Cara Praktis Menjaga Kampas Rem Motor Agar Tetap Awet

Rem yaitu salah satu komponen yang sangat penting di dalam kendaraan roda dua dan komponen ini harus ada pada setiap kendaraan. Oleh karena itu, keadaan rem harus senantiasa dalam kondisi yang sempurna dan presisi. Walau demikian kadang-kadang kita sering luput dalam segi perawatan pada rem yang ada pada motor kita. Ketidaksamaan sisstem rem pada satu motor sangat mungkin dipengaruhi oleh perawatan yang diterapkan. Oleh sebab itu kita harus mengerti apa yang dapat kita lakukan dalam menjaga rem tersebut. Nah, dalam artikel ini menjelaskan cara praktis menjaga kampas rem motor agar tetap awet dan beberapa poin yang mungkin saja belum dipahami oleh beberapa pemakai motor.

Penyebabnya Rem Motor Suara Berdecit

 

Kampas Rem kotor

Kotornya kampas rem menjadi salah satu penyebab munculnya suara dari pada rem tersebut, kampas rem kotor berasal dari serbuk logam sisa pengereman atau minyak yang muncul dari minyak rem yang bocor.

 

Permasalahan kampas rem kotor bisa Anda tangani melalui cara membuka komponen tersebut dan membersihkan bagian yang kotor terlebih lagi bagian kampas dengan cara digosok dengan amplas yang halus. Lalukan seluruhnya sehingga tidak ada kotoran yang melekat. Bila tidak demikian, rem akan tetap bersuara walau kampas rem sudah diganti dengan yang baru.

 

Kampas Rem yang tidak sinkron

Menyikapi permasalahan yang satu ini kadang-kadang kita lupa dan memaksakan kehendak yang tidak pada tempatnya, pemasangan setelan kampas rem yang bukanlah satu set bisa bikin rem tidak bekerja maksimal.

 

Misalnya saja motor kita memerlukan kampas dengan merk x walau demikian jadi kita pasangkan dengan kampas merk y. Jadi upayakan beli yang sesuai sama standard yang telah ditetapkan.

 

Piringan Rem Cakram Telah Tipis

Penyebabnya rem cakram suara satu diantaranya datang dari sini, saat komponen itu telah mulai aus hingga daya tekan kampas kurang optimal yang membuahkan suara merdu pada motor.

Solusinya tentunya mungkin juga sudah tahu, yakni dengan lakukan pergantian disc brake yang baru. Tidak ketinggalan juga waktu pembokaran mesti dilakukan pembersihan komponen rem karena tentu masihlah ada sisa kotoran yang bisa menyebabkan masalah yang sama.

 

Kampas Rem Selip

Rutinitas jelek yang tanpa ada diakui oleh beberapa pemakai kendaraan bermotor yakni saat asyik sangat lama menghimpit tuas rem hingga mengakibatkan kampas rem cepat habis dan kehilangan daya waktu rem ditekan.

 

Mengakibatkan selain kampas cepat habis juga ikut memengaruhi kampas kopling sebagai keras. Menjawab semua selekasnya ubah kampas rem dengan yang baru.

 

Kampas Rem Tipis

Permasalahan yang satu ini yaitu masalah yang lumrah saat kampas telah mulai menipis hingga mengakibatkan daya tekan yang makin menyusut hingga membuahkan suara waktu dilakukan pengereman.

Cara Praktis Menjaga Kampas Rem Motor Agar Tetap Awet

 

Berikut ini kami sajikan penjelasan tentang cara praktis menjaga kampas rem motor agar tetap awet yang bisa anda terapkan di kendaraan bermotor anda, diantaranya :

 

  1. Senantiasa memeriksa keadaan dan posisi tromol, intinya sisi penampang dudukan cakram, baik untuk teromol baru ataupun teromol sisa. Bersihkan tromol terlebih dulu dan pastikan penampang cakram dalam kondisi bersih, pastikan permukaan dudukan cakram rata, hal semacam ini mempunyai tujuan supaya piringan cakram berputar dengan cara simetris hingga beban kampas rem tidaklah terlalu berat.

 

  1. Sering bersihkan kaliper dan pin fleksiblenya, hal semacam ini mempunyai tujuan supaya desakan yang didapatkan kampas rem sama rata. Cermati jarak bebas pada piringan dan kampas rem, bila belum prima jadi atur kembali dalam posisi yang pas atau putar roda motor itu dan saksikan piringan cakram tidak dianjurkan menyentuh kampas rem, berikanlah sedikit jarak, itu adalah langkah pengaturan piringan dan kampas.

 

  1. Pastikan bearing roda terlumasi dengan baik dan lakukan pelumasan dengan cara berkala. Sisi ini mempunyai tujuan untuk hindari terjadinya speling pada bearing, dan mengakibatkan dapat bikin piringan cakram bersinggungan dengan kampas rem, permasalahan itu sering dihadapi oleh pengendara motor, langkah tersebut juga sering diaplikasikan oleh penggemar otomotif di Indonesia.

 

  1. senantiasa teratur mengecek minyak hidrolik pada wadah oli rem. Umum terjadi kebocoran jika seringatan kaliper rem punya masalah abkibat pemasangan yang kurang presisi. Kurangnya oli juga memengaruhi kemampuan rem cakram. Pemakaian minyak rem yang berkualitas juga memberi efek positif pada keamanan penggunaan rem itu.

 

  1. tidak sama dengan rem cakram, perawatan rem tromol lebih mudah karena tidak memakai sistem hidrolik. namun, diwajibkan membongkar sistem rem untuk lihat keadaan kampas yang ada di dalamnya, membersihkan kampas rem dari kotoran yang melekat dan sisi dalam tromol yang bersinggungan dengan kampas. Tidak lupa untuk mengecek tali rem yang mungkin saja bikin sistem pengereman sedikit terhalang.

 

  1. Paling akhir, dianjurkan untuk memakai rem dengan semestinya, waktu berkendara upayakan jarak dengan kendaraan di depan tidaklah terlalu dekat, hal semacam ini untuk hindari pemakaian rem yang terus-terusan. Waktu lakukan pengereman dengan cara terus-menerus juga akan menyebabkan kampas rem mudah tergerus, sampai mengurangi usia kampas atau cepat habis. Sesungguhnya menjaga rem tidak susah bila mematuhi panduan dan tips siatas, dan memakai layanan service rem dengan semestinya.

 

Demikian penjelasan artikel tentang cara praktis menjaga kampas rem motor agar tetap awet. Semoga bermanfaat bagi anda dalam menjaga keamana kendaraan bermotor anda.

 

Salam berkendara aman…

Check Also

Aplikasi Penghasil Uang Uang Di Laptop, Lumayan Untuk Tambahan Uang Jajan !

Laptop adalah perangkat yang sudah dimiliki oleh sebagian besar orang. Khususnya bagi kalangan pekerja kantoran, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *