Beberapa Faktor Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Velg Mobil

Untuk memberi performa mobil pribadi supaya tampak lebih gahah dan keren, modifikasi mobil jawabannya, baik modifikasi interior mobil ataupun modifikasi eksterior pada mobil.

Termasuk juga salah satunya ganti velg standar dengan velg racing.

Umumnya orang berasumsi kalau dengan mengganti velg racing tampilan mobil akan berubah menjadi semakin bagus.

Mobil akan tampak menawan dan pastinya jadi lebih sporty, bahkan juga dapat terlihat lebih garang saat velg standard diganti dengan velg racing.

Akan tetapi ada beberapa hal yang spesial yang butuh diperhatikan saat Anda mempunyai hasrat untuk mengganti velg standar dengan velg racing supaya tampilan mobil tampak semakin bagus bukanlah berkesan jadi semrawut.

Ganti velg adalah satu diantara tipe modifikasi yang umum dikerjakan bagi orang yang memiliki mobil.

Modifikasi itu bisa membuat mobil seolah mempunyai wajah baru dan tampak lebih sporty. Tetapi ganti velg tidaklah sebatas hanya memilih motif, terdapat banyak aspek utama lain yang perlu diperhitungkan.

Seperti sepatu, bila ukurannya kurang pas maka akan mengganggu kenyamanan waktu dipakai jalan. Begitu halnya ganti velg, salah perhitungan bisa bikin mobil itu tidak nyaman dikemudikan, menjadi boros, mengakibatkan kerusakan pada kaki mobil, atau bahkan juga mengakibatkan kecelakaan.

 

Beberapa Faktor Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Velg Mobil

Oleh karena itu, bila Anda mengambil keputusan untuk mengganti velg standard dengan jenis aftermarket, janganlah terburu-buru untuk melihat jenis yang di tawarkan. Cermati dengan bijak beberapa faktor yang harus diperhatikan saat memilih velg mobil, diantaranya :

Spesifikasi

Setiap velg mobil mempunyai ukuran PCD (Pitch Centre Diameter) yang tidak sama. Ukuran PCD velg diputuskan berdasarkan pada jarak pada lubang baut yang satu dengan yang lain.

Ukuran PCD ini bisa diliat pada spesifikasi yang tercantum di velg. Misalnya bila pada velg tercatat 4×100, artinya velg itu mempunyai 4 lubang baut dengan PCD 100 mm.

Selanjutnya yaitu offset, yakni ukuran jarak pada sisi dalam tengah velg dengan permukaan mounting (dudukan) velg pada kaki-kaki mobil.

Ukuran offset memastikan jarak keluar atau masuknya bibir luar velg dari fender mobil, ini karena di pengaruhi ketebalan lingkaran tengah di bagian dalam velg yang akan bersinggungan dengan permukaan mounting velg mobil.

Makin kecil nilai offset maka bibir luar velg makin keluar dari fender, dan demikian sebaliknya makin besar nilai offset bermakna sisi depan velg akan makin kedalam fender.

Spesifikasi lain yang harus juga diperhitungkan yaitu ukuran diameter dan lebar velg, sebab setiap mobil mempunyai ukuran velg optimal.

Oleh karena itu, bila Anda mengambil keputusan untuk mengganti velg dengan ukuran semakin besar dari awalnya, maka sebaiknya penambahan ukuran velg yang diambil masih pada kisaran yang bisa ditolerir, yakni sejumlah 3 step atau di kenal dengan arti up size +3.

Begitu halnya dengan lebar velg, sesuaikanlah dengan batas optimal mobil.

 

Material

Velg aftermarket umumnya terbuat dari tipe logam enteng seperti billet steel, forged alloy, atau magnesium apabila dibanding dengan velg standard yang biasanya terbuat bermaterial baja.

Dengan memakai velg yang lebih enteng tetapi berkualitas, jadi bobot keseluruhnya mobil bisa menyusut tanpa ada tidak pedulikan ketahanan velg tersebut.

Dan dengan kaki yang lebih enteng jadi beban kerja mesin juga menyusut, yang dengan cara automatis ikut kurangi mengkonsumsi bahan bakar.

Misalnya seperti Enkei, Speedline, TRD, Mugen dan Weld Racing yang ada dari mulai ukuran 14 sampai 19 inci dengan harga beragam dari mulai Rp 5 jutaan satu set.

 

Jenis

Tidak bisa disangkal kalau ganti jenis velg bisa mengubah penampilan dan tingkatkan keanggunan dan style satu mobil. Karenanya baiknya sesuai dengan keperluan dan selera, seperti menentukan aliran off road, touring, sporty atau menawance.

Sekarang ini di pasar aftermarket, ada beragam pilihan jenis velg ada yang berupa PALANG atau NGEBLOCK Tetapi ke-2 tipe velg itu mempunyai keunggulan dan kekurangan.

Jenis ngeblock umumnya lebih tahan lama karena jenisnya ada berbentuk utuh. Namun, jenis ini umumnya mempunyai bobot lebih berat dan mempunyai pilihan motif yang terbatas.

Sedangkan jenis palang unggul dalam soal mudah dibersihkannya. diluar itu jenis palang mempunyai bobot yang enteng, hingga bisa mensupport kemampuan mesin dan mobil bisa berakselerasi tambah baik.

 

Perhatikan harga velg racing

Ini yaitu sebagai penambahan, walau sesungguhnya harus juga di perhatikan untuk permasalahan harga velg racing yang ingin dipakai.

Karena akan jadi sia-sia bila tipe dan ukuran telah pas tetapi harga pilih yang murahan. Bahkan juga, kadang-kadang seorang dapat tertipu dengan penampilan velg yang di jual mahal tetapi sesungguhnya velg itu yaitu velg dengan harga terjangkau atau murahan.

Jadi agar dalam beli velg racing itu tidak tertipu dengan harga yang murahan alangkah baiknya Anda mesti mengerti betul lebih dulu berapa harga pasar untuk velg racing yang berkualitas dan sesuai dengan mobil kesayangan anda.

Jangan pernah Anda salah membeli velg racing dengan harga mahal tetapi tidak berkualitas.

 

Demikian tadi penjelasan artikel beberapa faktor yang harus diperhatikan saat memilih velg mobil. Dengan sebagian keterangan di atas, mudah-mudahan akan memberi keringanan untuk Anda ketika akan membeli dan mengganti velg standar dengan velg racing untuk mobil kesayangan Anda.

Pastikan juga kalau dengan memakai velg racing yang sesuai dengan penampilan mobil yang Anda punyai akan tampak lebih gagah, lebih sporty dan tempil lebih menawan dengan performa juga tetap masih dapat dihandalkan.