Bagaimana Cara Merawat Motor Matic Yang Benar Dan Agar Tetap Awet?

Motor matic roda dua di Indonesia mengalami peningkatan penjualan yang sangat signifikan pada setap tahunnya, dengan berbagai merek. Dengan bertambahnya penguna motor matic di Indonesia, saya jadi ingin memberi tips dan cara merawat motor matic yang benar dan juga agar tetap awet. Dikarenakan motor matic membutuhkan perawatan yang khusus. Apalagi sekarang motor kebanyakan menggunakan teknologi injeksi. Bisa dibilang motor matic itu lebih sulit perawatannya di banding motor biasa lainnya. Dan sebenarnya motor matic itu selain perawatan yang rumit, juga ada kekurangan yaitu tidak bisa mengangkat beban yang berat.

Tetapi motor matic juga memiliki kelebihan mungkin itu yang membuat orang Indonesia memilihnya yaitu sangat cocok digunakan dalam keadaan macet, jalan yang menanjak dan juga saat hujan datang. Motor matic itu penggunaannya yang sangat mudah karena tidak melakukan pemindahan gigi atau transmisi, jadi bisa langsung tanjap gas tanpa kehilangan waktu melakukan transmisi. Rem yang di letakan pada posisi tangan kanan dan kiri membuat lebih mudah pengereman dan bahkan mendadak.

Jika anda seorang pengguna motor matic maka anda perlu membacanya sampai selesai, dan berikut ini merupakan cara dan tips merawat motor matic yang benar dan akan lebih tahan lama, yaitu :

1. Yang pertama, panaskan motor anda terlebih dahulu selama 5-10 menit jika ingin memakainya, tetapi bila anda lakukan setiap pagi akan lebih baik. Hal tersebut harus anda jadikan kebiasaan setiap hari. Jika anda menggunakan motor langsung gas tanpa pemanasan terlebih dahulu maka akan terjadi kerusakan jangka panjang karena oli belum naik atau belum tercampur dengan komponen mesin. Seperti halnya kita mau berolahraga kita kan harus pemanasan ringan terlebih dahulu agar tidak terjadi kram otot.

2. Dan yang selanjutnya yaitu jangan anda lakukan perubahan gas yang secara drastis atau mendadak saat mengendarai motor matic anda. Seperti saat anda melaju dengan kecepatan tinggi lalu anda menurunkan gas dan mengeremnya secara mendadak. Dan selanjutnya anda mengegasnya dengan tiba tiba. Karena itu dapat menyebabkan kerusakan juga pada komponen mesin, mungkin dalam jangka waktu tertentu. Hal kebiasaan buruk tersabut banyak dilakukan anak muda sekarang karana katanya sangat seru sekali. Sebenarnya itu kebiasaan yang buruk untuk motor matic anda.

3. Berikutnya anda harus selalu mengecek bahan bakar.

Pengecekan bahan bakar itu juga sangat penting, pada kebanyakan orang kalau belum akan habis orang belum mengisinya, bahkan pada jarum menunjukkan di bawah huruf E. Sebenarnya itu juga kebiasaan buruk karena kalau motor kehabisan bahan bakar itu akan membuat motor jadi tidak tahan lama. Jadi anda usahakan untuk selalu mengisi bahan bakar pada saat jarum mendekati E atau kalau bisa diatas E akan lebih baik.

4. Mengengganti oli secara rutin adalah cara yang keempat.

Penggantian oli motor dilakukan setap speedometer sudah menunjukan angka 1000 km dan untuk penggantian oli transmisi dilakukan setaip angka 5000 km. kalau anda ingin menggantinya lebih cepat tidak masalah, bahkan itu lebih baik. Jika anda terlambat mengganti oli dapat menyebabkan mesin jadi cepat panas, ketahana komponen menjadi berkurang. Selain selalu mengganti oli, anda juga harus selalu mengecek ketinggian oli jangan sampai kekurangan.


5. Tips yang kelima adalah periksalah kondisi aki dan busi.

Komponen tersebut dalam sebuah motor matic adalah hal yang terpenting dan yang perlu dijaga kestabilannya agar tetap perfomece dan juga saat perjalanan jauh tidak terjadi masalah. Jika motor anda motor matic berteknologi injeksi maka kalau aki anda tidak berfungsi untuk menyalakannya sulit sekali bahkan dengan starer manual atau yang sering kita sebut ‘dioglek’. Jika dalam kecepatan tinggi aki dalam kondisi baik akan membuat kecepatan tiggi yang stabil. Gantilah dengan yang baru apabila kondisi aki dan busi sudah rusak atau kurang stabil.

6. Memeriksa roler dan ventbelt.

Kalau roler dan ventbelt sudah rusak atau tidak bekerja sesuai fungsinya, maka anda harus menggantinya yang orisinil. Dikarenakan yang orisinil lebih tahan lama dalam pemakaiannya, memang harganya sangat berbeda tetapi dari pada anda menggantinya berulang kali lebih baik yang berkualitas baik. Kalau motor bebek itu yang di cek bukan roer dan ventbelt melainkan rantai motor dan gear. Pemeriksaan roler dan ventbelt harus dilakukan secara rutin.

7. Anda harus memeriksa ruang transmisi dan mengganti oli shockbreaker.

Ketika dalam pengecekan ruang transmisi usahakan anda memeperhatikan dengan seksama karena biasanya terdapat debu, kotoran dan sejenis yang menggangu ruang bakar tersebut. Pembersihan bisa anda lakukan setiap motor matic anda mencapai 4000 km. selanjutnya penggantian oli shocrkbreak pada saat motor anda sudah menempuh jarak 10000 km. penggantian oli bukan hanya pada oli mesin saja, penggantian oli shocrkbreak itu juga sangat perlu karena agar perputaran yang lebih halus dan nyaman.

Dengan cara dan tips diatas semoga motor matic anda menjadi lebih awet dan nyaman dalam berkendara. Sekarang anda menjadi lebih tau cara merawat motor matic yang benar, jangan ragu untuk mencoba. Dan ini ada juga tips tambahan untuk anda yaitu lakukanlah penggantian ban bila sudah mulai tipis atau pola pada ban yang sudah mulai hilang. Perawatan dan pemeriksaan kendaraan memang sangat penting dilakukan karena untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Demikian informasi yang membahas tentang “bagaimana cara merawat motor matic yang benar dan agar tetap awet”. Dan terima kasih.