7 Tips Aman Cara Menghindari Pencurian Sepeda Motor

Sepeda motor atau mobil yaitu salah satu benda yang digemari pencuri untuk jadikan tujuan pencurian karena nilainya yang tinggi, fleksibel, dibutuhkan oleh banyak orang dan satu lagi mudah untuk dicuri.

Pencuri kendaraan bermotor profesional biasanya cuma memerlukan kurang lebih satu menit saja dalam menjalankan tindakan kejahatannya.

Dalam melakukan aksinya, seseorang pencuri akan memilih tujuan curian yang paling gampang dimana mereka akan beraksi melalui cara yang cepat dan singkat.

Agar sepeda motor atau mobil (kendaraan bermotor) kita tidak menjadi tujuan mereka, maka kita harus membuat pencuri ini kesulitan saat akan mengambil kendaraan kita sehingga mereka mengurungkan niatnya. Memilih kendaraan bermotor kita sebagai sasaran curian karena sangat repot dan memiliki resiko untuk mereka jika harus berlama – lama mengambil kendaraan kita.

Dalam melakukan aksinya, mereka memakai beragam cara/modus untuk membawa kabur motor jarahan yang berhasil dicuri. Cara atau modus operandi yang sering dipakai oleh pencuri sepeda motor yaitu seperti :

 

  1. Memakai kunci letter T untuk menyalakan paksa mesin motor.
  2. Mengangkut motor kedalam mobil boks atau truk.
  3. Mengakibatkan kerusakan kunci-kunci keamanan yang ada dengan trik khusus lalu membawa kabur motor, dan lain-lain.

 

Perhatikan juga tindakan kejahatan pencurian kendaraan bermotor yang lain yang terkait dengan sepeda motor anda seperti pencurian helm, pencurian aksesori motor, dan lain-lain. Di bawah ini yaitu beberapa saran buat anda dalam menghindari atau mengurangi resiko kemungkinan kehilangan motor.

 

7 Tips Aman Cara Menghindari Pencurian Sepeda Motor

Berikut ini 7 tips aman cara menghindari pencurian sepeda motor yang bisa anda lakukan dan sebisa mungkin dipraktekkan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Parkir Di Tempat Parkir Resmi Serta Aman

Upayakan selalu untuk memarkir kendaraan bermotor ditempat parkir yang aman dan profesional dengan tingkat pengawasan dan keamanan yang tinggi. Apabila bisa pilihlah tempat parkir yang selalu mengecek STNK waktu akan meninggalkan tempat parkir. Ada tiket bukti parkir, ada kamera pengawas cctv serta banyak petugas keamanan yang melindungi di area tempat parkir.

 

  1. Tambahkan Kunci Pengaman Pada Motor

Kunci motor anda dengan kunci-kunci tambahan yang lain sebaiknya tidak sama jenisnya. Misalnya seperti kunci roda, kunci setang rahasia, alarm, kunci gembok, rantai, kunci disc cakram,dan serta lain sebagainya. Jika memang perlu parkir di samping tiang atau pohon lalu lilitkan pakai rantai bersama tiang atau pohon tersebut.

 

  1. Selalu Awasi Motor Anda

Bila memarkir kendaraan di depan rumah baik rumah sendiri atau rumah orang lain serta di tempat umum seperti mini market, sekolah, warung, warnet, wartel, serta lain sebagainya sebaiknya anda selalu mengawasi motor anda. Parkirlah ditempat yang kelihatan dari dalam dan gunakan mata dan telinga anda serta jangan pernah lalai sedikitpun karena pencuri kendaraan bermotor cuma perlu kurang lebih 1/2 menit atau kurang dari itu untuk menggasak motor anda.

 

  1. Hati-Hati dengan Mobil Box, Pickup dan Truk

Perhatikan jenis-jenis mobil di area parkir di samping atau di sekitar parkir motor anda. Pencuri sepeda montor bisa dengan cepat menggotong motor anda lalu membawanya pergi dari anda dengan menggunakan mobil box untuk selamanya.

 

  1. Amankan Barang Bernilai Bawaan Anda

Hati-hati juga pada beberapa barang bernilai yang anda bawa. Bila ada tempat untuk menitipkan helm atau jaket segeraa titipkan ditempat itu. Bila anda cemas dengan tempat untuk menitipkan, anda dapat gunakan kotak atau box motor di belakang sepeda motor ada untuk menaruh barang anda seperti helm, berkas, jaket, jaket jas hujan, duit/uang, alat mekanik, payung, senter, air minum, pakaian ubah, dan lain sebagainya.

  1. Kurangi Perhatian Pencuri Motor

Mengurangi perhatian para pencuri dari pandangan yang kelihatan bagus, baru dan berdaya jual tinggi dengan sistem pengamanan yang kurang begitu disenangi oleh pelaku curanmor. Motor yang telah terlihat buruk atau biasa saja apabila di jual harganya juga akan murah termasuk juga jenis motor yang cukup aman dari pencurian motor.

Tutup motor anda dengan kain penutup motor bisa kurangi perhatian pencuri dan akan menyulitkan pencuri untuk melakukan aksinya. Dengan penutup motor bahan anti air dapat juga membuat perlindungan motor dari kehujanan dari terik sinar matahari.

 

Motor yang sudah aneh, unik, dan apalagi sudah dimodifikasi akan menyebabkan kurang menarik dari orang yang ingin mencuri motor kita.

Bila anda sayang pada motor anda, gunakanlah sistem keamanan yang berlapis dan rahasia dan apabila anda suka, modiflah motor anda menjadi berbeda/nyeleneh dari yang lain supaya pencuri malas mencurinya karena sangat menarik perhatian orang banyak di sekitar tempat parkir.

 

  1. Membina Hubungan Baik Dengan Petugas Parkir dan Tetangga

Untuk lebih aman, bila anda parkir ditempat yang rutin atau dengan kata lain sering parkir disana seperti di universitas, kantor, mini market, warung, dan lain sebagainya, anda dapat membina hubungan baik dengan orang yang ada di sekitarnya.

Sesekali ajaklah petugas parkir ngobrol atau nongkrong agar hubungan baik akan semakin terjalin. Bila kita memiliki uang lebih, kita dapat membelikan rokok ke petugas parkir itu.

Maksudnya supaya tukang parkir tersebut menjadi akrab dengan kita dan otomatis akan mengenali motor yang kita gunakan.

Bila motor kita diusili orang lain maka dengan cepat tukang parkir akan mengetahui dan menindak lanjutinya dengan tegas.

 

Demikian artikel informasi tentang 7 tips aman cara menghindari pencurian sepeda motor. Semoga anda dan sekeluarga bisa terlindungi dari kejahatan pencurian kendaraan bermotor. Aaminn..

Jika aa komentar dan saran. Silahkan meninggalkan komentar di bawah ini.

 

Salam berkendara aman…

 

Check Also

Aplikasi Penghasil Uang Uang Di Laptop, Lumayan Untuk Tambahan Uang Jajan !

Laptop adalah perangkat yang sudah dimiliki oleh sebagian besar orang. Khususnya bagi kalangan pekerja kantoran, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *