7 Tips Berkendara Sepeda Motor Agar Aman Dan Selamat Dari Kecelakaan

7 tips berkendara sepede motor agar aman dan selamat dari kecelakaan – Sepeda motor merupakan suatu alternatif yang diciptakan untuk memperoleh kenyamanan, efisiensi, mudah dan kegunaan yang lainnya.

Kendaraan transportasi darat yang sudah banyak di miliki oleh kebanyakan orang ini adalah salah satu pilihan yang di gunakan banyak orang untuk aktivitasnya setiap hari.

Namun di balik kemudahannya tersebut, kendaraan yang memiliki roda dua tersebut juga memiliki bahaya yang dapat menanti siapa saja, seperti kecelakaan di jalan raya.

Jadi para pengguna kendaraan sepeda motor harus selalu berhati-hati dalam penggunaannya.

Pada artikel yang berjudul ‘7 tips berkendara sepede motor agar aman dan selamat dari kecelakaan’ ini, dapat and abaca dengan seksama agar perjalanan anda menggunakan sepeda motor tetap selamat dan aman.

Alasan anda harus berkendara secara aman

Kendaraan beroda dua ini sekarang sudah dapat dimiliki oleh semua kalangan, karena harga kendaraan yang sudah dapat dicapai dan dapat dimiliki, walaupun sepeda motor yang tidak bermerk kelas atas.

Jadi pengguna jalan raya sekarang juga semakin banyak, dan tidak heran kalau angka kecelakaan di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan.

Memang berkendara menggunakan sepeda motor itu ada sisi yang menyenangkan, tapi dari sisi yang menyenangkan itulah kalau kita lalai dan kurang pengetahuan dalam berkendara, maka akan dapat menimbulkan sisi kerugian dan masalah yang lebih besar.

Tapi perlu kalian ketahui pada kendaraan sepeda motor ini di samping memiliki kelebihan, juga memiliki beberapa kekurangan yang dibandingkan dengan kendaraan yang lain.

Seperti tidak terlindung dari hujan, angina, panas, pulusi, jumlah penumpang yang lebih sedikit dan masih banyak lagi.

Orang memiliki kendaraan sepeda motor bertujuan untuk melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain, dengan keinginan keslamatan dan keamanan terjamin.

7 Tips Berkendara Sepeda Motor Agar Aman Dan Selamat Dari Kecelakaan

Lalu anda jangan lupa ketika ingin mulai berkendara berdoalah terlebih dahulu. Dan berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda gunakan agar terhindar dari kecelakaan:

 

  1. Memeriksa kelengkapan berkendara

Kelengkapan yang pertama yang harus anda bawa yaitu Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Dan surat penting tersebut harus anda bawa selalu ketika berkendara. Selain itu anda juga bisa membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk artisipasi ada masalah yang mungkin membutuhkan kartu tersebut.

 

Kelengkapan yang kedua dalam berkendara yaitu menggunakan helm untuk melindungi kepala anda yang sudah berstandart nasional, gunakan alas kaki, gunakan pakaian yang anda rasa itu nyaman digunakan serta dapat melindungi diri dari cuaca yang berubah.

 

  1. Kondisi sepeda motor

Pastikan kondisi sepeda motor anda dalam keadaan yang prima agar ketika digunakan merasakan kenyamanan dan tidak terjadi masalah di tengah perjalanan anda. Pengecekan juga harus anda lakukan yang mungkin agar lolos dari oprasi kendaraan dulu, seperti semua lampu dapat berfungsi, kaca spion lengkap, sepeda motor yang standart.

 

Setelah itu anda dapat melakukan pengecekan yang lain, contohnya kondisi ban, rem berfungsi normal dan pengecekan yang lain. Saya sarankan ketika anda ingin mulai berkendara sebaiknya melakukan pemanasan mesin motor anda.

 

  1. Kendalikan emosi

Pada keadaan jalan raya sekarang yang sudah terlalu ramai, pasti ada berbagai kejadian yang mungkin dapat menaikkan emosi anda. Jadi anda tidak boleh mudah terpancing emosi oleh pengedara yang lain, karena itu merupakan suatu sifat bodoh yang harus anda ubah mulai sekarang.

 

  1. Jangan gunakan insting

Jangan gunakan insting anda ketika akan belok atau menyalip kendaraan yang lain. Sebaiknya anda tengok dengan mata kepala anda sendiri dan juga jangan menyalip ataupun belok dengan kecepatan yang tinggi. Anda dapat menggunakan pepatah orang jawa ‘alon-alon seng penting kelakon’ yang berarti pelan-pelan yang penting tercapai.

 

  1. Selalu berkonsentrasi

Dalam mengendalikan atau mengendarai sepeda motor anda harus selalu berkonsentrasi agar perjalanan yang anda tempuh selamat sampai tujuan. Jika konsentrasi maupun kesadaraan anda berkurang itu dapat menyebabkan masalah bagi anda seperti kecelakaan.

 

Ada banyak hal yang dapat mengurangi konsentrasi anda yang berakibat fatal, seperti melamun, mengantuk, memikirkan hal yang lain, mabuk dan beberapa hal yang lain. Bisa dibilang dalam berkendara konsentrasi adalah harga mati.

 

  1. Mengalah dan waspada

Mengalahlah pada pengendara lain yang sedang emosi, jangan anda layani kemarahan yang orang tersebut. Karena akan dapat menyebabkan permasalahan yang lebih panjang dan rumit.

 

Jangan lupa untuk selalu waspada kepada kendaraan umum atau kendaraan yang lebih besar. Kendaraan yang harus anda waspadai seperti bus, truk, angkutan umum dan yang lainnya.

 

Sering kita dengar kalau pengguna kendaraan tersebut ugal-ugalan dan tidak jarang juga mengalami kecelakaan dengan berbagai alasan. Jangan melakukan hal yang dapat membuat pengendara kendaraan tersebut emosi dan marah.

 

  1. Tertib dan patuhi rambu-rambu lalu lintas

Jika anda ingin sampai tujuan dengan selamat dan aman, maka anda harus tertib dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Kesalahan yang sering terjadi di jalan raya yaitu menerobos lampu merah, menyerobot perlintasan kereta api, memutar arah di tempat yang tidak diperbolehkan, melawan arus jalan dan berbagai kesalahan yang lain.

 

Dengan melakukan kesalahan tersebut selain dapat membahayakan nyawa kita, itu juga dapat menjadikan masalah pada pihak yang berwajib atau kepolisian. Jadi anda harus menaati peraturan agar tidak terjadi yang masalah yang tidak anda inginkan.

 

Sekian beberapa tips dan info mengenai ‘7 tips berkendara sepeda motor agar aman dan selamat dari kecelakaan’.

Semoga tips di atas dapat membuat anda sampai tujuan dengan selamat ketika berkendara dan saya sarankan untuk selalu waspada juga pada berbagai kejahatan yang terjadi di jalan.

Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.