7 Cara Merawat Motor Yamaha Vixion Dengan Benar Dan Mudah

Yamaha vixion merupakan motor dengan kopling manual yang banyak sekali penggemar dan peminat di Indonesia ini.

Motor ini sekarang menggunakan teknologi fuel injection jadi membuat motor ini menjadi lebih irit dan dapat menambah peforma motor.

Dan yang peru kalian tau bahwa sebenarnya teknologi injeksi jarang sekali untuk melakukan perawatan, kalau menggunakan karburator harus melakukan secara rutin perawatannya.

Tapi motor Yamaha vixion keluaran yang pertama ada juga yang menggunakan karburator, tapi saat dikeluarkannya itu masih sedikit peminatnya.

 

Meskipun teknologi injeksi jarang melakukan perawatan, tetapi kita harus melakukan perawatan fitur pendukung kinerja injeksi tersebut.

Pada ulasan kali ini saya akan membahas dan memberi cara perawatan motor Yamaha vixion yang benar.

 

Lebih baik mencegah dari pada mengobati, itulah yang harus menjadi pedoman kita kalau anda memang pecinta motor.

Kalau anda terlambat mengetahui, anda akan mengakibatkan pengeluran biaya yang banyak karena sudah terlalu parah dan harus dibawa ke bengkel. Anda tidak boleh menyepelekan hal hal kecil karena itu dapat berakibat fatal.

Kebanyakan orang sekarang tidak memperhatikan hal hal yang kecil. Bahkan kalau anda terlalu membiarkan hal kecil tersebut dapat mengancam keslamatan jiwa.

Maka dari itu akan saya beri tahu caranya dan anda bisa lakukan sendiri dirumah.

 

7 cara merawat motor Yamaha vixion

 

  1. Melakukan pemanasan motor

Langkah yang pertama yang anda lakukan memanasi motor setaiap pagi selama 5-10 menit. Kalau ingin hasil yang lebih baik menyalaknnya dengan cara manual saja.

Pemansan dilakuka bertujuan agar oli dalam mesin yang masih berada di bagian bawah karena pengendapan agar naik dan bercampur dengan komponen yang bergerak dan juga ke celah celah yang kecil.

Selain itu pemanasan juga berfungsi agar pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar menjadi lebih sempurna.

Langakh pertama ini sangat penting dilakukan dan harus secara rutin agar motor anda menjadi lebih awet juga.

 

  1. Pengecekan rantai

Selanjutnya periksalah jarak bebas rantai, apa bila sudah kendor segera kencangkan. Dan jangan lupa memberi pelumas pada rantai tersebut.

Karena memberi pelumas secara rutin dan membuat rantai lebih awet.

Dan jika tidak maka rantai anda kering akn berpotensi lebih cepat habis atau aus dan bukan tidak mungkin akan putus.

Mengencangkan rantai itu jika tidak anda lakukan akan berakibat rantai lepas dari jalur atau gear dan apabila motor dalam kecepaan tinggi akan dapat juga mengunci roda dan akhirnya berakibat fatal pada keslamatan anda dan motor anda.

Jadi saya sarankan hal ini jangan anda lupakan. Memang kebanyakn orang sering melupakan cara yang satu ini.

 

  1. Pastikan tangki tidak kosong

Cara yang ketiga yaitu tidak membiarkan bahan bakar kosong. Mengapa kita tidak boleh membiarkan bahan bakar kosong karena agar injeksi anda tetap awet tidak ada masalah.

Jika tangki anda kosong berkemungkinan kotoran yang mengendap akan tersedot masuk ke selang kecil yang menuju injeksi, dan akan mengganggu kinerja mesin.

Di dalam tangki terdapat pompa yang berguna memompa bahan bakar menuju ke injeksi melalui selang kecil. Rawatlah tangki anda sebaik-baiknya dan gunakan bahan bakar yang bagus.

 

  1. Periksa oli sesering mungkin

Memeriksa oli sesering mungkin berguna agar tidak terjadi kesalahan seperti kekurangan oli dan telat mengganti oli.

Gantilah oli jika motor anda sudah menempuh jarak dengan maksimal 3000 km. kalau memang sudah berwarna hitam pekat dan kental segeralah diganti karena oli yang begitu tanda bahwa kinerja oli sudah tidak maksimal.

Jika anda tidak mengganti oli maka dapat membuat mesin cepat panas.

 

Masalah penggantian filter oliĀ  anda dapat mengeceknya, apakah masih dalam keadaan baik atau berlubang.

Jika sudah dalam kondisi seperti itu segealah di ganti. Segera diganti agar tidak timbul masalah yang lain.

 

  1. Aki motor

Kalau anda menginginkan aki yang awet, janganlah sekali-kali menambahkan aksesoris atau apapun.

Karena dengan memasang tersebut akan menggunakan arus listri yang besar dan dapat memperpendek umur aki atau menjadi tidak awet. Contohnya seperi pengunaan lampu HID atau klakson dengan ukuran besar.

Oh ya kalau di starter sulit nyala, jangan anda paksakan yaa, karena itu tidak baik untuk keawetan suatu aki.

 

  1. Periksa selalu air radiator

Motor Yamaha vixion ini mengguakan sistem pendinginan radiator. Radiator memang cocok untuk motor yang berkecepatan tinggi, karena dengan radiator sistm pendinginannya lebih baik dari pada sistem pendingin biasa. Ini sangat cocok digunakan pada kemacetan.

 

Periksalah air radiator jika sudah habis lakukan penambahan. Air radiator itu juga perlu penggantian pada setiap jarak tempuh 10.000 km.

Pengantian ini dilakukan Karena di dalam cairan radiator mengandung zat. Jadi supaya tidak karat gantilah walaupun air belum habis. Lakukanlah secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

 

  1. Mengganti filter udara

Dan cara yang terakhir perawatan motor anda yaitu dengan mengganti filter udara setelah motor Yamaha vixion menempuh jarak sekitar 10.000 km.

Jika anda menggunakan motor anda sering di tempat yang berdebu, lakukan penggantian ini sesering mungkin.

Karena jika tidak itu dapat menganggu kinerja injeksi. Perhatikanlah motor anda jika anda memang pecinta motor.

 

Demikian beberapa ulasan yang sudah saya bahas, ingat merawat motor itu sangatlah penting di lakukan, karena kalau kita melakukan perawatan maka kita menjadi jarang ke bengkel.

Bahkan kalau kita mengetauhui kerusakan kecil lebih awal, maka tidak ada kerusakan yang lebih fatal. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda dan dapat mempraktekkan sendiri di rumah.

Sekian dan terima kasih.