9 Tips Cara Berkendara Saat Malam Hari di Jalan Raya

9 Tips Cara Berkendara Saat Malam Hari di Jalan Raya – Dalam berkendara kendaraan di malam hari berbeda dengan berkendara di siang hari, berkendara malam harus memiliki penglihatan dan konsentrasi yang tinggi.

Serta jarak pandang anda ketika di malam hari juga ikut berkurang. Jadi anda harus lebih ekstra hati-hati dan waspada. Ada berbagai sebab dan alasan ketika anda berkendara malam.

Pada pertemuan kita kali ini saya akan membahas tentang 9 Tips Cara Berkendara Saat Malam Hari di Jalan Raya’.

Mungkin anda dapat membaca beberapa ulasan dan tips yang saya berikan, agar ketika berkendara di malam hari sudah memiliki beberapa bekal informasi.

 

9 Tips Cara Berkendara Saat Malam Hari di Jalan Raya

Berikut ada beberapa tips tentang berkendara saat malam hari, yang mungkin dapat berguna untuk anda dan pengendara yang lain. Berikut ini tips yang saya maksudkan:

  1. Kondisi kendaraan

Anda dapat melakukan beberapa persiapan dan pengecekan pada kendaraan yang akan digunakan. Karena perjalanan malam hari membutuhkan kendaraan yang prima dan siap.

Seperti lampu depan, lampu belakang, lampu indikator dan lampu yang lainnya berfungsi dengan normal.

Kondisi komponen mesin masih bekerja dengan baik, accu masih normal, kaca spion dalam keadaan bersih dan lengkap, rem yang berfungsi dengan baik.

Persiapkan juga ban pengganti beserta alat untuk melakukan penggantiannya.

Selain itu jika anda menggunakan mobil pastikan semua kaca yang berada pada mobil harus bersih luar ataupun bagian dalam.

 

  1. Arah lampu depan yang tepat

Jika lampu anda belum tepat pengarahannya, anda dapat mengubahnya agar tepat. Karena jika lampu depan anda terlalu ke atas maka akan membuat silau bagi pengendara lain.

Setelah terkena lampu yang silau, membuat kemampuan melihatnya menjadi tidak fokus dan sulit untuk melihat.

Dengan begitu bukan tidak mungkin dapat menyebabkan kecelakaan yang sama sekali tidak anda inginkan.

Jangan anda gunakan juga lampu yang tipenya lebih terang dan silau, itu juga sangat mengganggu pengendara lain.

 

  1. Hindari alkhohol

Pada tips yang ketiga ini sangat penting untuk anda perhatikan, yaitu menghidari alkhohol.

Jika anda meminum minuman yang mengandung alkhohol maka akan membuat diri anda menjadi kekurangan kesadaran dan tidak fokus dalam melakukan pengendaraan. Dan juga hindarkan obat-obatan atau sejenisnya yang terlarang.

 

  1. Menjaga jarak

Jaga jarak sangat penting dilakukan karena pandangan malam hari sangat terbatas. Jadi untuk menjaga kalau kendaraan di depan anda melakukan pengereman mendadak.

Dengan demikian anda dapat menghindari benturan dengan kendaraan di depan. Berikan ruang juga bagi pengendara belakang yang ingin menyalip kendaraan anda.

 

  1. Kurangi kecepatan

Pengurangan kecepatan juga sangat penting dilakukan ketika malam hari, apalagi kalu anda belum terlalu mengenal jalan yang anda lalui.

Dengan menyalakan selalu lampu depan kendaraan anda maka anda telah terbantu oleh sinar lampu tersebut.

Menjadikan anda mengetahui kondisi jalan di depan. Tapi anda harus tetap waspada pada kondisi jalan di depan, karena sinar lampu kendaraan tidak begitu luas dan terang dibandingkan dengan sinar matahari siang.

 

  1. Menyalakan lampu

Mungkin tips yang ke enam ini sudah anda pahami dan sering anda lakukan. Menyalakan lampu selain berfungsi sebagai tanda bagi pengendara lain, hal ini juga berguna sebagai penerangan bagi anda sendiri.

 

Tapi perlu kalian ketahui jangan menyalakan lampu jarak jauh apabila tidak digunakan. Jika anda nyalakan selalu dan tidak ada keperluan, maka dapat menyebabkan pengendara yang lain menjadi silau dan itu sangat membahayakan sekali juga untuk anda.

 

Karena membuat pandangan pengendara lain tersebut menjadi hilang dan bukan tidak mungkin mengakibatkan kecelakaan.

Lampu jauh dinyalakan ketika kendaraan anda melaju sendirian dan ragu pada kondisi jalan di depan, agar terlihat lebih jelas.

 

  1. Jika terkena silau kendaraan lain

Pasti anda juga sering terkena sorotan lampu dari kendaraan lain yang ada di depan. Hal yang harus anda lakukan yaitu pandangan melihat pada posisi kiri anda. Agar anda tidak terlalu dibutakan oleh sinar tersebut.

 

Dan anda harus tetap konsentrasi pada jalan dan agak mengurangi lagi kecepatan anda. Dengan begitu anda dapat mengurangi atau meminimalis kemungkinan terjadiya kecelakaan yang tidak bisa anda duga.

 

  1. Berhenti atau parkir kendaraan

Usahakan untuk tidak memarkirkan kendaraan anda pada tempat yang sepi, carilah tempat yang lumayan ramai dan terlihat terang. Setelah itu jangan sampai anda meninggalkan barang berharga anda di kendaraan yang terparkir tersebut.

Kalau ingin lebih aman lagi anda bisa mengunci kendaraan anda sebelum anda meninggalkan kendaraan anda.

Dengan begitu anda dapat mencegah terjadinya masalah yang mungkin saja dan kapan saja terjadi.

 

  1. Persiapkan diri anda

Mempersiapkan diri sebelum terjadi ssuatu yang tidak anda inginkan merupakan hal yang penting. Persiapan yang anda harus bawa sebelumnya yaitu perlengkapan pertahanan diri yang simple barangnya dan tempat penyimpanannya.

Jangan lupa bawa hp, dompet dan barang penting lainnya. Jika terjadi sesuatu anda jangan langsung panik dan bersikaplah yang tenang.

 

Dengan demikian artikel yang bertemakan tentang ‘9 tips cara berkendara saat malam hari agar terhindar dari bahaya’.

Semoga beberapa ulasan di atas tadi bermanfaat bagi anda dan perjalanan ketika malam hari anda menjadi aman dan sampai tujuan.

Oh ya yang perlu anda ingat sekali lagi yaitu bahwa berkendara malam hari itu, jauh berbeda dibandingkan ketika berkendara di siang hari.

Sekian dari saya dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.