Tips Belajar Mengemudi dan Menyetir Mobil Matic Yang Benar

Mobil, adalah salah satu diantara alat transportasi yang sangat bisa diandalkan. Bagaimana tidak, kendaraan ini dapat membawa Anda dan keluarga kemana juga tanpa ada repot.

Tetapi, belajar mengemudi mobil bukan merupakan hal yang mudah dan dibutuhkan kemauan yang kuat dan latihan secara teratur.

 

Secara umum, ada 2 jenis transmisi mobil yakni otomatis (matic) dan manual. Mobil matic semakin banyak diminatil oleh pemula terutama wanita karena pemakaiannya mudah, tidak perlu ribet mengatur persneling (gigi).

 

Dan kelebihan yang lain yaitu waktu terjadi kemacetan seperti di kota – kota besar, Anda tidak perlu ribet mencapai pedal kopling – rem – gas, cukup cuma mencapai pedal rem – gas saja.

 

Bila Anda dapat mengemudi mobil matic ini, Anda dapat pergi kemana saja tanpa perlu menyewa supir.

 

Nah, pada artikel ini kita akan mengulas tips belajar mengemudi dan menyetir mobil matic yang benar. Kenyataanya ada banyak di antara kita yang salah mengenai tata cara pemakaian gear mobil matic sehingga mobil menjadi cepat rusak.

 

Lalu bagaimana tips belajar mengemudi dan menyetir mobil matic yang benar? berikut langkah-langkahnya :

Tips Belajar Mengemudi dan Menyetir Mobil Matic Yang Benar

Langkah pertama yaitu pengenalan feature (fitur) – feature yang ada di dashboard, seperti tombol start, lampu sen, wiper, persneling mobil matic, dan yang lain.

Ini yang paling utama, belajar norma berkendara, dan rambu – rambu jalan raya. Sebelum berjalan, periksa tekanan ban dan air radiator. Pakai sabuk pengaman dan atur letak jok mobil senyaman mungkin.

 

Susunan persneling mobil matic tidak sama dengan persneling mobil manual. Lambang P untuk parkir. R untuk mundur. N netral, D untuk jalan ditempat datar, D-3 ditempat tanjakkan. D-2 dan L dipakai waktu ada di jalan pegunungan yang penuh tanjakan yang lebih curam.

 

Tahap selanjutnya yaitu saat menyalakan mobil matic, yakinkan posisi persneling ada di N atau P. Lalu injak rem terlebih dulu, terlepas rem tangan dengan memencet tombol rem dan tarik rem tangan ke atas, lalu dorong rem tangan ke bawah, lantas tekan tombol start untuk menyalakan mesin. Pindahkan persneling ke posisi D. Bila Anda melepas pedal rem, mobil Anda sudah bisa berjalan.

 

Mintalah bantuan pada pelatih Anda untuk membawa mobil ke lapangan. Coba untuk berlatih ditempat yang luas.

Latihan memeriksa kaca spion kanan & kiri, dan kaca tengah, memegang kemudi setir dengan benar, membelokan kemudi, latihan mencapai rem, dan latihan mencapai gas dengan lembut & stabil.

Jika ingin melakukan posisi berbelok ke kanan cek spion kanan pastikan jalanan kosong. Untuk putar balik ke kanan putar setir mobil hingga full ke arah kanan.

 

Sesudah menguasai di lapangan, coba latihan di jalan gang tempat tinggal Anda sambil menuju ke lapangan.

Ketahui lebar dan panjang tubuh mobil, kurangi kecepatan waktu berpapasan dengan mobil lain di jalan yang sempit.

Latihan mencapai rem dengan lembut waktu ada polisi tidur.

 

Kemudian, coba latihan tanjakan, pakai gigi D-3 untuk tanjakan landai panjang. Pakai D-2 untuk tanjakan yang lebih curam. Waktu berhenti atau macet di jalan tanjakan selain menekan pedal rem, Anda dapat juga menarik rem tangan saat berhenti lama.

 

Latihan parkir lewat cara mundur, cobalah parkir berdempetan dan sejajar dengan mobil lain.

Nah, sesudah Anda mulai mahir mengemudi mobil, hal yang lain yang perlu Anda cermati yaitu saat Anda memakai gear/tuas matic.

Perubahan gear/tuas matic yang salah bisa mengakibatkan gearbox mobil Anda rusak, dan harga gearbox di pasaran sangatlah mahal. Itulah beberapa ketentuan yang bisa menolong mobil Anda tetaplah ‘Sehat’.

Janganlah sekali-kali ganti gear ‘P’ ketika lampu merah.

 

Trik mengemudi saat lampu merah

Langkah yang benar waktu berhenti di lampu merah yaitu :

 

  1. Injak rem kaki.
  2. Masuk gear N (tanpa ada menghimpit tombol pada gear, dorong saja).
  3. Tarik rem tangan.
  4. Terlepas rem kaki.

Waktu akan mulai jalan :

 

  • Injak rem.
  • Masuk gear D (tanpa ada menghimpit tombol gear, tarik saja).
  • Terlepas rem tangan.
  • Terlepas rem kaki.
  • Injak gas.

 

Inilah ketentuan pemakaian tombol pada gear.

  1. Tekan tombol saat perubahan :
  • P ke R.
  • R ke P.
  • R ke N.
  • N ke R.
  • D ke L/D2.
  • L/D2 ke D.

 

  1. Jangan sampai menekan tombol waktu :
  • N ke D.
  • D ke N.
  • D ke D3.
  • D3 ke D.

 

Mengapa tidak diperbolehkan?

Untuk menghindari penghentian perubahan gear (terlajak tolak gear). Bila terlajak, gearbox Anda dapat rusak. Umpamanya dari gear D, Anda menginginkan mendorong ke N.

Jika tidak tekan tombol gear, Anda tidak dapat mendorong lebih jauh karena gear tersekat di N. Namun bila Anda tekan tombol, Anda dapat mendorong gear selalu ke R.

 

Misalnya, pada saat akan menghentikan mobil, Anda akan mendorong ke gear N dari gear D. Karena menekan tombol gear, peluang terdorong ke gear R begitu tinggi.

Bila mobil belum berhenti seutuhnya, gearbox dapat rusak. Akibat perpindahan mendadak dari D ke R tertekan dengan cara tidak disengaja.

 

Demikian tadi artikel tentang tips belajar mengemudi dan menyetir mobil matic yang benar. Semoga bisa bermanfaat bagi anda. Terima kasih

 

Salam berkendara aman…

Check Also

Aplikasi Penghasil Uang Uang Di Laptop, Lumayan Untuk Tambahan Uang Jajan !

Laptop adalah perangkat yang sudah dimiliki oleh sebagian besar orang. Khususnya bagi kalangan pekerja kantoran, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *