4 Tips Aman Mengendarai Kendaraan Saat Musim Hujan Tiba

Dalam mengendarai kendaraan ketika musim hujan datang memang kita harus siap dalam kondisi kita dan kendaraan yang kita kendarai. Maka dari itu dalam pertemuan kita kali ini saya akan membahas beberapa ulasan tentang ‘4 tips aman mengendarai kendaraan saat musim hujan tiba’.

Anda dapat memperhatikan beberapa informasi yang mungkin anda perlukan ketika hujan akan datang.

Pada musim hujan sekarang memang tidak menentu dan sulit diprediksi atau diperkirakan saja. Kadang kalau siang hari matahari terlihat terang dan panas, lalu sore harinya hujan deras secara tiba-tiba.

Jadi anda harus mempersiapkan segala sesuatunya, ketika anda ingin keluar menggunakan kendaraan.

Cuaca yang tidak menentu dapat membuat para pengendara menjadi gelisah dan jadi tidak semangat kalau ingin pergi keluar rumah.

Kenapa saat hujan berkendara harus waspada

Karena ketika di tengah perjalanan hujan tiba dengan sangat deras dan pengendara tidak membawa jas hujan, maka penggendara akan basah kuyup atau menunggu di tempat yang teduh sampai hujan reda. Itulah yang tidak disukai kebanyakan pengendara motor.

Kalau pengendara mobil memang tidak ke hujanan dan tidak perlu berteduh, tapi bagi anda pengendara mobil harus memperhatikan keamanan pada mobil anda agar tidak menyusahkan anda ketika hujan tiba.

Dan jika anda bertempat tinggal di kota besar, anda harus lebih ekstra hati-hati. Selain hujan yang sulit diperkirakan, air yang cepat naik karena hujan deras adalah masalah yang berikutnya.

Itu paling sering terjadi pada ibu kota Jakarta khususnya. Jadi anda harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan ketika anda akan menghadapi musim hujan.

 

4 Tips Aman Mengendarai Kendaraan Saat Musim Hujan Tiba

Berikut tips aman berkendara saat musim penghujan, diantaranya :

  1. Kondisi kendaraan

Ketika kita akan berkendara bukan hanya kita akan serius pada pengemudi kendaraan, tapi juga kondisi kendaraan yang anda tumpangi harus sebagaimana mestinya atau masih normal.

Anda bisa melakukan beberapa pengecekan yang mungkin anda dapat jangkau saja, seperti ketinggian air aki, air radiator, dan juga kondisi serta ketinggian oli. Anda juga bisa mengecek kebocoran pada komponen apapun dan juga isi dari tangki bahan bakar kendaraan anda.

 

Sebelum melakukan perjalanan pengecekan memang sangat penting dilakukan agar tidak terjadi masalah di tengah perjalanan, apalagi ketika musim hujan. Ketika kendaraan dalam kondisi prima maka akan membuat kita menjadi nyaman mengemudikannya.

 

Oh ya jika anda mengunakan kendaraan mobil maka yang tidak boleh anda lupakan pengecekannya yaitu pengecekan wiper mobil anda. Pastikan wiper mobil masih bekerja dengan sempurna dan tidak ada kerusakan. Lakukanlah penggatian pada karet wiper jika sudah dalam keadaan rusak atau rapuh, Karena itu sudah tidak bekerja dengan baik.

 

  1. Persiapan perjalanan

Sebelum anda melakukan perjalanan maka hal penting yang harus anda lakukan yaitu panasilah dulu kendaraan anda agar mesin dalam kondisi prima dan tidak terjadi kerusakan dalam jangka panjang. Usahakan dan biasakan setiap kali ingin menggunakan kendaraan, lakukan pemanasan kendaraan selama 5-10 menit.

 

Ketika anda akan berkendara sudah dalam keadaan hujan, saya sarankan untuk menggunakan alas kaki yang tidak licin. Dan jika anda menggunakan kendaraan mobil maka usahakan alas kaki anda kering, agar nyaman ketika melakukan pengoprasian mobil dengan kaki.

 

Selain itu anda juga perlu mengecek pada bagian lampu kendaraan anda, karena ketika hujan dan kita masih melakukan perjalanan maka lampu adalah sebagai tanda kendaraan kita agar terlihat kendaraan lain. Lampu belakang, lampu tanda belok dan lampu yang lainnya juga perlu anda cek.

 

  1. Tekanan ban kendaraan

Nah pada tips yang berikut ini juga sangat penting dan perlu anda perhatikan, yaitu memeriksa tekanan angin di dalam ban. Usahakan tekanan yang cukup dan sesuai anjuran, jangan sampai kurang angin atau juga kelebihan tekanan angin di dalam ban.

 

Jangan biarkan pola atau alur ban kendaraan anda dalam keadaan aus atau mulai tidak terlihat pola dari ban tersebut. Karena jika pola ban kendaraan sudah dalam keadaan aus maka akan mudah tergelincir ketika perjalanan hujan. Dan jika tidak dapat mengontrol laju kendaraan anda yang tergelincir, maka itu dapat membahayakan seluruh penumpang kendaraan.

 

Anda juga bisa selalu membawa ban pengganti, agar ketika ada masalah pada ban anda maka anda sudah siap. Jangan lupa juga untuk membawa kunci untuk penggantian ban.

 

  1. Tips ketika perjalanan dalam keadaan hujan

Ketika melakukan perjalanan dalam keadaan hujan, maka ada perhatian yang khusus yang perlu anda perhatikan, seperti mengurangi kecepatan kendaraan anda agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan karena dalam keadaan hujan jarak pandang kita menjadi berkurang.

 

Lampu utama selalu dalam keadaan menyala, karena ketika hujan yang cukup lebat maka lampu tersebut dapat dijadikan tanda bagi pengendara lain agar tidak terjadi kecelakaan.

 

Jangan melakukan pengereman kendaraan secara mendadak karena itu dapat menyebabkan kendaraan anda menjadi tergelincir dan ketika sudah tergelincir dan anda tidak bisa mengendalikan kendaraan anda maka bisa terjadi kecelakaan yang menjadikan masalah bagi anda.

 

Jarak antara kendaraan yang lain juga harus anda tambah, karena untuk menghindari bertubrukan dengan kendaraan yang lain.

Hal ini disebabkan karena jarak pandang pengendara berkurang dan kondisi jalan yag lebih licin ketika hujan.

Demikian beberapa ulasan dan info yang dapat saya berikan, yang bertemakan tentang ‘4 tips aman dan nyaman mengendarai kendaraan saat musim hujan tiba’.

Semoga info di atas dapat dijadikan pertimbangan untuk anda ketika musim hujan tiba. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.