5 Cara Meng-Klaim Asuransi Sepeda Motor Hilang Supaya Cepat Cair

Sistem perlindungan yang diperkembang pihak Asuransi berbentuk khusus, seperti Asuransi kerugian. Asuransi kerugian begitu besar perannya dalam menolong orang-orang waktu alami musibah kehilangan kendaraan sepeda motor, baik kendaraan itu tengah dalam saat angsuran maupun lunas.

Sepeda motor yang Anda punyai bila dalam saat kredit, jadi dengan cara otomatis pihak leasing akan memberi Asuransi bila kendaraan itu hilang dan jika kendaraan sepeda motor Anda sudah tidak dalam angsuran (lunas), jadi Anda dapat mengasuransikan kendaraan itu dengan mencari Asuransi Sepeda Motor yang Bagus.

Tetapi, begitu disayangkan ada banyak orang-orang yang belum tahu langkah mengklaim kendaraan sepeda motor yang hilang. Pastinya Anda tidak perlu cemas, pihak Asuransi akan ganti rugi sepeda motor yang hilang bila mengajukan klaim dilakukan sesuai sama prosedur.

 

Asuransi Motor : Apa Saja Biaya Dan Manfaatnya?

Apakah itu berarti Anda memikirkan pesimis atau bahkan juga meyakini dan menginginkan akan ada musibah dan beberapa hal yg tidak dikehendaki terjadi? Sudah pasti tidak. Ingat slogan “Mencegah tambah baik dari pada mengobati”? Slogan itu nyaris sama dasarnya dengan memakai asuransi untuk menanggulangi kerugian semakin besar di hari esok. Terutama untuk Anda beberapa ingindara sepeda motor yang saat ini memanglah sangat banyak jumlahnya di Indonesia, asuransi motor sangat utama. Dengan membayar asuransi motor yang istilahnya tidak seberapa, terdapat banyak faedah yang begitu besar yang dapat Anda rasakan.

 

Biaya Yang Dibutuhkan

Agar lebih jelas, disini akan diterangkan contoh masalah yang dihadapi oleh Ahmad, dimana ia menginginkan beli motor matic dengan cara kredit dengan harga Rp13 juta. Awal mulanya, Ahmad yang menginginkan kredit motor bersikeras tidak untuk memakai asuransi mengingat ada biaya penambahan yang cukup besar. Tetapi, sesudah diterangkan dengan gamblang, Ahmad pada akhirnya luluh dan bisa tahu kalau pembayaran asuransi TLO (Total Loss Only) sudah otomatis mesti dibayarkan bila menginginkan kredit motor.

 

Ilustrasi perincian biaya asuransi yang biasanya diberikan yaitu seperti berikut. Harga motor matic yang akan dibeli dengan cara kredit oleh Ahmad yaitu Rp13 juta. Nah, biaya asuransi yang dibayarkan yaitu sebesar 2, 5% dari total harga motor itu ditambah dengan biaya administrasi asuransi. Jadi ilustrasinya seperti ini : 2, 5% x Rp13. 000. 000= Rp325. 000 ditambah dengan biaya administrasi Rp25. 000, jadi total biaya asuransi TLO yang dibayarkan yaitu Rp350. 000. Walau Ahmad kelihatannya kecewa dan tidak mau membayar asuransi, apa bisa dibuat karena kredit motor mesti dibarengi dengan asuransi TLO.

 

Lalu disuatu hari sesudah beberapa bulan kredit motor yang cuma tinggal 1 bulan lagi kredit motor, Ahmad terserang musibah. Ia dibegal oleh sekawanan orang tidak bertanggungjawab dan motor juga dirampas. Segera saja Ahmad menelepon polisi dan menghubungi kantor leasing tempat Ia kredit motor. Sesudah merampungkan dan menyerahkan beberapa berkas yang diisyaratkan, Ahmad berhasil lakukan klaim asuransi motor itu.

 

Ahmad memperoleh ganti rugi atas kehilangan motornya itu yang masihlah dikredit sebesar harga motor yang dibelinya. Tetapi, dikurangi nilai penyusutan per-tahun sebesar 10% dari harga motor yang dibelinya. Ahmadberarti memperoleh Rp13 juta dikurangi Rp1. 300. 000. Total yang diperoleh Ahmad sebagai ganti rugi dari motornya yang hilang itu yaitu sebesar, Rp11. 700. 000. Anda dapat pikirkan apabila Ahmad menolak untuk ikuti asuransi motor itu, berapakah banyak kerugian yang perlu dijamin.

 

5 Cara Meng-Klaim Asuransi Sepeda Motor Hilang Supaya Cepat Cair

Motor yang hilang akan dijamin Asuransi dalam kondisi TOL (Total Loss Only), yakni keadaan motor hilang di ruang tempat tinggal, motor hilang di ruang parkiran, pencurian, dan perampasan di jalan. Kehilangan kedaraan roda dua ini pernah dihadapi oleh admin sendiri, di sini saya akan sharing pengalaman pada pembaca supaya mengajukan klaim Asuransi kehilangan sepeda motor cepat cair.

Selekasnya melapor pihak Asuransi atau pihak leasing, ketetapan saat pelaporan 3 x 24 jam. Anda dapat datang segera kekantor atau lewat service umum yang sudah disiapkan oleh Asuransi dengan lewat telepone.

Melapor pada pihak kepolisian setempat atas kehilangan kendaraan Anda. Anda dapat melapor kekantor kepolisian paling dekat, dapat kepolsek atau segera kepolres. Jelaskan urutan peristiwa dengan singkat dan terang, yang nanti pihak kepolisian akan membuat laporan untuk memudahkan surveyor waktu lakukan penelusuran. Jika pihak kepolisian menahan STNK dan kunci motor Anda, pastikan Anda meminta sinyal terimanya.

Buat persiapan dokumen polis, BPKB asli, faktur motor, kunci kendaraan, foto copy KTP, SIM, dan kwitansi kosong tiga lembar bermaterai Rp 6 ribu. Bila motor masihlah saat kredit, pihak Asuransi akan tidak memohon BPKB karena BPKB itu belum di pegang yang memiliki kendaraan.

Setelah data-data sudah komplit dan di terima pihak Asuransi, sesudah itu tim surveyor akan lakukan penelusuran tempat peristiwa perkara dan akan tiba kerumah Anda untuk melakukan wawancara tentang urutan peristiwa, bertanya ada tidaknya STNK dan jumlah kunci kendaraan yang dipunyai dan lain sebagainya.

Sistem pelaksanaan dan sampai pencairan akan usai kurun waktu sekitaran 30 hari kerja, kurun waktu itu tanyakan pada pihak Asuransi atau leasing apakah klaim Anda sudah cair, umumnya baik pihak Asuransi ataupun leasing akan menghubungi Anda kalau kalim Anda sudah cair dan dapat diambil.

Ganti rugi yang akan diterima biasanya dilihat dari harga jual kendaraan itu apabila sepeda motor masih dalam angsuran maka akan dilihat berapakah kali angsuran yang dilakukan dan akan dipotong 1 bulan Angsuran karena pada bulan terjadinya musibah kelihangan kendaraan roda dua, Anda tidak disuruh untuk mengangsur pembayaran.

 

Penolakan klaim dari pihak Asuransi mungkin terjadi, supaya terlepas dari penolakan baiknya Anda cermati apa sajakah sebagai argumen penolakan itu.

Demikian saya infokan sesuai sama pengalaman supaya klaim Asuransi kehilangan kendaraan Sepeda motor cepat cair, mudah-mudahan dapat berguna untuk semuanya pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.