Cara Mudah Membersihkan dan Mencuci Helm Sendiri dengan benar

Helm adalah perlengkapan pelindung kepala untuk pengendara yang biasanya digunakan untuk saat kita mengendarai motor, mobil balap, sepeda, sepatu roda, skate board dan sebagainya. Kita tidak akan pernah tahu bahaya apa yang mengintai kita di jalanan. Helm ini meskipun untuk keselamatan tetapi faktanya ada-ada saja orang yang bandel yang tidak ingin memakai helm dan meremehkan keselamatannya.

Berdasarkan pada informasi yang kami terima bahwasanya ada juga negara yng tidak membolehkan warganya memakai helm. Hal ini dikarenakan adanya cuaca yang panas membuat oksigen yang dihirup saat memakai helm menjadi menipis, akibatnya terjadi banyak kecelakaan karena hal ini.

 

Dengan mengetahui menjaga, merawat dan membersihkan helm sendiri dapat membuat keadaan helm kesayangan anda tetap dalam kondisi baik dan terlihat seperti baru. Selain itu hal ini juga bisa menghindari munculnya aroma kurang enak seperti yang sering terjadi pada helm. Tidak hanya motor ataupun jaket saja yang membutuhkan perawatan, helm juga adalah satu diantara kelengkapan keamanan dalam berkendara, pastinya semakin lebih nyaman saat dipakai dalam kondisi bersih, harum serta kinclong.

 

Layaknya barang yang penting lainnya, helm juga butuh perawatan agar tetap sempurna dan tidak bau. Oleh karena itu, helm harus sering dibersihkan, minimal satu bulan sekali supaya waktu dipakai helm tetap terasa nyaman. Oleh sebab itu, melalui artikel ini saya akan sharing informasi tentang Cara mudah Membersihkan dan Mencuci Helm Sendiri dengan benar.

Membersihkan dan mencuci helm sesungguhnya dapat kita kerjakan sendiri karena hal semacam ini merupakan aktivitas yang gampang dan mengasyikkan. Tapi masalahnya umumnya dari kita yaitu tidak mengetahui cara membersihkan helm yang benar. Akibatnya kita menjadi malas membersihkan helm sendiri. Alasan lain yang cukup kuno yaitu kita tidak memiliki waktu atau kita terlalu repot dengan aktivitas kita untuk membersihkan helm walaupun sebenarnya waktu untuk bersantai kita sangat banyak.

 

Sebenarnya kita juga bisa memakai layanan pencucian helm untuk membersihkan helm. Harganya pun juga tidak terlalu mahal dan sesuai dengan kondisi kantong kita. Tetapi hal seperti ini bila menurut saya kurang baik, mengapa? Karena untuk sekali atau 2 x pencucian helm saja sih tidak jadi masalah, tetapi bila dilakukan berulang kali pasti hal yang semacam ini cukup menguras kantong kita juga.

Sebenarnya kita dapat menekan biaya itu dengan membersihkan sendiri helm kita. Karena alasan malas tadi mengakibatkan helm kita tidak pernah dicuci dan ujung-ujungnya helm menjadi bau dan tak nyaman untuk di gunakan.

Membersihkan atau mencuci helm sesungguhnya cukup mudah dan dapat anda kerjakan sendiri bila anda punya waktu dan tidak malas di rumah. Sebagai seorang pengendara yang kreatif seharusnya melakukan hal semacam ini akan memberi kesenangan tersendiri selain bertujuan untuk berhemat. Lalu bagaimana cara mudah membersihkan dan mencuci helm sendiri dengan benar? Bila anda mempunyai helm yang sangat mahal, tidak ada salahnya anda mengaplikasikan cara membersihkan dan mencuci helm di bawah ini sekurang-kurangnya satu bulan sekali untuk dibersihkan. Caranya sebagai berikut :

 

Cara Mudah Membersihkan Dan Mencuci Helm Sendiri Dengan Benar

Alat dan Bahan :

– Air Bersih

– Shampoo

– Detergen

– Kit helm

– Minyak silikon

– Pengharum

– Kanebo

– Obeng

– Sikat Gigi anak-anak

– 2 buah ember

 

Langkahnya :

 

  1. Sediakan satu ember air lalu campurlah dengan shampoo serta aduk sampai tercampur rata.
  2. Bukalah kaca, gabus dan sisi yang dapat dilepaskan pada helm memakai obeng yang sudah kita sediakan.
  3. Rendamlah gabus helm di air shampoo sepanjang 5-10 menit sembari di kucek-kucek lalu jemur sampai kering (janganlah dibawah cahaya matahari langsung).
  4. Selanjutnya kita bersihkan kaca helm memakai kanebo yang telah di basahi dengan air shampoo. Kerjakan dengan cara perlahan-lahan supaya kaca tidak tergores. Lalu bersihkan kaca helm serta keringkan memakai kanebo kering.
  5. Lalu cuci sisi luar serta sisi dalam helm memakai air detergen. Apabila telah bersih jadi basuh didalam ember yang diisi air bersih, janganlah pada air yang mengalir. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk meyakinkan semua sisi helm sudah terbilas dengan bersih. Lalu jemurlah ditempat yang tidak tersengat cahaya matahari langsung atau dapat dikeringkan memakai pertolongan kanebo.
  6. Paling akhir yaitu bersihkan ventilasi udara pada helm memakai sikat gigi anak-anak. Basahi sikat gigi dengan air detergen lalu sikatlah sisi ventilasi udara. Apabila di rasa bersih jadi cucilah dengan air bersih lalu keringkan. Pemakaian sikat gigi anak-anak dikarenakan ukurannya yang kecil hingga dengan gampang dapat bersihkan sisi paling kecil dari ventilasi udara helm.
  7. Bila semuanya sisi helm telah kering jadi pasangkan lah kembali memakai obeng. Dengan begini maka proses pencucian helm sudah selesai.

 

Langkah tambahan :

 

  1. Semprot sisi dalam helm dengan pengharum helm agar menjadi wangi. Pewangi yang dipakai baiknya yang rendah alkohol sebab alkohol bisa mengakibatkan kerusakan gabus helm.
  2. Supaya helm tampak mengkilap, berikanlah kit helm di bagian luar helm.
  3. Sisi kaca helm, olesi dengan minyak silikon.

 

Nah sahabat sekalian, demikian artikel tentang Cara Mudah Membersihkan dan Mencuci Helm Sendiri dengan benar.

Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna untuk kita semuanya dan dapat memudahkan kita dalam membersihkan helm.