdebu

Pada sepeda motor, setiap bagiannya merupakan elemen penting dengan manfaatnya masing-masing.

Sama seperti dengan rantai motor, yang fungsinya untuk menghubungkan dari gear mesin ke gear roda sehingga pada akhirnya roda bisa berputar karena kemampuan mesin dikaitkan oleh rantai motor ke gear roda.

Letaknya yang ada didaerah bawah motor dan dekat dengan roda membuat rantai motor cepat menjadi kotor.

Nah, permasalahannya akan nampak bila Anda kurang memperhatikan perawatan pada rantai motor ini.

Seperti akselerasi motor menjadi tidak lancar, muncul bunyi dari rantai waktu motor dikendarai, bahkan bisa juga berupa rantai lepas dari gear sehingga membahayakan pengendara.

Nah, oleh sebab itu kesempatan kali ini kami akan memberikan tips cara membersihkan rantai motor yang kotor dan berdebu supaya motor Anda benar-benar senantiasa dalam kondisi yang sempurna.

 

Manfaat Rantai Pada Motor

Rantai roda berfungsi untuk melanjutkan putaran mesin dari counter shaft transmisi ke roda belakang sehingga roda belakang berputar dan mendorong laju kendaraan.

Rantai roda terbagi dalam tiga bagian utama, yakni gear depan, rantai roda, dan gear belakang. Gear/sprocket yaitu roda bergigi yang bekerja berpasangan dengan rantai roda.

Gear pada sepeda motor terbagi dalam dua bagian, yakni gear depan yang memiliki ukuran kecil sebagai penggerak (drive) dan gear belakang yang memiliki ukuran besar sebagai yang digerakkan (driven) biasanya disebut dengan gear set.

Gear set dipakai untuk melanjutkan tenaga putar pada poros depan dengan poros belakang yang berbarengan rantai roda.

Penyebabnya Rantai Motor Menjadi Kotor

Sebelum masuk pada penjelasan tips cara membersihkan rantai motor yang kotor dan berdebu, kami akan sedikit membahas beberapa penyebab mengapa rantai motor bisa menjadi kotor.

Sekali lihat saja, kami bisa memastikan anda sudah mengetahui mengapa rantai motor cepat menjadi kotor.

Ya, hal ini dikarenakan posisi rantai yang ada di daerah bawah motor dan letaknya yang dekat dengan roda, sangat mungkin rantai selalu terkena debu dan kotoran.

Keadaan rantai yang di beri oli bekas (motor oil) atau gemuk membuat kotoran seperti debu, pasir, tanah, ataupun lumpur dengan sangat mudah menempel pada rantai motor.

Kadang-kadang kita juga sering asal-asalan dengan banyak melumasi rantai motor dengan oli sehingga rantai penuh dengan gemuk/oli dan sangat mudah membuat kotoran jadi melekat. Oke, segera simak tips cara membersihkan rantai motor yang kotor dan berdebu di bawah ini.

 

Tips Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Kotor Dan Berdebu

Tips cara membersihkan rantai motor yang kotor dan berdebu yang pertama – Buka tutup rantai dan tutup gear.

Agar membersihkan rantai motor menjadi lebih mudah, sebaiknya anda melepas tutup rantai dan tutup gear sebelum anda mulai membersihkannya.

Dengan melepas benda-benda yang menutupi rantai, Anda bisa semakin lebih leluasa membersihkan rantai motor dan pada akhirnya pembersihan rantai juga akan semakin lebih optimal.

 

Tips cara membersihkan rantai motor yang kotor dan berdebu yang kedua – Membersihkan Rantai. Setelah semua tutup dilepaskan, saat ini waktunya untuk membersihkan rantai motor Anda.

Ada cara-cara yang bisa Anda kerjakan yaitu dengan membersihkan rantai memakai air serta sabun, lalu ada juga yang mencucinya dengan bensin, bahkan ada juga yang sampai merendam rantai motor dalam bensin.

Semua cara tadi itu baik karena yang penting menghilangkan sebanyak-banyaknya debu ataupun kotoran yang menepel pada rantai ditahap ini.

Jika memang perlu, pakai juga kuas maupun sikat gigi bekas untuk membantu membersihkan rantai.

 

Tips cara membersihkan rantai motor yang kotor dan berdebu yang ketiga – Pakai pelumas. Nah, setelah rantai motor Anda bersih dari oli, lumpur, tanah, pasir, ataupun kotoran lain, dan pastinya keadaan rantai sudah menjadi kering, lalu saat ini waktu yang tepat anda kembali melumasi rantai motor Anda dengan pelumas rantai khusus yang dibeli di toko sparepart motor atau istilahnya chainlube. Adapula yang menyarankan bahwa kalau “gemuk” lebih efisien dan awet untuk melumasi rantai motor.

 

Tambahan Dalam Membersihkan Rantai Motor

Beberapa orang dalam membersihkan rantai motornya cuma dengan melumurinya kembali memakai cairan chainlube. Secara langsung melumasi rantai motor tanpa membersihkannya terlebih dulu dari debu, tanah, pasir, oli, dan kotoran yang lain. Hal ini dipastikan kurang maksimal.

Maka pastikan anda dalam membersihkan rantai motor dibersihkan terlebih dulu, baru kemudian melumasinya kembali dengan cairan khusus.

Bila motor Anda merupakan motor yang rantai motornya tidak pernah dibersihkan selama bertahun-tahun, mungkin anda membutuhkan cairan WD-40 supaya kotoran, kerak, serta karat yang melekat pada rantai bisa terlepas.

Setelah membersihkan rantai motor, janganlah lupa untuk menempatkan semua bagian dan baut-baut seperti posisi awalnya.

Demikian penjelasan artikel mengenai tips cara membersihkan rantai motor yang kotor dan berdebu ataupun kotoran yang lain. Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini akselerasi motor Anda semakin bertambah cepat.

 

Salam berkendara aman…

Leave a Reply

Your email address will not be published.