Cara Mudah Melakukan Perawatan Sepeda Motor Sendiri

Sepeda motor merupakan jenis kendaraan yang harus diperhatikan dalam segi perawatan dan pemeliharaannya. Jika kita selalu mengabaikan kondisi sepeda motor, bisa dipastikan motor kita semakin tidak nyaman untuk digunakan.

Biasanya dalam melakukan perawatan, kita mempercayakan service motor kita ke dealer motor yang mempunyai layanan service. Namun, sebenarnya dalam merawat sepeda motor, anda tidak perlu pergi ke dealer. Cukup anda sendiri pun bisa melakukan perawatan sepeda motor hanya dengan ilmu dan teknik sederhana.

Ada yang mengatakan menjaga atau merawat sepeda motor itu sulit, lalu biaya perawatannya juga mahal. Akan tetapi, semua itu bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan peralatan yang sesuai. Walau sebenarnya cara melakukan perawatan sepeda motor sendiri itu sangat gampang.

Namun, dalam kesempatan ini kami akan menginformasikan 5 cara mudah melakukan perawatan sepeda motor sendiri, diantaranya :

#1.  Oli Mesin

Olie berperan sebagai pelicin. Tetapi apakah Anda tahu kalau oli tidak cuma sebagai media pelicin atau pelumas pada bagian-bagian mesin yang bergesekan? Yah, sebenarnya oli juga berperan sebagai peredam panas serta pengikat kotoran yang muncul saat bagian/spareparts mesin bergesekan.

  1. Teliti KUANTITAS oli melalui cara memperhatikan ketinggian oli di stik tanda oli, bila kurang, segera ditambah. Oli mesin dapat menyusut karena menguap ataupun merembes ke ruangan bakar (jika piston telah aus, dapat diliat asap putih yang keluar dari knalpot)
  2. Teliti KUALITAS oli dengan lihat apakah oli telah keruh atau sangat encer. Jika oli dalam kondisi buruk, wajib hukumnya untuk diganti dengan yang baru. Referensi pergantian oli standard yaitu 2000-3000 Km. Ambillah angka tengahnya jadi 2500Km saja.

Selanjutnya pakailah oli yang umum saja, yang buatan dalam negeri. Agar kita bisa berperan untuk menggunakan produk dalam negeri.

 

#2. A. K. I

Aki adalah komponen begitu penting yang seringkali diremehkan. Aki menjadi komponen yang vital pada mesin yang berpedoman sistem pengapian DC. Bila aki mengalami masalah, mesin juga akan mengalami masalah. Demikian halnya sistem kelistrikan, akibatnya nyalam lampu akan menjadi redup dan klakson berbunyi seperti kentut.

Panduan utama menjaga aki :

  1. Teliti ketinggian air. Bila kurang, tambahkan air (H2O)
  2. Teliti tegangan, apakah diatas 12Volt. Bila jauh dibawah 12V, maka haruslah disetrum
  3. Saat pagi hari, pakai kick starter agar aki terisi listrik.
  4. Jangan paksakan memencet electric starter kian lebih 3 detik tanpa ada jeda
  5. Teliti aki dengan cara teratur, ideal satu bulan sekali, namun jika males ya 3 bln. sekali tidak masalah

 

#3. Busi

Busi adalah perangkat juga penting didalam kemampuan mesin. Busi yaitu pemercik bunga api pembakar BBM di ruangan bakar. Bila mesin terdengar seperti tersendat-sendat, cobalah untuk memeriksa keadaan busi.

  1. Bersihkan busi dari kotoran serta kerak yang melekat memakai bensin.
  2. Teliti dan setel jarak elektroda busi ideal sekitar 0, 7mm
  3. Teliti warna busi, apakah merah bata, putih berkerak, hitam berjelaga atau hitam basah
  4. Idealnya, warna busi yaitu merah bata, ini tunjukkan pembakaran yang baik dengan arti supply bahan bakar serta hawa ideal.
  5. Teliti percikan api, apakah masih besar atau tidak. Langkahnya, pasangkan busi pada chop busi, lalu dekatkan ke blok mesin, lantas engkollah kick starter atau pencet saja electric starter, bila masihlah memercik berarti kondisi busi masih bagus.

Jika busi telah keliatan buruk atau walau telah dibersihin tapi mesin masihlah batuk-batuk/ tersendat lebih baik diganti saja.

#4. Karburator

Nah, inilah yang mempengaruhi performa motor, bila perangkat pencampur dan pengabut udara serta bakar ini kotor, jadi mesin tidak berfungsi optimal. Lalu bersihkan apabila itu kotor, bila tidak ingin ribet membuka2, semprotkan saja CARBURETOR CLEANER ke venturi atau nama yang lain lubang masuk karburator/throttle body serta ke lubang busi. Janganlah lupa juga bersihkan filter udaranya serta gantilah bila terlihat usang dan tidak bisa dibersihkan.

 

 

#5. Rantai Dan Gear Set

Teliti dan atur kekencangan rantai. Inilah aturan dalam penyusunan rantai, diantarnya :

  1. Bila rantai melambai, kencangkanlah.
  2. Bila rantai terlalu kencang, kendurkanlah.
  3. Bila rantai kering, lumasilah. Pakai chainlube
  4. Bila rantai telah tak dapat disetel (bila diputar ada yang kencang ada yang kendur), rantai bunyinya lebay serta gear telah tajam2, jadi buanglah serta yang baru belilah.

Pengaturan rantai yang pas akan membuat rantai dan gear menjadi awet dan perpindahan gigi pun akan terasa empuk serta tarikannya mantap.

 

Dengan 5 poin diatas motor Anda akan terasa selalu baru. Namun, hal tersebut akan bergantung pada langkah anda dalam memperlakukan sepeda motor Anda. Sayangi dan rawat motor Anda seperti anda merawat anak anda hehe…

 

Hal-hal dibawah ini merupakan cara bijak memperlakukan motor secara lembut, diantaranya :

  1. Panaskan mesin sebelumnya motor dikendarai dan tidak butuh lama, cukup 1 menit saja.
  2. Tarik choke agar mesin gampang menyala serta agar piston memperoleh supply BBM yang cukup.
  3. Bila pada mesin yang telah berpedoman sistem injeksi, umumnya choke diaktifkan dengan cara otomatis. Tutup tuas choke bila telah dirasa cukup. Pada choke otomatis, ia akan mati sendiri.
  4. Janganlah geber2 motor waktu memanaskan (mengakibatkan kerusakan piston!), ini tak perlu, cukup dichoke serta biarlah 1 menit.
  5. Hidupkan mesin pertama kalinya dengan engkol, bukanlah electric starter.
  6. Kerjakan akselerasi serta deakselerasi (buka serta tutup gas dan pengereman) dengan cara lembut serta bertahap. Terkecuali bakal bikin BBM hemat juga motor awet.
  7. Gunakan BBM yang sesuai sama nilai kompresi mesin. Semakin tinggi oktan belum pasti baik untuk mesin motor Anda.

 

Melalui cara diatas besar kemungkinan motor anda tidak akan terjadi kemogokan dalam perjalanan anda. Jangan lupa selalu menyervis atau merawat motor anda supaya terhindar dari rusak yang lebih parah.

Apabila ditengah perjalanan motor anda mengalami kemogokan, hal yang pertama yang harus anda kerjakan yaitu periksa keadaan aki atau busi motor, mungkin saja aki atau busi anda sudah habis dan lakukan pergantian segera.

 

Demikian artikel tentang cara mudah melakukan perawatan sepeda motor sendiri. Semoga anda terinspirasi. Selamat berkendara aman…