8 Tips jitu mengendarai kendaraan mobil dengan aman dan nyaman

8 Tips jitu mengendarai kendaraan mobil dengan aman dan nyaman – Ketika berkendara pada jalan umum kita harus memiliki antisipasi dan persiapan yang matang, apalagi kendaraan yang digunakan adalah mobil.

Jadi harus mempersiapkan lebih dari pada kendaraan roda dua atau sejenisnya. Nah pada pembahasan kali ini, saya akan membahas tentang ‘8 tips jitu mengendarai kendaraan mobil dengan aman dan nyaman’.

 

Alasan mengendarai mobil harus secara aman

Anda dapat memperhatikan beberapa ulasan dan info yang akan saya berikan. Agar ketika anda akan berkendara menggunakan mobil akan lebih aman dan nyaman.

Kalau kita tidak memperhatikan dengan serius tentang berkendara, ada kemungkinan terjadi masalah di jalan.

Karena sekarang jalan raya sudah semakin banyak penggunanya dari berbagai jenis kendaraan, bahkan setiap tahun mengalami peningkatan.

Hal itulah yang harus anda perhatikan lebih dalam, karena tidak sedikit juga sekarang angka kecelakaan di Indonesia.

Keselamatan berkendara di jalan raya itu menjadi hal yang sangat penting ketika berkendara. Kesadaraan tentang keslamatan berkendara pada masyarakat masih pada posisi minim.

Oleh karena itu sekarang sudah banyak pihak yang mengadakan kampanye atau kegiatan yang lain untuk mempedulikan keslamatan berkendara.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya suatu kecelakaan di jalan raya.

Berbagai alasan atau sebab yang muncul dari saksi kecelakaan atau si pengendara, mulai dari mengantuk, rem yang blong dan yang lainya. Maka dari itu kita harus labih paham tentang keslamatan berkendara.

 

8 Tips jitu mengendarai kendaraan mobil dengan aman dan nyaman

Di bawah ini ada beberapa tips jitu untuk pengendara mobil agar aman dan nyaman ketika berkendara di jalan raya. Saya berharap bisa berguna dan bermanfaat bagi anda dan pengendara yang lain.

 

  1. Memeriksa kendaraan

Tips yang pertama ini sangat perlu dilakukan agar ketika di tengah perjalanan tidak terjadi masalah pada mobil anda.

Komponen yang perlu diperiksa seperti minyak rem, pengecekan lampu indikator, memeriksa kebocoran di berbagai komponen mobil yang menggunakan cairan.

Dan juga memeriksa tekanan angin pada semua ban mobil. Usahakan sesuai yang dianjurkan dan dapat anda periksa setiap satu minggu sekali.

Tekanan angin itu juga dapat berpengaruh dari laju kendaraan dan juga keekonomisan bahan bakar yang di pakai walaupun hanya berapa persen saja.

Oh ya jangan lupa untuk melakukan pemanasan pada mesin mobil anda selama 5-10 menit dan itu dapat anda lakukan setiap akan melakukan perjalanan.

Agar mesin mobil memiliki peforma yang tinggi.

 

  1. Beban kendaraan

Jangan biarkan mobil anda terlalu banyak mengangkat beban, tentu saja itu tidak baik. Itu sangat berpengaruh pada keseimbagan mobil dan juga ada rasa yang berbeda ketika di kendarai.

Selain itu kelebihan muatan juga berpengaruh pada bahan bakar yang sedikit lebih baros. Saya sarankan untuk tidak membawa barang yang sekiranya tidak terlalu penting.

Dengan barang yang tidak terlalu banyak akan membuat mobil lebih seimbang dan nyaman untuk dikemudikan.

 

  1. Gunakan sabuk pengaman

Sabuk pengaman atau pada istilah lainya yang disebut dengan safety belt. Gunakan sabuk pengaman tersebut ketika anda berkendara dan gunakan secara baik dan benar.

Yaitu dengan menyilangkan sabuk tersebut dari tulang bahu ke pinggul. Dengan menyilangkan tersebut maka berat badan tubuh anda dapat terjaga dengan baik.

Sabuk pengaman berfungsi sebagai pengaman atau melindungi tubuh si pengemudi dan juga penumpang dari suatu benturan jika terjadi kecelakaan.

Jadi sabuk pengaman merupakan bagian dari keslamatan jiwa anda da penumpang yang lain.

 

  1. Kaca spion

Sebelum anda melakukan perjalanan, sebaiknya anda mengecek dahulu semua kaca spion mobil anda. Kaca spion ini dapat membantu anda dalam menentukan jarak dengan kendaraan yang lain.

Atur semua kaca spion mobil anda agar pengemudi lebih bebas melihat berbagai posisi dari badan mobil anda dan juga dapat melihat keadaan sekitar mobil.

Usahakan untuk sering melihat spion untuk meningkatkan kewaspadaan dan juga mengurangi kelelahan mata.

 

  1. Mengemudi dengan tenang

Ketika anda berkendara mungkin ada suatu hal yang dapat membuat diri anda menjadi emosi. Nah hal tersebutlah yang harus anda kendalikan dan tenangkan.

Dengan bersikap tenang maka akan membuat situasi menjadi tenang juga, walaupun dalam keadaan jalan yang macet dan padat.

 

Ketika mengemudi maka anda harus fokus pada tugas anda, jangan sampai konsentrasi anda terganggu degan beberapa hal seperti menelpon, merokok dan hal lain yang di rasa mengganggu dan tidak perlu.

 

  1. Jaga jarak aman

Dengan melakukan jaga jarak aman dengan kendaraan lain, berguna untuk menghindari kecelakaan yang tidak bisa di duga.

Tidak hanya pada kendaraan di depan anda saja, pada bagian sisi kanan maupun kiri mobil anda harus tetap dijaga.

  1. Trik efisiensi bahan bakar

Anda dapat melakukan sedikit mengefisiensi bahan bakar mobil anda, seperti melepas injakan kaki pada pedal gas dan biarkan mobil anda melunjur, ketika akan melakukan tikungan atau berbelok.

Selain itu anda harus tetap menjaga konsisten gas pada kecepatan tertentu. Jangan melakukan pengegasan secara tiba-tiba, lalu anda mengeremnya secara mendadak.

Selain bahan bakar menjadi lebih boros juga tidak baik untuk keawetan mesin mobil anda.

 

  1. Mematikan mesin

Anda dapat mematikan mesin mobil anda jika dalam keadaan berhenti atau ketika anda melakukan penepian lebih dari 30 detik.

Atau mungkin ketika anda terjebak pada kemacetan dan kendaraan berhenti total. Jika pada posisi berhenti, pastikan gigi pada posisi netral dan rem tangan pada posisi ON.

 

Itu tadi beberapa informasi tentang “8 tips jitu mengendarai kendaraan mobil dengan aman dan nyaman”.

Semoga informasi dan ulasan di atas dapat bermanfaat bagi anda para pengendara. Dan perjalanan dengan mobil anda menjadi aman dan nyaman.

Sekian dan terima kasih.

Check Also

Aplikasi Penghasil Uang Uang Di Laptop, Lumayan Untuk Tambahan Uang Jajan !

Laptop adalah perangkat yang sudah dimiliki oleh sebagian besar orang. Khususnya bagi kalangan pekerja kantoran, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *