Cara Memoles Body Mobil Agar Tetap Kinclong

Apakah anda menginginkan mobil tetap kinclong? Bagaimana caranya? Untuk apa anda pergi ke salon mobil kalau anda bisa melakukanya sendiri.

Lebih baik anda melakukannya sendiri di rumah, agar biaya pengeluaran anda berkurang. Nah, anda membuka artikel yang benar karena kali ini saya akan membahas tentang ‘tips cara memoles body mobil agar tetap kinclong dengan benar’. Dan proses ini tidak akan terlalu sulit.

 

Mobil yang kusam dan terlihat kotor dapat membuat kita menjadi kesal dan merasa malas untuk mengendarai.

Apalagi meskipun sudah anda cuci berkali-kali tetap kusam dan bahkan tidak menarik. Hal tersebut yang anda butuhkan yaitu merawat dengan benar. Kalau mobil anda menjadi kinclong dan bersih maka akan membuat kita senang dan juga menambah rasa ercaya diri kita bertambah.

 

Kalau anda memang ingin mengerjakan sendiri di rumah anda harus memiliki kesabaran dan ketelitian ketika anda sedang melakukan pemolesan. Bukan berarti anda tidak bisa melakukanya di rumah, justru anda dapat menambah ilmu dan pengalaman dari mengerjakan sendiri. Nah sekarang kita mulai untuk melakukan tahap demi tahap pemolesan. Ingat lakukanlah secara berurutan.

 

  1. Mencuci mobil

Tahap yang pertama yang harus anda lewati yaitu tahap pencucian. Pencucian ini penting di lakukan karena agar kotoran dan debu dapat hilang, sehingga dapat memperlancar anda melakukan proses pemolesan. Sebaiknya anda menggunakan shampoo khusus untuk mobil dan jangan gunakan yang bukan diperuntukan mobil, seperti mengunakan sabun colek atau yang lainnya karena dapat merusak cat mobil anda dalam jangka waktu tertentu. Gunakan juga spons yang permukaanya halus agar tidak menggores dan merusak cat mobil anda. Lakukanlah pencucian ke seluruh bagian mobil, jangan ada yang terlewat.

 

  1. Pemilihan tempat

Pilihlah tempat yang teduh dan jauhkan dari sinar matahari secara langsung karena ketika waktu pencucian busa yang menempel dan belum tersentuh lagi dapat membuat warna cat anda menjadi noda-noda yang terlihat kotor. Waktu yang saya sarankan untuk pencucian yaitu sekitar jam 7 pagi atau sekitar jam 5 sore. Waktu tersebut merupakan waktu yang pas dan tidak terlalu panas. Usahakan juga kalau menyimpan mobil di garansi gunakan kantong mobil, agar cuaca sekitar tidak merusak warna cat anda.

  1. Pemilihan poles yang berkualitas

Pilihlah pemoles yang berkualitas dan juga sudah banyak yang menggunakannya. Cairan pemoles memiliki 2 jenis yaitu Wax dan Hard Shell. Pemoles jenis hard shell memiliki ketahanan yang lebih lama dari pada wax, tetapi harganya memang lebih mahal. Jangan lupa untuk memperhatikan masa berlaku dari cairan pemoles tersebut. Karena jika sudah melebihi masa berlaku maka akan membuat warna cat anda menjadi kusam dan bercak- bercak noda. Oh ya jangan gunakan compound untuk perawatan rutin, kecuali dalam keadaan yang mendesak. Karena compound ini dapat mengikis cat mobil anda jika anda mengunakan terus menerus.

 

  1. Pemolesan

Setelah anda tadi menyelesaikan pencucian dan sebelum melakukan pemolesan lakukan pengeringan terlebih dahulu dengan menggunakan lap yang permukaannya halus agar tidak menggores cat mobil anda. Pengeringan di lakukan agar sisa-sisa air tidak menjadi noda-noda kotor. Sebelum itu siapkan juga alat untuk pemolesan dan juga gunakan lap untuk memoles yag berkualitas tinggi.

 

Pemolesan anda dapat melakukanya dari bagian bawah terlebih dahulu, lalu setelah itu pada bagian atas dan lanjutkan secara berturut. Jangan sampai ada yang terlewatkan, usahakan menyeluruh pada bagian mobil.selesaikan satu bagian dahulu, jangan melakukan pemolesan yang berpindah pindah. Saat anda mulai memoles gunakan spons yang khusus di gunakan untuk memoles. Letakkan atau tuangkan obat poles tersebut ke spons (jika yang anda gunakan obat poles cair) lalu bisa anda gosokkan pada body mobil anda dengan irama berputar atau pun naik turun, usahakan selalu berirama. Biarkan dan tunggu selama sekitar 5-10 menit agar mendapat hasil yang maksimal.

 

Kemudian bersihkan sisa obat poles tadi setelah mongering dengan menggunakan kain/microfiber dan anda tidak perlu lagi memutar atau menaik turun lagi agar hasil yang kita dapat maksimal. pengelapan harus juga menggunakan tahap-tahap jangan langsung ke seluruh body mobil. Setelah anda selesai melakukan pengelapan, anda juga bisa melakukan proses waxing . cara melakukan waxing hampir sama dengan melakukan pemolesan, perbedaannya waxing terasa lebih ringan di banding pemolesan hal ini di sebabkan karena waxing hanya untuk pelapisan saja berbeda dengan pemolesan. Proses waxing tidak perlu menunggu 5 menit atau berapapun sebelum membersihkan sisa-sisanya.

 

Dan jika anda menginginkan warna cat mobil anda tetap bagus maka anda memerlukan perawatan yang khusus. Oh ya pada siang hari tempakanlah mobil anda pada tempat yang beratap atau tidak terkena matahari langsung karena dapat memudarkan warna dan membuat kusam. Ketika hujan cepat-cepatlah untuk segera ditempatkan yang teduh, dan perlu kalian tau air hujan itu jika tidak anda lap segera maka membuat kusam, noda putih dan juga karat pada bagian tertentu.

 

Demikian beberapa informasi tentang ‘tips cara memoles body mobil agar tetap kinclong dengan benar’. Semoga informasi tadi dapat menambah ilmu pengetahuan anda dan juga anda dapat mempraktekkan sendiri di rumah. Ingat bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jadi jangan biarkan mobil anda sampai kusam dan dapat merusak warna cat. Lakukanlah perawatan secara rutin, pemolesan dapat anda lakukan minimal setiap satu bulan sekali. Tapi jangan lakukan pencucian sesering mungkin karena dapat merusak cat mobil. Sekian dari saya dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.