6 Tips Cara Menghilangkan Goresan Pada Cat Mobil Dengan Baik

Mobil Tergores?

Hal tersebut sekarang sudah menjadi hal yang biasa karena pengguna mobil yang sudah banyak, jalan raya semakin ramai dan semakin padat.

Jadi tidak heran kalau kebanyakan mobil sekarang banyak yang tergores. Pada bab ini saya akan membahas beberapa ulasan tentang ‘6 tips cara menghilangkan goresan pada cat mobil dengan baik dan benar.

 

Terkadang kalau cat mobil yang terkena goresan, lapisan dasar pada cat mobil tersebut ikut tergores. Jika memang cat dasar ikut tergores dan kelihatannya serius maka itu di perlukan tambal sulam atau mengecet ulang pada bagian yang tergores tadi, untuk hal ini anda bisa menghubungi tukang ahli dalam cat mobil. Tidak jarang juga goresan terjadi karena tagan-tangan yang usil dan disengaja.

 

Apakah yang tergores hanya bagian luar?

Tips yang akan saya bahas kali ini adalah untuk goresan cat mobil yang tidak terlalu parah atau yang terkena hanya pada warna cat bagian luarnya saja. Kalau mobil anda mengalami goresan seperti ini lakukanlah saja sendiri di rumah dengan tips dan cara yang akan saya berikan. Hal tersebut dapat mengirit biaya pengeluaran anda.

 

Goresan yang menggangu.

 

Anda memiliki mobil yang tergores? Hal tersebut pasti menggangu anda dan membuat anda tidak percaya diri dalam pemakaian mobil anda. Karena hal tersebut menggangu keindahan eksterior dari mobil.  Jangan biarkan goresan pada mobil anda dibiarkan terlalu lama, apalagi mobil yang tergores mobil baru anda. Dalam menghilangkan goresan cat mobil bisa di bilang gampang dan juga bisa di bilang susah. Jadi anda harus megetahui langkah dan tahapnya dahulu agar memperlancar anda dalam menangani goresan mobil.

 

Jenis-jenis Goresan.

Sebelum kita melakukan langkah untuk cara menghilangkan goresan pada cat mobil, mari kita mengenal dulu beberapa jenis goresan pada cat mobil. Karena kita ketahui dulu jenis goresan, baru kita bisa menetukan cara peanganannya atau cara mengatasi hal tersebut. Berikut beberapa jenis goresan cat mobil:

 

  • Goresan yang ringan

Goresan ini hanya melukai bagian luar atau warna catnya saja. Goresan yang ringan tidak merusak susunan cat mobil karena tidak menusuk sampai kedalam. Biasanya goresan seperti ini diakibatkan oleh kuku kita sendiri yang tidak sadar ketika kita membuka atau menutup pintu. Selain itu bisa juga karena terkena lap yang kasar, mungkin ketika anda membersihkan menggunakan lap yang permukaannya kasar.

 

Cara menangani hal ini, anda bisa menggunakan obat pemoles untuk menghilangkan goresan tersebut, contohnya seperti wax, stratch remover, kompon atau produk yang lainnya. Ingat gunakan lap yang permukaannya lembut untuk melakukan pemolesan. Gosokkan pada daerah yang terkena goresan dengan teliti dan hati-hati dan bisa anda lakukan berulang kali. Untuk mengembalikan warna cat anda yang bersih dan mengkilap anda bisa menggunakan cairan polish. Cairan tersbut bisa anda dapatkan di pasar atau toko otomotif.

 

  • Goresan sedang

Pada goresan jenis ini kedalamanya sudah mencapai cat dasar mobil anda. Jadi ini bisa di bilang lumayan parah, maka penanganannya pun sudah berbeda dengan yang goresan ringan. Dan cara menghilangkan goresan tersebut yaitu dengan cara membersihkan dahulu bagian mana yang akan anda lakukan penanganan.

 

Pembersihan bisa anda gunakan wax dan grease remover. Setelah anda bersihkan dan benar-benar bersih, selanjutnya anda bisa melakukan pengecetan ulang pada bagian yang tergores. Hal ini dilakukan karena goresan yang ditimbulkan lumayan parah.

 

  • Goresan yang dalam

Nah, pada jenis goresan yang terakhir ini merupakan goresan yang paling parah karena sudah menembus bagian atau lapisan cat dasar dan bahkan mengenai logam body mobil. Goresan ini sudah merusak susunan cat mobil, jadi penanganannya harus lebih ekstra dan serius. Untuk mengatasi goresan yang dalam tersebut yaitu yang pertama anda harus melakukan pengamplasan terlebih dahulu, lakukan pengamplasan secara berulang agar mendapat hasil yang maksimal.

Dan selanjutnya mulailah untuk menyemprotkan cat yang sudah di campur dengan takaran yang pas dengan thinner yang berkualitas tinggi. Memang ini memerlukan ketelitian yang khusus dan pengalaman yang ahli. Kalau anda ragu anda bisa menghubungi ahli atau tukang pengecetan mobil yang anda percaya. Carilah tukang yang berpengalaman dan sudah banyak dikunjungi orang untuk perbaikan cat mobil.

 

Nah, itu tadi beberapa jenis goresan yang sering terjadi pada kebanyakan mobil. Setelah anda sudah mengetahui hal tersebut, sekarang kita akan memulai cara menghilagkan goresan pada cat mobil. Yang saya bahas kali ini untuk goresan yang tergolong ringan dan sedang. Berikut ulasannya:

 

  1. Langkah yang pertama yaitu anda bersihkan dahulu bagian body mobil yang tergores. Ini dilakukan karena agar debu dan kotoran yang menempel dapat hilang dan mempermudah untuk melaukan langkah yang berikutnya.
  2. Selanjutnya anda bisa mencucinya pada sisi body yan terkena goresan, lalu lakukan pengeringan dengan menggunakan kain atau lap sampai benar-benar kering.
  3. Gunakan kompon untuk sebagai bahan pembasmi goresan pada cat. Bisa anda gunakan seperlunya saja dan ratakan menggunakan jari pada seluruh bagian yang tergores.
  4. Langkah berikutnya adalah menggosok dengan hati-hati dengan menggunakan kain atau lap yang permukaannya halus. Hal ini berguna untuk meratakan permukaan body mobil yang tergores, agar mendapat hasil yang bagus.
  5. Jika kompon anda masih ada, lakukan kembali proses pemolesan seperti yang tadi untuk mendapatkan hasil yang seperti yang kita inginkan.
  6. Lihat kembali hasil yang anda lakukan, jika tidak ada goresan yang terlihat maka usaha yang anda lakukan berhasil. Setelah itu supaya cat mobil anda kembali mengkilap dan bersih maka gunakan obat pengkilap cat sebagai tindakan finising.

 

Demikian artikel tentang ‘6 tips cara menghilangkan goresan pada cat mobil dengan baik dan benar’. Semoga beberapa ulasan di atas dapat menambah wawasan kita tentang cara merawat mobil dan juga anda dapat melakukan sendiri di rumah dengan beberapa panduan di atas. Sekian dari saya dan terima kasih.

Check Also

Aplikasi Penghasil Uang Uang Di Laptop, Lumayan Untuk Tambahan Uang Jajan !

Laptop adalah perangkat yang sudah dimiliki oleh sebagian besar orang. Khususnya bagi kalangan pekerja kantoran, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *