7 Tips Berkendara Aman Saat Mudik Lebaran

Terasa senang sekali ketika libur panjang telah datang, apalagi libur lebaran. Pasti kebanyakan orang ingin sekali kembali ke kampung halaman.

Tapi jika anda ingin pulang kampung dengan berkendara, anda harus lebih ekstra hati-hati. Nah, pada petemuan kali ini saya akan membahas tentang ‘7 tips berkendara aman saat mudik lebaran’.

Ketika libur lebaran datang maka pasti jalan raya akan lebih padat dari biasanya. Hal tersebut sangat rawan sekali kecelakaan. Dan karena itu saya akan memberikan tips untuk anda dan mungkin bisa anda gunakan dan bermanfaat.

Definisi istilah mudik?

Mudik merupakan tradisi atau budaya pulang menuju kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga besar masing-masing.

Di Indonesia mudik adalah hal atau tradisi yang masih di lestarikan kebanyakan orang hingga saat ini. mudik paling banyak atau paling padat ketika menjelang hari raya Idul Fitri.

Hampir semua jalan raya di indonesia di padati oleh berbagai kendaraan, melebihi pada hari biasanya. Tidak heran juga kalau transportasi umum juga mengalami peningkatan penumpang secara drastis.

Karena jalan raya yang semakin ramai di padati kendaraan, tidak menutup kemungkinan kalau angka kecelakaan juga ikut naik.

Maka dari itu dari berbagai pihak pun ikut berpatisipasi untuk menghimbau para pengguna jalan untuk berhati-hati dan tertib lalu lintas.

Jadi anda juga harus mementingkan keslamatan jiwa anda dan penumpang yang lain. Berikut ini ada beberapa tips yang saya berikan, yang setidaknya untuk mencegah hal atau masalah yang tidak di inginkan:

  1. Cek kendaraan

Mengecek kendaraan di maksudkan agar tidak terjadi masalah dan tidak mengganggu anda ketika di tengah perjalanan anda. Ketika mobil anda prima maka perjalanan anda akan lebih nyaman.

 

Periksa pada beberapa hal yang penting seperti tekanan angin pada ban, kekentalan dan ketinggian oli, kalau anda megunakan kendaraan mobil jangan lupa untuk membawa ban cadangan dan juga yang lainnya.

 

Agar lebih manta panda dapat membawa kendaraan anda ke bengkel, jauh hari sebelumnya. Ketika akan berangkat jangan lupa untuk memanaskan kendaraan terlebih dahulu, agar kendaraan lebih prima.

 

  1. Bersiap untuk cuaca ekstrim

Pada tips yang kedua ini juga sangat penting untuk di perhatikan, yaitu anda harus siap untuk sewaktu-waktu cuaca berubah ekstrim. Kalau musim hujan cuaca tidak bisa di kira-kira, hujan bisa turun secara tiba-tiba.

 

Mungin anda bisa membawa selimut tambahan, untuk ketika cuaca angin dan berkabut. Hal tersebut juga akan mengurangi jarak pandang anda. Jangan memaksakan diri ketika cuaca sangat ekstrim, anda bisa berhenti sebentar hingga cuaca sedikit reda.

 

Agar lebih aman anda bisa menentukan hari untuk berkendara, dengan melihat perkiraan cuaca. Dengan begitu akan terasa lebih aman.

 

  1. Membawa telepon genggam

Ketika anda mulai bingung atau ada masalah, anda bisa menggunakan telepon genggam anda. Pastikan telepon anda terdapat nomor penting, baterai terisi penuh dan memiliki sinyal yang kuat untuk di kota maupun di daerah terpencil.

 

  1. Memilih rute yang aman

Anda bisa membawa peta atau petunjuk yang lainnya, kalau memang anda lupa atau belum mengerti jalan yang akan anda tempuh. Anda juga perlu mengetahui dan dapat menentukan rute atau jalan yang akan anda tempuh, yang sekiranya aman dan terhindar dari kemacetan.

 

Kalau anda sudah mengetahui rute yang aman dan terhindar dari kemacetan, maka perjalanan anda akan lebih cepat sampai dan tidak akan terlalu capek berkendara. Usahakan rute yang anda ambil memilki atau terdapat sarana darurat yang mudah untuk di akses.

 

  1. Waktu istirahat

Ketika anda melakukan perjalanan jauh, bagi pengemudi kendaraan harus memiliki waktu untuk beristirahat. Lakukan istirahat ketika anda merasa sudah capek dan dapat anda lakukan secara teratur.

 

Tubuh anda itu memiliki batas kekuatan dalam melakukan pengemudian, jadi melaukan istirahat sangat diperlukan agar tubuh anda kembali berstamina dan fit kembali. Kalau memang sangat jauh perjalanannya, usahakan ada pengganti untuk mengemudikan kendaraan.

 

Ketika anda melakukan istirahat anda juga bisa melakukan pengecekan pada kendaraan anda. Anda dapat melakukan pengecekan ini setiap kali anda melakukan istirahat. Pengecekan seperti rem, ban, pelumas, lampu, bahan bakar dan yang lainya.

 

  1. Tertib lalu lintas

Untuk seorang pengemudi anda harus selalu tertib berlalu lintas. Karena itu untuk menjaga keslamatan diri anda dan penumpang yang lain. Jangan sampai anda lalai dalam mengendalikan kendaraan dan juga jarak aman dengan kendaraan yang lainnya.

 

Oh ya jangan lupa juga ketika ingin melakukan perjalanan, untuk membawa surat-surat penting seperti KTP, SIM dan STNK. Dan juga pastikan kendaraan anda tidak ada masalah ketika ada oprasi kendaraan. Dengan begitu perjalanan anda akan lancar dan lebih cepat sampai tujuan.

 

  1. Bisa menahan emosi

Dalam suatu perjalanan, apalagi ketika libur lebaran pasti ada berbagai dinamika perjalanan. Usahakan anda bisa menahan emosi ketika ada masalah di perjalanan, apalagi dengan pengguna jalan yang lain.

 

Jangan sampai anda memiliki masalah dengan pengendara lain karena akan menambah masalah anda dan anda tidak akan cepat sampai ke tempat tujuan.

 

Itu tadi beberapa informasi yang bisa saya berikan semoga dapat bermanfaat bagi anda dan menjadikan perjalanan mudik anda aman dan nyaman. Beberapa informasi tentang ‘7 tips cara berkendara aman saat mudik lebaran’ dapat anda praktekkan sendiri ketika akan mudik lebaran. Sekian dari saya dan terima kasih.

Check Also

Aplikasi Penghasil Uang Uang Di Laptop, Lumayan Untuk Tambahan Uang Jajan !

Laptop adalah perangkat yang sudah dimiliki oleh sebagian besar orang. Khususnya bagi kalangan pekerja kantoran, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *