Inilah 10 Tips Praktis Agar Sepeda Motor Honda Astrea Semakin Awet

Motor Honda Astrea merupakan salah satu motor yang tahun keluarannya sudah lama dan sekarang tidak mengeluarkannya. Jadi motor ini termasuk motor tua dan perawatannya yang harus rutin dilakukan. Melakukan perawatan harus dilakukan karena agar motor kita tetap awet dan nyaman untuk di kendarai.

Jadi anda harus menyimak artikel ini sampai selesai agar anda dapat mempraktekkannya sendiri di rumah. Langsung saja kita simak tentang 10 tips cara merawat sepeda motor Honda astrea.

 

  1. Apabila terkena hujan lakukan pencucian. Cara yang pertama ini pint penting yang harus dilakukan bahkan ini berlaku untuk sepeda motor merk apapun.

 

Mengapa kita harus melakukan ini? Karena perlu kalian ketahui air hujan itu mengandung kotoran dan zat asam yang dapat menyebabkan pengaratan pada bagian yang rentang terkena. Apabila di biarkan berlarut larut akan menyebabkan pengroposan. Apakah motor anda ingin keropos?

 

Dan jika motor anda sudah ada yang keropos jangan lakukan pengelasan biasa, kalau bisa tambahkan besi pada besi yang keropos agar menjadi lebih kuat dari pada pengelasan biasa.

 

  1. Periksa oli mesin. Penggantian ini sangat penting di lakukan karena oli itu berfungsi untuk melumasi komponen dalam mesin seperti piston, as kruk, noken as dan masih banyak lagi. Apabila anda tidak melakukan pengantian dapat menyebabkan tarikan motor terasa “loyo”.

 

Jika minyak pelumas sudah berwarna hitam pekat dan sangat kental, itu akan membuat daya pelumasannya berkurang sebaiknya diganti dengan oli federal karena ini motor Honda astrea. Cek juga apakah ada yang bocor pada rumah mesin atau tempat oli mengalir. Supaya tidak menjadi masalah yang besar apabila kekurangan pelumas.

 

Pernahkah anda melihat motor 4 tak pada knalpot mengeluarkan asap putih, nah itu di sebabkan karena ada kebocoran pada piston atau pada ring piston yang tidak rapat. Apalagi ini motor tahun lama, jadi anda harus mengeceknya. Larikan saja pada tukang bengkel apabila motor anda mengeluarkan asap.

 

  1. Menservice karburator secara rutin. Karburator merupakan tempat dimana bercampurnya bahan bakar dan udara sesuai setelannya sendiri sendiri. Anda juga dapat meyervice dan membersihkan sendiri karburator di rumah. Supaya anda dapat mengirit beberapa rupiah. Cukup membongkar karburator lalu di bersihkan kotoran dan debu-debu yang menempel menggunakan bensin. Setelah bersih, dilanjutkan menyemprot angina dengan kompresor. Cukup mudah kan ! jadi anda tidak perlu ke bengkel dan tidak mengeluarkan biaya.

 

  1. Mengecek kondisi aki. Aki adalah sumber arus listrik untuk dialirkan ke seluruh komponen yang membutuhkan listrik seperti lampu, klakson, starter dan yang lainnya. Jadi ini harus diperhatikan serius kalau ingin aki anda tahan lama. Sel accu dapat rusak karena air di biarkan melebihi atau kurang dari batas.

 

Jika accu dipaksakan dalam keadaan lemah maka yang terjadi adalah akan mengeluarkan sejenis serbuk yang berwarna putih kalau istilahnya sih korosi, dan serbuk itu kalau di biarkan akan menjalar ke kabel kabel utama yang berhubungan dengan bagian bagian motor seperti kabel yang menuju lampu. Jika sudah menuju pada bagian bagian motor, bahkan dinamo juga akan menyebabkan dinamo bekerja tidak sempurna.

Ini juga perlu di ingat dalam perawatan sepeda motor yaitu sesuatu yang di paksakan, hasilnya pasti tidak baik.

 

  1. Memeriksa rantai dan gear. Jangan di biarkan kalau rantai sepeda motor anda kendor karena itu dapat terjadi terlepasnya rantai tersebut. Dan jangan juga kalau mengencangkannya terlalu kencang itu juga dapat membuat rantai kita putus. Jadi sesuaikan saja, biasanya pada dekat rantai atau pada pelindung rantai terdapat ukuran kekencangan rantai.

 

Sekarang ganti anda periksa gear belakang maupun depan yang terkait dengan rantai. Jika gear sudah tajam bahkan patah pada ujung giginya, maka itu waktunya untuk diganti dengan yang baru. Kalau tidak di ganti itu bahaya loh, karena rantainya dapat putus. Kalau saat perjalanan jauh gimana hayoo…

 

  1. Periksa busi dan kabel koil. Kabel koil adalah kabel penghubung arus ke busi. Jadi kalau motor tidak nyala saat di starter, bukan tidak mungin itu karena kabel koil yang tidak terhubung. Retak retak dan pengerasan kabel itu tanda waktunya kabel untuk di ganti. Begitu pula dengan busi, jangan biarkan kalau busi anda sudah gosong dalam waktu tertentu busi tersebut tidak bisa di pakai. Perhatikan juga kerenggangan pada ujung busi jangan terlalu renggang dan jangan pua terlalu sempit, sesuai dengan setelan pada umumnya saja.

 

  1. Selang bensin. Dan cara yang ke tujuh yaitu pastikan selang dari tangki bahan bakar menuju karburator tidak mengalami kebocoran. Jangan di biarkan sampai bocor kalau sudah ada retakan cepatlah ganti. Jika dalam saluran tersebut terdapat filter atau penyaring pastikan juga bahwa filter tersebut juga bersih. Karena filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran agar tidak masuk ke karburator. Kalau sudah masuk ke karburator itu akan menyebabkan mogok.

 

  1. Periksaa tekanan angin pada ban. Jangan biarkan ban anda kempes saat ingin di gunakan karena membuat keausan ban menjadi tidak rata. Apalagi kalau di jalan berbatu, bisa-bisa motor anda malah bocor. Bisa juga motor menjadi lebih berat tarikannya. Jangan juga melebihi batas maksimal karena dapat membuat pola ban yang rusak. Kalau ban bertekanan pas maka akan membuat pemakainya menjadi nyaman.

 

  1. Lakukan pemanasan. Anda dapat melakukan pemanasan pada sepeda motor Honda astrea selama 1 sampai 2 menit saja. Biasanya kalau motor baru itu lebih lama karena motor tua ini mungkin komponen mesinnya sudah cepat panas. Jangan juga melakukan pemanasan terlalu lama karena jadi buang buang bahan bakar. Hehehe. Melakukan pemanasan ini supaya sirkulasi oli dapat tercampur rata.

 

  1. Membongkar body sepeda motor anda. Motor Honda astrea kan sudah termasuk motor tua jadi biasanya di dalam body yang tidak terkena siram saat di cuci, terdapat kotoran, kerak, debu dan kotoran yang lainnya. Kalau anda seseorang yang rajin pasti anda akan membersihkannya. Lakukan saat anda longgar saja.

 

Mungkina ini saja 10 tips cara merawat sepeda motor Honda astrea yang bisa saya berikan semoga motor anda menjadi terawat dan lebih nyaman untuk di kendarai. Juga anda bisa lakukan sendiri di rumah. Terimakasih dan selamat mencoba.