9 Tips Manjur Untuk Mengatasi Dan Mencegah Mabuk Perjalanan

Ketika anda bepergian jauh dengan menggunakan kendaraan apapun pasti terasa menyenangkan apalagi bersama kerabat atau keluarga.

Tapi jika ada masalah yang mengganggu dan masalah ini merupakan paling sering di alami oleh banyak orang yaitu mabuk perjalanan, Pasti kesenangan anda akan berkurang.

 

Pada ulasan kali ini saya akan membahas tentang “9 tips manjur untuk mengatasi dan mencegah mabuk perjalanan”.

Jika anda sering mabuk perjalanan, anda bisa baca tips dari saya di bawah ini dan bisa anda praktekan sendiri.

 

Pengertian dari Mabuk?

Mabuk merupakan kondisi tubuh kita yang kurang memiliki ketahanan pada lingkungan atau kendaraan, dan di tandai dengan gejala seperti keringat dingin, kepala terasa pusing, mual dan muntah. Setelah itu tubuh kita akan terasa lemas dan seperti kurang tenaga. Hal itu di sebabkan karena dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Penyebab terjadinya mabuk perjalanan

Sebelum kita membahas tips untuk mengatasi dan mencegah mabuk perjalanan, mari kita bahas dulu sebab terjadinya tubuh kita  menjadi mabuk perjalanan. Berikut ini sebab yang sudah banyak di yakini seperti:

  1. Akibat bau yang tajam, seperti dari asap rokok, parfum, pengharum kendaraan dan bau tajam yang lain.
  2. Kadar karbon dioksida yang semakin meningkat di dalam kendaraan dan kadar oksigen yang semakin berkurang.
  3. Akibat terjadinya guncangan pada kendaraan yang di sebabkan oleh jalan yang tidak rata dan bergelombang, pada tikungan. Jika mabuk perjalanan di laut karena gelombang besar atau angin yang menyebabkan goncangan pada kapal dan juga karena yang lain.
  4. Ketika anda melakukan pembacaan pada saat kendaraan masih melaju atau sedang berjalan.
  5. Terjadi penangkapan yang berlawanan pada otak, yang terjadi antara pesan telinga bagian dalam dan pesan mata menuju ke otak. Yang dapat menyebabkan kekacauan pada sistem syaraf pusat otak.

 

9 Tips Manjur Untuk Mengatasi Dan Mencegah Mabuk Perjalanan

Nah, itu tadi beberapa sebab terjadinya tubuh kita menjadi mabuk perjalanan. Sekarang waktunya kita membahas bagaimana untuk mengatasi dan mencegah mabuk perjalanan, berikut ini:

  1. Memilih tempat duduk yang stabil, tempat duduk yang stabil berada pada bagian depan. Usahakan pada bagian depan dan dekat jendela. Tempat tersebutlah yang relative stabil dan nyaman.

 

  1. Jangan terlalu sering anda membungkukan badan ke bawah ketika kendaraan sedang berjalan. Hal tersebutlah yang menyebabkan timbul rasa mual. Biasanya ketika kita membungkukan badan pada saat mainan handphone, membaca buku atau majalah dan kegiatan membungkuk lainnya.

 

Saya sarankan lebih baik anda mendengarkan musik saja, untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan. Mendengarkan musik juga dapat membuat pikiran kita menjadi santai dan rileks.

 

  1. Jangan melihat benda atau apapun yang bergerak dan juga jangan melihat sisi kiri-kanan kendaraan. Hal tersebut juga dapat membuat tubuh kita terasa mabuk. Saya sarankan untuk melihat pada satu pandangan saja seperti sawah atau yang lainnya.

 

  1. Selain itu untuk mencegah mabuk perjalanan anda juga bisa minum obat anti mabuk, sebaiknya anda minum sebelum berangkat sekitar 30 menit. Jangan lupa sebelum anda minum, baca dulu aturan minumnya agar tidak menjadi masalah selanjutnya.

 

Kalau anda tidak ingin yang kemasan, anda juga bisa menggunakan yang alami seperti minum jahe yang diseduh air hangat, perasan jeruk nipis yang juga diseduh air hangat dan jangan lupa diberi gula secukupnya.

 

Dengan cara alami tersebut anda tidak akan menyebabkan rasa kantuk. Selain itu jahe juga memiliki khasiat yang lain.

 

  1. Saya sarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan terlalu banyak dan berlebihan. Apalagi makanan tersebut mengandung lemak dan rasa yang sangat pedas.

Hal tersebutlah yang dapat menyebabkan tubuh anda lebih mudah terasa mual dan muntah.

Jangan juga mengkonsumsi minuman atau apapun yang di dalamnya terkandung campuran alkhohol.

Dan juga hindari makanan yang terkandung bumbu atau racikan yang sifat zat keras. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut dapat mempermudah gangguan pada lambung.

  1. Hindarkan ciuman anda pada sesuatu yang berbau tajam. Seperti jangan menghirup asap rokok, merokok, parfum, aroma buah durian dan yang berbau tajam lainya.

Saya sarankan juga untuk tidak duduk di dekat orang yang sudah muntah atau mabuk perjalanan, jika memang anda belum mabuk perjalanan.

 

  1. Pastikan tempat duduk anda dekat jendela yang sirkulasi udaranya atau jendela yang terbuka. Dengan membuka jendela maka udara di dalam kendaraan tidak terlalu pengap dan akan terasa lebih segar.

 

  1. Jika anda memang mengunakan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan, lebih baik anda istirahat sebentar dan keluar dari kendaraan untuk menghirup udara luar.

Nikmatin saja pemandangan baru di sekiar anda. Anda bisa melakukan istirahat secara rutin dan berhenti di tempat yang sekiranya teduh dan nyaman.

 

  1. Dan yang terakhir apabila rasa mual sudah tidak bisa tertahan, maka sebaiknya anda segera memuntahkannya saja. Dengan begitu maka tubuh akan terasa lebih baik.

Setelah itu coba lakkan sedikit gerakan pada jari tangan dan jari kaki secara berulang agar membuat peredaran darah menuju ke otak menjadi lancar.

 

Demikian beberapa tips dan info yang saya berikan, yang bertemakan tentang “9 tips manjur mengatasi dan mencegah mabuk perjalanan”.

Semoga info tadi dapat berguna untuk anda dan menjadikan perjalanan anda menjadi lebih nyaman. Sekian dari saya dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.