4 Tips Berkendara Jarak Jauh Agar Tetap Aman Dan Nyaman

4 Tips Berkendara Jarak Jauh Agar Tetap Aman Dan Nyaman – Untuk anda yang suka berkendara jarak jauh, anda pasti membutuhkan tips jitu agar perjalanan anda tetap aman dan nyaman.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas tetang ‘4 tips jitu berkendara jarak jauh agar tetap aman da nyaman’.

Maka dari itu anda sudah betul dalam membuka artikel, yang seperti anda cari. Silahkan baca ulasan di bawah ini sampai selesai.

 

Alasan orang Indonesia melakukan perjalanan jarak jauh

Di Indonesia pengguna jalan raya di berbagai kota, sekarang sudah sangat banyak sekali. Entah itu kendaraan roda dua, roda empat atau kendaraan yang lainnya.

Dengan tujuan mereka sendiri-sendiri, dari yang menempuh jarak pendek dan juga menempuh jarak jauh. Nah, bagi anda yang ingin berkendara jarak jauh saya akan memberikan tips untuk anda.

Apalagi ketika pada masa libur panjang atau libur keagamaan, di seluruh jalan raya dan di berbagai kota di Indonesia. Hampir semua jalan di padati dengan kendaraan berbagai jenis.

Mungkin anda juga pernah terlibat dalam kejadian tersebut.

Pulang kampung atau yang sering kita sebut dengan mudik. Itu menjadi kebiasaan orang Indonesia dan juga budaya yang hingga saat ini masih terus terjadi.

Itu biasa terjadi ketika libur keagamaan sudah datang seperti libur lebaran. Itu menjadi tradisi yang masih banyak di sukai orang Indonesia hinga saat ini.

 

4 Tips Berkendara Jarak Jauh Agar Tetap Aman Dan Nyaman

Tapi bukan itu saja alasan setiap orang untuk berkendara jarak jauh. Nah, dengan berbagai alasan anda berkendara jarak jauh, maka saya akan memberikan tips jitu untuk anda yang mungkin bisa anda terapkan ketika anda akan berkendara jauh, dengan motor maupun meggunakan mobil.

Nah, berikut ini beberapa tips jitu yang saya maksudkan:

 

  1. Memeriksa dan pemanasan kendaraan

Pemeriksaan kendaraan ini sangat penting dilakukan. Kalau anda memang dalam keadaan yang sibuk anda dapat membawaya ke bengkel jauh hari sebelumnya.

Selain itu anda dapat melakukan pemanasan mesin saat anda akan melakukan perjalanan sekitar 5-10 menit. Ini dilakukan karena agar mesin mobil anda tetap peforma ketika berkendara.

 

Selain itu oli di dalam mesin agar dapat naik dan bercampur dengan komponen mesin.

Cek juga ketinggian oli serta kekentalannya karena jika sudah sangat kental dan hitam, maka itu oli perlu di ganti agar tidak terjadi masalah di perjalanan anda.

 

  1. Perlengkapan kendaraan dan barang bawaan anda

Setelah anda melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan anda, sekarang yang dapat anda lakukan yaitu memeriksa perlengkapan kendaraan, seperti jika anda menggunakan mobil anda dapat membawa ban cadangan dan alat perlengkapan lainnya.

Bila anda mengunakan motor atau roda dua anda juga perlu membawa kunci perlengkapan motor yang sering di gunakan untuk perbaikan.

Oh ya ingat pesan saya, anda jangan terlalu menjagakan bengkel untuk perbaikan kendaraan anda.

 

Pastikan juga surat yang penting untuk di bawa selama perjalanan anda yaitu KTP, SIM dan STNK.

Surat tersebut merupakan surat yang harus ada bawa setiap anda menggunakan kendaraan atau melakukan perjalanan.

Periksa juga spion atau yang lainnya yang mungkin ketika ada oprasi kendaraan anda tidak di ribetkan oleh masalah tersebut.

Bawalah barang bawaan yang sekiranya perlu saja. Biasanya ketika kita melakukan perjalanan bawaan yang kita rencanakan itu banyak sekali, apalagi perjalanan anda menuju kampung anda dulu atau pulang kampung.

Pasti anda akan membawakan barang oleh-oleh untuk mereka yang ada di rumah.

Saran saya barang tersebut jangan teralu banyak karena dapat mengganggu kenyamanan anda ketika berkendara.

 

  1. Kondisi tubuh anda

Jangan biarkan ketika akan melakukan perjalanan jauh, kondisi tubuh anda dalam keadaan yang tidak fit.

Maka dari itu anda harus makan-makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang membuat diri anda mengantuk.

Dalam kondisi mengantuk itu sangat berbahaya sekali, apalagi anda sebagai pengemudi kendaraan.

 

Kalau anda dalm kondisi fresh dan berstamina, maka akan membuat konsentrasi berkendara anda menjadi meningat.

Oh ya jangan terlalu banyak anda mengonsumsi makanan karena itu dapat menyebabkan anda mengantuk.

Kesehatan tubuh merupakan yang terpenting untuk melakuka sebuah perjalanan.

 

  1. Istirahat ketika anda capek, serta melakukan pengecekan kendaraan

Ketika anda sudah merasa capek, maka anda harus melakukan istirahat untuk menghilangkan sedikit rasa lelah agar konsentrasi anda tetap terjaga.

Istirahat juga bisa anda atur sendiri untuk berapa km atau jam anda melakukan istirahat. Setelah anda berhenti, nikmatilah udara dan pemandangan sekitar agar rasa jenuh dan capek anda hilang. Saya sarankan untuk beristirahat di tempat yang teduh dan rindang.

 

Setelah istirahat selesai dan rasa capek berkurang, anda jangan dulu melanjutkan perjalanan. Lakukan pengecekan pada kendaraan motor anda, yang telah melakukan perjalanan beberapa km.

Melakukan istirahat tadi, bukan di peruntukkan untuk pengendaranya saja.

Kendaraan kita juga akan beristirahat karena telah melakukan perjalanan yang lumayan jauh. Pengecekan dapat anda lakukan pada seluruh bagian yang dapat anda jangkau saja.

Oh ya ini juga perlu anda ingat, yaitu jangan melakukan penelfonan atau menerima telfon. Karena itu dapat menggandakan konsentrasi anda jika anda sebagai pengemudi kendaraan.

Sekian beberapa informasi yang dapat saya berikan yang berkaitan tentang ‘4 tips berkendara jarak jauh agar tetap aman dan nyaman’.

Semoga informasi tadi dapat dijadikan referensi dan pertimbangan ketika anda akan melakukan perjalanan jarak jauh, dan juga mendapat keselamatan sampai tujuan.

Terima kasih.