7 Kelebihan Sepeda Motor Yang Menggunakan kopling Manual

Motor yang menggunakan kopling manual lebih nyaman dari pada sepeda motor biasa, itu pasti anda pernah mendengar kalimat seperti itu.

Memang kebanyakan orang di Indonesia lebih menyukai sepeda motor yang menggunakan kopling manual dan sepeda motor metic sekarang ini.

Orang yang menyukai kendaraan yang menggunakan kopling manual mungkin di sebabkan karena sangat enteng tarikannya dan biasanya kecepatan yang lebih tinggi.

Kopling jenis ini melakukan pemindahan trasmisi secara manual. Kopling ini pada sepeda motor di kendalikan dari bagian setir sebelah kiri.

Sistim kerja kopling adalah untuk memutuskan atau menghubungkan kedua poros yang berputar, jadi ini dikendalikan oleh tuas atau hendle.

Dan untuk memindahkan gigi transmisi, baik menurunkan atau menambah harus menggunakan hendle tersebut.

Motor yang sering kita sebut dengan motor koplingan ini bekerja secara manual yang terjadi pada putaran mesin maka akan di teruskan pada roda belakang.

 

Kelebihan dari sepeda motor yang menggunakan kopling manual :

  1. Pengendalian Bebas Saat Melakukan Pemindahan Gigi

Saat melakukan pemindahan gigi anda dapat mengatur sesuai dengan keinginan anda dan anda memiliki kendali penuh pada transmisi tersebut.

Karena anda dapat mengendalia terhadap proses pemutusan maupun penghubung pada sistem transmisi tersebut saat mesin melakukan putaran.

Tuas di pasang pada sebelah kiri berguna untuk memudahkan kita untuk melakukan pemutusan atau penyambungan transmisi setiap saat. Itu tadi kelebihan yang pertama dari motor dengan sistem pemindahan transmisi kopling manual.

 

  1. Sangat Responsif

Sedangkan kelebihan yang kedua yaitu sangat responsif, maksudnya kan biasanya pada motor yang menggunakan system otomatis hanya akan responsif ketika pengendara melakukan pemindahan transmisi pada rpm tertentu saja dan ini tidak akan terjadi pada kopling manual.

Kopling manual beda dengan kopling otomatis karena pengendara dapat melakukan pengaturan kapan akan pemutusan atau penghubungan putran mesin.

Hal yang tidak akan anda temui pada motor kopling otomatis, motor metic dan akan anda temukan pada kopling manual yaitu ketika anda menahan tuas kopling dan memutar gas, lalu dilepaskan secara mendadak.

Motor anda akan loncat atau mendadak naik itulah yang akan terjadi. Dan juga menahan tuas kopling akan menambah tenaga.

  1. Pemindahan Akan Menjadi Lebih Halus

Kelebihan selanjutnya dari motor kopling manual adalah ketika kita memindahan gigi akan terasa ringan, dari pada jenis kopling yang lain.

Hal ini di sebabkan karena beberapa dampak yaitu yang pertama dimana kendali yang kita pegang membuat kita menjadi bebas pengendalian nya.

Dan kita atau pengendara dalam memutuskan atau menghubungkan putaran mesin kita dapat melakukan sesuai keinginan.

Selain itu saat tuas kita tahan atau tarik maka transmisi akan terlepas dari putaran mesin jadi dapat menyebabkan pemindahan transmisi kita menjadi halus dan itu dapat kita lakukan kapan saja.

  1. Engine Break Lebih Mudah

Engine break merupakan teknik dimana mesin juga ikut membantu dalam memperlambat laju mesin.

Cara ini memang banyak digunakan dalam suatu balapan, karena ini cara yang tepat untuk mempersingkat wakyu dan jarak pengereman saat akan mengalami tikungan.

Anda pasti juga pernah mendengar istilah ini kalau anda seorang pengendara. Engine break, ini dapat dilakukan ketika anda melaju sangat kencang dan prosesnya juga bertahap.

Anda bisa mengaplikasikan engine break dengan lebih mudah dan ini adalah salah satu kelebihan dari motor kopling manual.

Lakukan, penarikan tuas kopling penuh, lalu anda lepaskan secara perlahan, maka motor anda akan melambat sedikit demi sedikit.

Anda juga bisa melakukan nya dengan menurunkan gigi dan melepas kopling dengan perlahan akan mendapatkan engie break yang sesuai.

Memang konsekuensi dari anda melakukan ini adalah BBM yang lebih banyak terkuras. Sebaiknya kalau anda akan melakukan ini, kendaraan harus mengalami pengereman terlebih dahulu agar kendaraan anda tidak mengalami kerusakan jangka panjang.

  1. Biaya Perawatan Yang Lebih Murah

Anda pasti bertanya masak iya motor kopling biayanya lebih murah. Kalau anda tidak percaya, sebenarnya komponen dari motor yang menggunakan kopling manual lebih sederhana dari jenis kopling yang lainnya.

Karena kalau yang menggunakan kopling otomatis akan membutuhkan part otomatis dan part pendukung lainnya. Sedangkan motor metic pun juga hampir sama sangat memiliki part yang banyak pada transmisi.

Berbeda dengan kopling manual hanya tuas kopling, penarik rumah kopling dan hanya transmisi itu saja. Tidak memiliki part CVT, Belt atau yang lainnya. Perbedaannya kan sangat terlihat, jadi secara tidak langsung perawatan menjadi lebih murah pada sector transmisi.

   6. Mudah Dalam Perawatannya

 

Setelah biayanya lebih murah, sekarang kelebihan selanjutnya yaitu anda diberi kemudahan dalam merawatnya. Mudah dalam merawat ini juga dimiliki dari kelebihan motor kopling otomatis.

 

Anda tinggal mengganti pelumasnya saja transmisi kendaran anda akan menjadi lebih tahan lama. Dan anda harus melakukannya secara rutin.

Berbeda sekali dengan motor metic yang juga harus mengganti oli transmisi secara rutin, pembersihan CTV dan juga ada lagi yang lebih ribet dan itu harus anda lakukan.

  1. Keamanan Yang Lebih Baik

Dan yang terakhir kelebihan dari motor kopling manual yaitu anda mendapat keamanan yang lebih.

Seperti anda pernah melihat orang yang menggunakan motor metic atau motor otomatis, yang tiba tiba motor melaju tidak terkendali karena tidak sengaja atau apa, memutar gas pada posisi tidak netral dan anda pasti tau kejadian selanjutnya.

Nah kejadian seperti itu tidak terjadi pada motorkopling manual karena motor akan mati dengan sendirinya ketika motor tidak pada posisi normal dan tidak menekan tuas kopling.

Jadi gimana motor kopling manual bisa menghindarkan kita dari musibah seperti diatas.

 

Dari 7 kelebihan sepeda motor yang menggunakan kopling manual yang saya berikan di atas, mungkin dapat anda jadikan refrensi atau pertimbagan dalam memilih jenis kendaraan yang menggunakan ketiga jenis kopling tersebut. Semoga dengan membaca artikel diatas dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.