Cara Instal Ulang Play Store yang Hilang Terhapus

Google Playstore bisa dibilang sebagai gudangnya aplikasi dan game untuk perangkat android. Di dalamnya terisi banyak sekali pilihan aplikasi dan game, di mana hampir semuanya bisa didownload dan diinstal secara gratis. Oleh karena itu, ketika Play Store tidak ada di ponsel para pengguna bingung. Yuk, pahami bersama cara instal ulang Play Store yang hilang terhapus dibawah ini.

Sejatinya Google Playstore juga merupakan sebuah aplikasi yang bisa dipasang ataupun diuninstal. Hanya saja, aplikasi ini sudah tersedia secara default di HP android sehingga pengguna tidak perlu melakukan pemasangan secara manual.

Mungkin karena disengaja atau tidak, sehingga Google Play Store tersebut dihapus dari HP android. Lantas, bagaimana cara instal ulang Play Store yang hilang terhapus di HP android? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Instal Ulang Play Store yang hilang Terhapus

 

Hanya butuh beberapa langkah mudah, sebenarnya Anda sudah bisa melakukan pemasangan ulang Google Playstore di perangkat smartphone android. Hanya saja, memang belum semua pengguna mengetahui cara tersebut sehingga mereka akan langsung panik.

Setidaknya ada 2 metode yang bisa dilakukan untuk menginstal ulang Google Playstore di perangkat android. Adapun cara instal ulang Play Store yang hilang terhapus di HP android selengkapnya, yaitu:

Cara 1. Memanfaatkan Situs Penyedia Aplikasi Android

 

Cara yang pertama yakni dengan mengunduh file APK Google Playstore dari situs penyedia aplikasi android lain. Ada banyak jenis situs penyedia APK android yang bisa ditemukan di internet. Salah satunya yang bisa dibilang paling lengkap koleksinya dan terpercaya yakni bernama APKPure.

Langkah 1. Download Google PlayStore APK

  1. Langkah yang pertama Anda buka menu browser di perangkat HP android yang terhapus Google Playstorenya.
  2. Kemudian kunjungi situs APKPure dan ketik “Google Playstore” di kolom Pencarian yang ada di sebalah kanan atas tampilan.
  3. Nantinya hasil pencarian akan ditampilkan. Lanjut dengan klik pada APK Google Playstore, kemudian klik tombol Download yang ada di sana. https://m.apkpure.com/id/google-play-store/com.android.vending
  4. Tunggu sampai proses downloadnya selesai dan file APK Google Playstore akan tersimpan di memori.

Langkah 2. Menginstal Aplikasi Google Playstore

  1. Sebelum menginstal Anda aktifkan dulu fitur Izin Instal Aplikasi dari Luar Playstore. Caranya dengan klik menu Pengaturan >> Biometrik dan Keamanan >> Instal Aplikasi yang Tidak Dikenal >> Google Chrome >> Aktifkan Izin Aplikasi Tidak Dikenal.
  2. Sekarang Anda cari file APK Google Playstore yang sudah didownload tadi. Lalu klik pada aplikasi tersebut.
  3. Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi pop up, kemudian klik tombol Instal.
  4. Tunggu hingga proses instalasi Google Playstore selesai.
  5. Sekarang Anda sudah bisa menggunakan aplikasi Google Playstore seperti biasa di HP tersebut.

Cara 2. Menggunakan HP Lain

Sebenarnya konsepnya hampir sama, namun kali ini Anda tidak perlu mendownload aplikasi Google Playstore lagi.

  1. Langkah yang pertama Anda download dan instal aplikasi APK Extractor melalui Google Playstore di HP lain. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ext.ui
  2. Kemudian jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman utama aplikasi, Anda cari aplikasi Google Playstore.
  4. Jika sudah ketemu, selanjutnya klik ikon Tiga Titik yang ada di sebelah kanan Google Playstore tersebut. Kemudian Anda klik opsi Bagikan.
  5. Tinggal pilih metode untuk berbagi file ke HP yang Google Playstorenya terhapus. Baik itu menggunakan Bluetooth, aplikasi ShareFile atau yang lainnya.
  6. Jika sudah berhasil dikirim, selanjutnya Anda lakukan pemasangan APK Google Playstore seperti cara di atas.

Itulah tadi cara instal ulang Play Store yang hilang terhapus di android paling mudah. Silahkan pilih metode pertama atau kedua, sesai langkah-langkah yang disukai. Semoga informasi di atas bermanfaat.