4 Cara Mudah Agar Tarikan gas sepeda motor anda makin enteng

Pemakaian sepeda motor di Indonesia sudah sangat banyak, hampir setiap rumah di seluruh Indonesia sudah mempunyai sepeda motor. Bahkan sekarang mobil juga sudah jadi incaran banyak orang yang ingin membelinya. Dengan berbagai macam faktor kemudahan, kepraktisan, dan juga factor lain yang memikat untuk menggunakannya. Tidak heran kalau penjualan sepeda motor di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan yang signifikan.

 

Tapi yang namanya mesin yang di buat oleh manusia, pasti lama kelamaan sesuai berjalannya waktu akan mengalami penurunan fungsi dan performa sepeda motor tersebut. Dari segi jenis kendaraan bermotor, dapat diketahui keawetan suatu kendaraan. Dan juga cara penggunaan, waktu yang di tempuh serta jarak tempuh kendaraan tersebut.

 

Mungkin anda menginginkan sepeda motor yang nyaman di kendarai dan sesuai dengan keinginan kita. Masalah yang akan kita bahas kali ini  adalah membuat tarikan sepeda motor kita menjadi lebih ringan.    Pasti kendala yang anda hadapi sekarang, motor anda kalau di gas terasa berat dan bila dijalankan motor terasa seperti loyo atau tidak kuat. Baiklah saya akan bahas itu semua.

 

Cara Agar Tarikan Gas Lebih Ringan

Kalau anda pergi ke teknisi motor dan anda mengeluhkan bahwa motor anda tarikannya terlalu berat. Pada kebanyakan teknisi akan mencari cara yang mudah yaitu dengan memotong pegas “per skep”.sebenarnya itu adalah cara yang kurang tepat, karena membuat berkurangnya kemampuan pegas yang akan membuat macet jarum skep, sehingga mesin akan terkunci pada rpm tinggi. Selain karena pemotongan pegas hal tersebut biasanya ada kotoran pada daerah dinding skep. Lalu di bawah ini caranya yang saya masudkan agar tarikan menjadi lebih ringan :

 

  1. Nah sekarang anda mulai dengan membongkar karburator, setelah itu anda bersihkan menggunakan bensin agar kotoran yang membandel dapat ikut hilang dan lakukan sampai bersih. Lalu anda semprot menggunakan kompresor untuk menghanyutkan kotoran serta bensin hasil pembersihan tadi. Lakukan sampai kering. Dilanjutkan dengan memberi cairan pada kabel gas menggunakan oli yang bersih saja sudah bisa. Lumasi semua sampai ke atas hendle grip gas kemudi agar dapat menghasilkan tarikan yang lancar dan ringan.
  2. Setelah melumasi kabel gas, lakukan pelumasan juga pada grip hendle, agar mendapat hasil maksimal gunakan pelumasnya yang agak cair dan tidak lengket. Hal tersebut penting dilakukan karena agar puntiran gas terasa sangat lancar dan tidak mudah ‘seret’ lagi.
  3. Siapkan tang yang lacip untuk merapatkan sesuai yang dihendaki antara ujung pegas skep atas dan ujung pegas skep bagia bawah, setelah anda melepas pegas skep pada karburator. Supaya kemampuan pegas stabil, lakukan maksimal 3 kali lilitan pegas atas dan juga 3 kali lilitan pada bagian bawah.
  4. Pasang kembali karburator dengan benar karena dalam memasang karburator harus pada tempat yang tepat dan penyetelan yang pas atau normal. Penyetelan karburator itu sangat berpengaruh sekali pada kenyamana dan kelajuan suatu kendaraan. Jadi pemasangan dan penyetelan harus di dampingi teknisi kalau itu sebagai pemula atau sekedar belajar. Setelah pemasangan selesai dengan baik, sekarang cobalah untuk memutar gas dan rasakan sensasi putarannya terasa enteng, nyaman dan responsif.

Ini juga anda harus baca karena ini berhubungan dengan pendukung tarikan motor yang lebih responsif. Perawatan secara berkala adalah salah satu hal penting yang anda harus lakukan karena itu juga salah satu pendukung agar tarikan terasa enteng dan responsif. Selain itu ini ada juga pendukung yang lain dan juga agar peforma motor anda terasa nyaman. Berikut ini adalah cara-caranya :

  1. Anda mempunyai kapur barus, anda pasti bertanya buat apa kapur barus untuk sebuah sistim kendaran. Campurkan kapur barus tersebut kedalam tengki bahan bakar dengan perbandingan campuran 1 gram kapur barus : 1 liter bahan bakar. Pada tahun 80 dan 90-an cara ini pernah dilakukan pada sebuah kendaraan karena pada tahun tersebut pernah di teliti di dalam kapur barus terdapat zat kimia yang bernama “Octane Booster”. Zat tersebut dapat menambah daya dan power suatu kendaraan setelah dilakukan pencampuran dengan bahan bakar. Tapi sekarang jarang sekali orang yang melakukan hal tersebut dan hal tersebut katanya dapat membuat karat pada bagian yang terlewati oleh campura kapur barus tersebut. Saran saya sebaiknya dipikir dahulu sebelum anda melakukannya.
  2. Cara kedua yang bisa anda lakukan dengan memasang 9 power pada bagian kabel busi atau kabel koil dengan arah yang tepat. Saat anda menggunakan alat sederhana ini yang bentuknya kecil dapat menambah akselerasi motor anda dan menghasilkan aliran listrik yang lancar sehingga menjadi pembakaran yang sempurna dan irit.
  3. Menggunakan part altermarket yang lebih berkelas juga bisa membuat motor anda menghasikan peforma yang sangat responsif. Seperti menggunakan gas spontan, busi iridium, filter recing, gear ratio yang lebih ringan dan juga yang lain-lain masih banyak lagi. Cara yang ketiga ini biasanya digunakan untuk ajang balap atau yang memerlukan kecepatan tinggi dan stabil.

 

Bagaimana apakah anda sudah siap untuk memulainya sendiri di rumah dengan beberapa tips yang saya berikan. Nah itu tadi cara agar tarikan sepeda motor anda makin enteng dan menurut pendapat kawan-kawan. Setelah mencoba sendiri lalu anda rasakan gimana perbedaannya. Demikianlah artikel yang saya buat dan jangan lupa berikan komentar. Terima kasih dan semoga anda bisa langsung memperaktekkannya.