5 Tips Aman Dan Nyaman Mengemudikan Mobil Jarak Jauh Yang Perlu Anda Ketahui

Apakah anda ingin melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kendaraan mobil? Nah, kali ini saya akan mengulas tentang ‘5 tips aman dan nyaman mengemudikan mobil jarak jauh yang perlu anda ketahui’. Jika anda memang ingin melakukan perjalanan jauh, sebaiknya anda membaca dulu beberapa informasi yang akan saya berikan.

 

Yang membaca ini bukan berarti yang punya mobil saja, informasi ini dapat menjadikan tambahan wawasan anda tentang mengemudi mobil. Anda juga bisa menyewa mobil jika ingin berkendara jauh menggunakan mobil. Kendaraan mobil di Indonesia, sekarang memang sudah banyak yang menggunkannya, walaupun tidak semua kalangan yang memilki kendaraan roda empat ini.

 

Penggunaan mobil untuk perjalanan jauh lebih mudah dan membawa lebih banyak orang dari pada menggunakan sepeda motor. Tapi penggunaan bahan bakar lebih banyak dan  jika ingin perjalanan jauh hanya untuk satu orang atau dua saja, itu akan membuat boros dari segi bahan bakar. Jadi anda bisa memilih sesuai kegunaan anda.

 

Mengemudi jarak jauh itu memang sangat melelahkan. Karena perjalanan yang lama dan kita di posisikan pada keadaan yang sama. Jadi kita harus memerlukan ketahanan fisik yang kuat dan beberapa factor yang lain. Mudik atau pulang kampung merupakan budaya orang Indonesia yang hingga saat masih banyak sekali yang kita temui. Itu merupakan salah satu contoh perjalanan jauh yang mungkin anda pernah lakukan.

Berkendara jauh menggunakan mobil memang lebih nyaman dibandingkan menggunakan motor, muatan penumpang juga lebih banyak. Nyaman bukan berarti anda mengabaikan semua persiapan sebelum berkendara. Anda juga harus memperhatikan itu semua dan saya akan memberikan beberapa tips yang mungkin dapat anda jadikan referensi, sebelum perjalanan jauh anda lakukan.

 

Berikut ini ulasan tentang mengemudi mobil jarak jauh dan tips yang saya maksudkan:

 

  1. Kondisi tubuh anda

 

Menjaga kondisi tubuh anda agar tetap prima waktu perjalanan. Dengan menjaga kondisi tubuh maka akan dapat meningkatkan konsentrasi anda dalam mengemudi. Makanlah makanan yang bergizi dan yang dapat meningkatkan stamina anda. Lalu sebelum melakukan perjalanan anda harus sudah istirahat yang cukup, agar di tengah perjalanan anda tidak mengantuk.

 

Usahakan makan ketika akan berangkat jangan terlalu kenyang karena dapat membuat anda ngantuk. Oh ya jangan konsumsi supermen atau minuman yang memilki efek mengantuk. Kalau anda dalam keadaan sakit jangan minum obat Dan biasanya obat itu memiliki efek samping mengantuk.

  1. Kelengkapan kendaraan

 

Jika kondisi tubuh anda sudah prima dan siap untuk mengemudi jarak jauh. Maka yang selanjutnya yaitu perlengkapan mobil anda seperti ban pengganti, alat untuk mengganti ban dan alat yang lainnya. Agar anda siap ketika ban mobil anda harus di ganti pada pertengahan perjalanan. jangan mengandalkan bengkel atau apa, iya kalau bengkelnya ada dan kalau tidak ada. Anda akan repot sendiri mencari bengkel.

 

Sertakan juga surat penting yang perlu di bawa, yaitu SIM, STNK dan KTP. Jangan sampai surat penting tersebut sampai ketinggalan di rumah anda. Pastikan juga kalau mobil anda tidak ada masalah ketika ada oprasi kendaraan.

 

  1. Lakukan istirahat

 

Jika anda merasa capek, jangan segan-segan untuk berhenti. Lakukanlah istirahat agar stamina kembali pulih. Istirahat itu sangat penting di lakukan, anda bisa melakukannya dengan anda keluar dari mobil dan hiruplah udara luar dan lihatlah suasana baru di sekitar anda. Anda bisa mencari tempat istirahat yang suasananya indah dan segar.

 

Jika anda tidak melakukan istirahat dan menahan rasa capek untuk terus melanjutkan perjalanan, maka yang anda dapatkan bisa jadi masalah yang lebih besar. Karena kurang istirahat menjadikan anda kurang konsentrasi dalam berkendara.

 

  1. Mengecek kendaraan

 

Setelah anda selesai melakukan istirahat jangan melanjutkan perjalanan dulu. Anda dapat memeriksa keadaan mesin mobil yang anda kendarai. Seperti air radiator apakah butuh penambahan air, oli masih keadaan bagus, rem masih bekerja normal, tekanan angin dalam ban masih normal, cek ketinggian bahan bakar dan juga yang lainnya. Anda dapat melakukan pemeriksaan ini setiap anda istirahat.

 

Saya sarankan ketika sebelum anda melakukan perjalanan jauh anda dapat menyervice dahulu mobil anda ke bengkel agar tetap peforma tinggi, apalagi mobil anda sudah tahun lama, pemeriksaan harus rutin.

 

  1. Ketika perjalanan

 

Pastikan posisi duduk anda dalam keadaan yang nyaman dan tidak terganggu. Jika kurang nyaman ubah posisi duduk, kusi yang anda duduki, dan sandaran kepala sampai keadaan nyaman. Jangan terima telepon jika anda sebagai si pengemudi, karena itu dapat membahayakan anda dan pengguna jalan yang lain. Konsentrasi anda akan terbagi menjadi dua dan itu dapat menghilangkan konsetrasi ke jalan.

 

Pastikan anda tau cara mengemudi yang benar, dengan memperhatikan keadaan sekitar mobil yang anda kendarai. Pengaturan pengereeman dan pengegasan yang baik. Anda jika ingin pindah jalur, nyalakan lampu sein mobil anda dan perhatikan juga kondisi sekitar mobil anda. Gunakan kaca spion anda dengan sebaik-baiknya.

 

Kalau anda membawa barang bawaan, biasanya orang yang berpergian jauh itu membawa barang yang banyak. Jangan sampai melebihi muatan dan tempat yang tidak cukup, apalagi orang di dalam mobil sangat banyak. karena itu juga dapat membahayakan kita sendiri.

 

Itu tadi beberapa info yang dapat saya berikan untuk anda, tentang ‘5 tips aman dan nyaman mengemudikan mobil jarak jauh yang perlu anda ketahui’. Semoga panduan itu tadi dapat bermanfaat untuk anda ketika ingin melakukan perjalanan jauh dan anda semoga di beri keslamatan sampai tujuan. Setelah perjalanan jauh, jangan lupa untuk melakukan perawatan pada mobil anda. Sekian dari saya dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.