Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Dari Motor Satria Fu 150 Dengan Baik?

Motor ini mengalami penjualan yang sangat tinggi pada tahun dikeluarkannya motor satria fu 150. Banyak sekali peminat motor ini, apalagi anak muda. Motor ini kebanyakan diburu oleh kaum anak muda. Mungkin karena bentuk body dari motor itu sendiri dan kecepatan yang lumayan tinggi. Dan ini merupakan motor yang menjadi, yang terbesar dari penjualan motor Suzuki di Indonesia.

 

Sampai di adakannya ajang yang di gunakan untuk promosi besar besaran. Penjualan motor ini di indoesia tidak bisa di perkirakan dan bahkan melampaui target. Motor ini bagi anak muda sangat cocok untuk laki laki, bahkan banyak juga remaja perempuan yang merasa percaya diri menaiki motor ini.

 

Masalah dan solusi untuk motor satria fu 150

  1. Pertama yang akan kita bahas adalah ini yang sering terjadi pada motor jenis ini yaitu pada selang pembuangan sering terjadi penetesan bensin itu adalah tanda baha karburator anda mengalami kebanjiran. Dan masalah ini disebabkan oleh jarum pelampung, kalau belum tau ini berada di dalam mangkuk karburator mengalami masalah. Masalah itu karena kotoran atau debu yang masuk dan terlalu lama disitu dan mengakibatkan skep engontrol tidak stabil. Membersihkan karburator secara rutin dengan cara membongkarnya.

 

Dan jika memang sudah tidak bekerja secara normal segera anda ganti. Kalau tidak ada uang ganti saja dengan karburator smash. Karburator adalah tempat bercampurnya bahan bakar dan udara sesuai setelan, jadi harus di bersihkan secara rutin.

 

  1. Selanjutnya permasalahannya adalah knalpot yang mengeluarkan suara tidak enak, dan itu seharusnya tidak ada. Suaranya seperti ledakan ledakan kecil, kerusakan terjadi apabila anda membiarkannya. Biasanya kerusakan seperti ini yang diserang bagian mesin. Masalah ini juga bisa di sebabkan oleh karburator yang kotor, cobalah anda bersihkan dahulu karburator.

 

Jika masih terdengar gantilah knalpot anda dengan yang ukuran lebih besar yaitu dengan ukuran pilot jet plus (20,0). Kalau ada masalah dengan sensor spidometernya seperti macet, maka mungkin sensor yang kotor, anda tinggal membersihkannya saja. Letak dari sensor tersebut berda di balik pelindung gear didepan mesin. Memang anda harus ekstra teliti untuk mengatasi masalah masalah yang terjadi.

 

  1. Dan masalah yang ketiga yaitu berisiknya lengan ayun, hal ini biasanya terjadi di sebabkan oleh bos arm yang kotor, kering dan berkarat. Maka yang harus anda lakukan adalah dengan membersihkan dan mengamplasnya sampai benar benar bersih dan halus. Jangan lupa juga untuk melumasinya dengan pelumas grease. Sedangkan bila komponen tersebut memang sudah rusak segera lakukan penggantian. Motor keren masak suaranya berisik, jika anda tidak mengatasi masalah di atas.

Nah, setelah tadi membahas tentang masalah dan solusinya, sekarang yang akan kita bahas adalah cara merawat motor Suzuki satria fu 150 dengan baik.

  1. Yang pertama cara perawatan motor, seperti pada motor motor yang lain yaitu dengan memanaskan motor setiap pagi selama beberapa menit saja (sekitar 5 menit saja). Berikut kalau anda ingin memanaskan di pagi hari dengan cara tarik choke terlebih dahulu, kemudian lakukan kick starter dengan beberapa kali saja (sekitar 4x), dan ini dilakukan sebelum kontak menyala.

 

Kemudian kunci kontak dinyalakan, pososi choke tertutup. Kalau mesin sudah nyala jangan tarik gas dahulu sebelum masa pemanasan selesai. Hal di atas dilakukan karena agar bensin sudah masuk ke dalam karbu dan oli sudah naik dan bercampur dengan komponen mesin dan masuk ke celah kecil juga. Dengan begitu maka mesin anda akan mudah start dan normal.

 

  1. Melumasi rantai adalah cara yang kedua dan ini sangat perlu dilakukan agar tidak kering dan bila sudah kering maka dapat menyebabkan percepatan terjadinya putusnya rantai. Dan juga ujung gear menjadi lancip dan bahkan dapat patah. Maka lumasilah sesering mungkin agar tidak terjadi yang tidak kita inginkan. Ciri khas dari motor satria fu adalah rantai yang berisik, itu yang memang banyak terjadi di motor tersebut.

 

  1. Kendarai motor dengan kecepatan konsisten

Kendarailah motor anda dengan kecepatan konsisten, jangan lakukan melepas gas secara tiba tiba lalu anda menariknya secara tiba tiba. Karena itu dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada mesin. Coba kita lihat kalau kita lari, kalau teknik kita memakai teknik marathon maka konsisten dan tahan lama, sedangkan teknik sprint maka cepat tapi mudah cepat lelah atau tidak tahan lama. Begitu pula pada motor kita. Jadi gunakanlah motor pada umumnya.

 

  1. Pasangkan pengaman pada knalpot

Pemasangan pengaman atau penutup ini dilakukan karena agar menjaga kemungkinan terjadi kaki yang tersetrika knalpot. Kebanyakan orang melupakan hal ini, karena kelihatannya sepele. Mungkin dari anda ada yang pernah terkena knalpot, gimana rasanya sakit kan?. Tapi ingat jangan gunakan pipa yang panjang dan menggunakan dudukan plastik, wah itu malah menambah masalah kan!

 

  1. Gunakan oli yang tepat

Suzuki satria fu itu sudah memakai teknologi DOHC dan juga multi valve. Jadi anda harus menggunakan oli yang sintetik. Mungkin yang semi-sintetik juga tidak masalah kalau notor anda si gunakan harian saja, tapi klasifikasinya API sudah SG atau lebih. Dan juga sudah JASO MA. Satria fu 150 membutuhkan oli yang sitetik karena komponen mesin yang rapat, jadi oli harus dapat masuk ke selah selah kerapatan tersebut.

 

Demikian artikel tentang bagaimana cara megatasi masalah dari motor satria fu 150. Semoga motor anda menjadi nyaman digunakan dan lebih tahan lama. Ingat bahwa merawat motor adalah yang terpenting. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.