6 Cara Mengatasi Motor Yang Berasap Putih Secara Benar

Apakah motor anda mengeluarkan asap putih? Pasti anda merasa kesal dan bingung. Memang jika motor anda mengeluarkan asap, pasti saat anda mengendarainya di jalan raya anda menjadi perhatian banyak orang. Mereka menganggap bahwa anda tidak merawat kendaraannya dengan baik.

 

Saya mau jelaskan dahulu tentang, motor berasap itu apa sih? Motor berasap yaitu suatu kondisi motor yang tidak peforma atau mengalami kerusakan dan hasilnya pada knalpot mengeluarkan asap putih. Kalau mengeluarkan asap yang tidak berwarna itu memang wajar dan tidak menjadi masalah. Sering kita lihat di jalan motor yang mengeluarkan asap adalah motor yang sudah tua. Kalau motor baru mengalami hal tersebut berarti mengalami masalah pada pencetakan atau dalam penggunaan.

Asap ini akan bisa menggangu para kendaraan yang lain dan menjadi polusi udara. Maka dari itu kali ini saya akan membahas ‘bagaimana cara mengatasi motor yang berasap putih dengan baik dan benar’. kalau anda memang masih sayang dengan kendaraan yang anda miliki saat ini, maka harus memperhatikan ulasan di bawah ini dan anda akan mengetahui masalah yang anda hadapi. Berikut ulasan tentang beberapa penyebabnya motor anda bisa mengeluarkan asap dan solusi atau cara mengatasi permasalahan yang mungkin di alami oleh motor anda.

 

  1. Motor tua

Nah, seperti anda ketahui bahwa kalau benda benda yang sudah lama pasti kualitasnya akan menurun. Begitu juga dengan motor seiring bertambahnya waktu motor akan menurun peforma dan kualitasnya. Karena itu disebabkan oleh penggunaan yang sudah terlalu lama dan kerusakan yang timbul. Berbeda dengan motor yang baru karena secara keseluruhan masih baru.

 

Cara mengatasinya dengan melakukan pengecekan pada motor anda secara rutin. Pengecekan yang dilakukan seperti service dan ganti oli dengan rutin. Itu yang bisa anda lakukan untuk dapat mengurangi kerusakan fatal yang tidak terduga.

 

  1. Knalpot yang disemprot oli

Sekarang penyebab yang kedua yaitu knalpot yang disemprot oli, kemungkinan itu bisa saja terjadi. Dengan menyemprotkan oli ke dalam knalpot, maka knalpot tersebut akan mengeluarkan asap putih.

 

Dan solusi dari masalah ini adalah cobalah anda buka knalpot lalu anda hidupkan mesin motor tersebut. Apa yang terjadi, jika sudah tidak mengeluarkan asap lagi berarti memang di semprotkan oli pada knalpot anda. Kalau memang masih mengeluarkan asap putih itu berarti ada kerusakan dalam yang harus di perbaiki.

 

  1. Masalah piston dan ring piston

Bila tahap kedua tadi masih mengeluarkan asap putih, dan memang kalau setiap motor anda di ganti oli mengalami pengurangan jumlah oli. Berarti piston dan ring piston anda sudah tidak peforma lagi, atau mengalami kebocoran pada komponen tersebut.

 

Proses keluarnya asap putih karena ketika mesin bekerja oli merembes melalui jalur kebocoran piston dan ring pisto tersebut. Lalu oli masuk ke ruang bakar dan terbakar, hal tersebutlah yang membuat asap putih keluar. Perlu kalian tau bahwa oli yang terbakar pasti berbentuk asap putih.

 

Cara mengatasi hal ini ialah dengan cara mengeceknya. Pembongkaran harus di lakukan agar kita bisa melihat apakah piston dan ring piston anda masih memiliki kerapatan yang normal atau sudah renggang. Jika memang sudah renggang segeralah ganti dengan yang baru. Jika anda tidak mau melakukan cara ini segeralah motor anda di bawa ke bengkel atau yang ahli masalah motor.

 

Ingat ini bukan masalah yang sepele, jika anda biarkan teralu lama maka bisa saja kehabisan oli mesin dan itu malah menjadi masalah besar. Anda akan banyak lagi mengganti komponen.

 

  1. Pengaruh tiang payung klep

Penyebab berikutnya jika motor 4 tak anda mengeluarkan asap putih yaitu karena pada tiang payung klep mengalami aus. Hal tersebut dapat kita periksa dengan cara lepaskan kaku klep dan per klep lalu masukkan tiang klep tersebut ke dalam botol klep dan ketika anda goyangkan terasa longgar maka yang harus anda lakukan dengan menggantinya dengan yang baru.

 

  1. Botol klep yang longgar

Coba yang harus anda cek selanjutnya pada botol klep. Jika memang botol klep itu longgar keika anda memasang payung klep. Cara mengeceknya seperti yang di jelaskan sebelumnya. Kalau memang sudah tidak bisa di gunakan, segera lakukan penggantian dengan yang baru.

 

  1. Klep anda bocor

Selanjutnya jika memang masih mengeluarkan asap putih anda harus coba mengecek pada klep. Kerusakan pada klep biasanya kebocoran, dan itu biasanya di sebabkan oleh kerak yang sudah terlalu lama menumpuk pada bagian bibir klep. Selain kebocoran kerusakan disebabkan klep yang sudah tidak rata permukannya. Jika tidak rata anda bisa melakukan pengamplasan agar menjadi rata dan setingan yang pas.

 

Dan ada satu lagi yang bisa anda cek yaitu pada seal klep. Karena kalau seal klep tersebut tidak padat pada tiang klep. Maka hal wajib yang harus anda lakukan dengan menggantinya dengan yang baru.

 

Itu tadi beberapa penjelasan tentang Cara Mengatasi Motor Yang Berasap Putih Secara Benar. Mudah mudahan sedikit informasi di atas bermanfaat bagi anda semua yang membacanya. Jika anda ingin memerbaiki motor anda yag berasap sendiri di rumah semoga berhasil. Ingat merawat motor merupakan hal yang terpenting agar tidak terjadi kesalahan yang lebih besar. Jangan lupa beri komentar tentang beberapa ulasan di atas. Sekian dan terima kasih.

Check Also

Aplikasi Penghasil Uang Uang Di Laptop, Lumayan Untuk Tambahan Uang Jajan !

Laptop adalah perangkat yang sudah dimiliki oleh sebagian besar orang. Khususnya bagi kalangan pekerja kantoran, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *