3 Cara Tepat Merawat Motor Yamaha Rx-King Secara Benar

Yamaha Rx king? Siapa yang gak mengenal motor legendaris tersebut! Motor yang di keluarkan oleh Yamaha pada tahun sekitar 80-an, sekarang yang kita kenal dengan “raja jalanan” dan motor ini malah menjadi trend sekarang mengalahkan motor keluaran baru. Penggemar motor RX King saat ini semakin bertambah. Bahkan komunitas dan club pecinta RX King di hampir setiap kota ada. Tidak heran kalau harga motor tersebut masih tinggi. RX King itu memiliki akselerasi yang sangat cepat dan kecepatan atau berlarinya yang bisa di bilang sangat cepat. Desain motor ini sangat sederhana, jadi untuk mengubahnya sangat mudah dan hal ini yang biasanya dilakukan oleh komunitas dan anak muda. Sebenarnya perawatan motor ini sangat mudah karena komponennya yang sedikit. Motor tua yang komponennya lebih sedikit dari motor yang lainnya membuat penggunanya juga senang. Banyak orang yang menunggu untuk mendapat series terbaru dari motor RX King.

 

Motor RX King itu memiliki beberapa kelebihan seperti :

  • Blok mesin yang tangguh

Kelebihan yang paling di sukai para pecinta motor RX King yaitu blok mesin yang sangat tangguh dari pada motor yang lain. Karena material yang digunakan untuk pembuatannya jauh lebih kuat. Pada tahun pembuatannya tersebut, memang masalah efesiensi bahan komponen tim Yamaha belum memikirkannya. Blok silindir Yamaha RX King adalah yang paling banyak dicari, apalagi Yamaha RX King tahun 1994 yang terdapat kode Y4.

 

  • Suara yang khas

Nah, kelebihan selanjutnya adalah suaranya yang berbeda dari motor 2 tak yang lain. Anak muda sekarang memang yang disukai motor yang suaranya keras dan menggelegar. Oleh para pecinta motor ini suara knalpot menjadi lebih nyaring dan keras.

 

  • Tarikan yang ringan

Ya, anda benar, memang kebanyakan motor 2 tak itu tarikan yang ringan dan nyaman. Karena motor 2 tak menggunakan oli samping juga. Selain tarikan ringan, kalau anda menaiki sepeda motor ini pasti akan terasa nyaman dan percaya diri.

 

Karena motor ini umurnya yang sudah tua dan juga menurunnya peforma motor. Maka harus diperlukan peraatan yang secara ekstra. Saya akan memberikan 3 tips dan trik cara merawat motor Yamaha RX King yang mudah. Berikut ini ulasannya.

 

  1. Periksa mesin motor

Yamaha RX King oli yang digunakan ada 2 yaitu oli untuk pelumas mesin dan oli samping yang digunakan untuk percampuran bahan bakar dan udara di dalam karburator. Cek oli mesin dengan mencabut tangki platik pada lubang oli, apakah ketinggian oli berada di bawah atau di atas garis dan jika di bawah segera anda menambahkan oli yang sama atau sekalian anda ganti dengan yang baru. Pada umumnya karena ini motor Yamaha biasanya menggnakan oli yamalube dengan ukuran kekentalan SAE 20W – 40W.

 

Pada ketentuannya kapasitas oli yang dimasukkan sekitar 650 cc. Dan lakukan ganti oli lebih cepat akan lebih baik karena motor yang sudah berumur. Kalau anda tidak menggantinya akan membuat komponen mesin menjadi rusak. Kalau sudah rusak untuk mengganti membutuhkan biaya dan juga harga komponen mesin RX King yang bisa dibilang lumayan.

Jangan lupa selalu mengecek juga oli samping agar tidak kehabisan di perjalanan. Ingat bahwa motor 2 tak tidak bisa berjalan kalau oli sampingnya habis. Jadi, ingat jangan lupa untuk mengecek oli mesin maupun oli samping.

 

  1. Kebersihan jalur bahan bakar

Pasti anda menginginkan motor Yamaha RX King menjadi lebih bertenaga maksimal. Maka yang harus anda lakukan yaitu memastikan bahwa pada aliran bahan bakar lancar. Jalur oli samping juga harus lancar sampai temat percampuran. Percampuran dilakukan pada karburator lalu dihisap ke ruang bakar. Percampuran bahan bakar itu ada setelannya juga yaitu dengan memutar skrup ¼ sampai 1 ½ putaran ke kiri jika sebelumnya anda putar kekanan mentok.

 

Jangan lupa mengganti busi apabila sudah gosong dan rusak. Karena busi itu yang mengeluarkan bunga api untuk meledakan suatu pembakaran terjadi didalam ruang bakar. Kalau anda ganti Yamaha RX King itu menggunakan busi tipe ND 24. Bersihkan saja apabila keadaan busi masih terlihat dan bekerja bagus.

 

  1. Periksa saringan udara

Tips yang terakhir ini adalah pengecekan sarigan udara. Motor keluaran baru sekarang kebanyakan komonen saringan udara tidak lagi menggunakan kertas lagi, melainkan menggunakan bahan busa atau yang lainya. Biasanya kalau menggunakan busa itu lebih mudah pembersihannya dan tidak perlu diganti kalau belum rusak parah dan juga umurnya lebih lama. Jika motor yang menggunakan saringan kertas kalau ada kotoran langsung harus diganti. Biasanya saringan pada RX King berbentuk segitiga agak memanjang. Lakukan saja penggantian apabila saringan tersebut terdapat warna kekuningan atau hitam dan juga kotor, atau bisa saja anda bersihkan sendiri dengan menggunakan cairan pembersih.

 

Demikian ulasan tentang tips dan trik cara merawat motor Yamaha RX king dengan mudah. Cobalah anda lakukan sendiri di rumah dengan panduan di atas semoga motor anda lebih nyaman untuk di kendarai. Oh ya ada tips lagi agar motor anda semakin nyaman yaitu dengan selalu mengecek tekanan angina pada ban, karena tekanan angin sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara dan keawetan suatu ban. Ingat kenyamanan dan keamanan adalah yang terpenting. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.